Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Ekonomi (Fresh Graduate)

Lulusan ekonomi kerja apa? tenang jurusan ekonomi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan, sehingga kalian tidak perlu khawatir dengan prospek kerja untuk lulusan ini. Prospek pengembangan karir juga bagus dan kesempatan untuk mendapatkan gaji yang lumayan cukup besar bisa kalian dapatkan. Tentunya kalian tidak salah lagi dalam memilih jurusan ini karena prospek kerja, pengembangan karir dan gaji yang dapat menjanjikan kedepannya.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Ekonomi (Fresh Graduate)

Pada umumnya pekerjaan atau prospek kerja yang berkaitan dengan lulusan ekonomi antara lain Analis Riset Operasional, Akuntan, Pemeriksa Dan Pengumpul Pajak Dan Agen Revenue, market risk specialist, regulatory risk specialist, credit risk specialist, Pegawai Pajak/Pegawai Persiapan Pajak, Pemeriksa keuangan, Analis manajemen bisnis, Juru taksir, Auditor, Ekonomi, pengajar bisnis, auditor, pialang saham, karyawan asuransi, manajer bisnis,  ahli statistik dan beberapa pekerjaan atau profesi lainnya.

Bagi kalian yang masih fresh graduate atau yang baru menyelesaikan masa studinya dan ingin langsung melamar pekerjaan, disini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk lulusan ekonomi (fresh graduate) yang dapat kalian gunakan sebagai bahan referensi pada saat melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang pencari kerja (pelamar kerja) yang ditujukan kepada seseorang, perusahaan, lembaga atau instansi dengan tujuan mendapatkan sebuah pekerjaan atau jabatan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Ekonomi (Fresh Graduate)

Informasi lowongan pekerjaan disampaikan atau dibagikan kepada orang yang mencari pekerjaan melalui sumber atau media seperti media cetak, media sosial, melalui kegiatan job fair dan sumber atau media informasi lainnya. Informasi dari sumber/media ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan atau pembuatan surat lamaran kerja. Selain adanya informasi lowongan pekerjaan. Ada juga surat yang disusun atau dibuat berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Media Cetak

Berikut contoh surat lamaran kerja lulusan ekonomi (fresh graduate) profesi staff accounting yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui media cetak seperti koran, majalah, spanduk, baliho dan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Ekonomi (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak


Barito Utara, 12 Oktober 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
u.p. HRD PT Hero Properti Nusantara
Jl. Haragandang No. 80
Barito Utara


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Staff Accounting. Surat lamaran ini saya sampaikan berdasarkan informasi yang dimuat pada Koran Tribun edisi 11 Oktober 2021 terkait Penerimaan Karyawan Baru PT Hero Properti Nusantara.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas administratif sebagai berikut,
  1. Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir – 1 lembar
  4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisir – 1 lembar
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) – 1 lembar
  6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter – 1 lembar
  7. Pasfoto 4x6 – 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya agar dapat diikutsertakan dalam tahapan proses seleksi berikutnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)



Dari Seseorang

Berikut merupakan contoh surat lamaran pekerjaan untuk lulusan ekonomi profesi Tax Staff yang dasar penyusunannya didasarkan pada informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh dari seseorang seperti teman, relasi atau keluarga.


Medan, 15 April 2021
Kepada Yth. 
Manager HRD Agung Sedayu Group
Jl. Sei Rengas Permata No. 29
Medan


Dengan Hormat,
Sebagaimana informasi yang saya dapatkan tentang lowongan kerja yang saya dapat dari Ibu Suriati, salah satu karyawan Bapak/Ibu. Bahwa Agung Sedayu Group sedang membutuhkan Tax Staff, maka saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut. Berikut merupakan data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Status         : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. Handphone : .....

Dan untuk bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas berupa:
  1. Daftar riwayat hidup/Curriculum vitae
  2. Fotokopi ijazah S1
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi piagam dan sertifikat
  7. Pasfoto ukuran 4x6 terbaru

Demikianlah surat lamaran kerja yang telah saya buat dengan harapan bisa bekerja dan bergabung di Agung Sedayu Group. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Job Fair atau bursa kerja merupakan salah satu kegiatan yang berfungsi sebagai wadah bertemunya antara pihak pembuka lowongan pekerjaan dengan orang yang sedang mencari pekerjaan. Kegiatan job fair ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan.


Buru Selatan, 19 Mei 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
Personalia PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Jl. Waetawa No. 288
Buru Selatan


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang saya peroleh dari kegiatan Job Fair yang diadakan pada tanggal 17-19 Mei 2021 di Buru Convention Center, Saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk menempati bagian Teller.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Fotokopi ijazah S-1
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi kartu tanda penduduk
  5. Fotokopi kartu keluarga
  6. Fotokopi surat keterangan catatan kepolisian
  7. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
  8. Pasfoto terbaru

Saya memohon kepada Bapak/Ibu sekiranya berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan interview, sehingga saya bisa memberikan penjelasan dengan lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)



Media Sosial

Media sosial juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Berikut application letter untuk lulusan ekonomi (fresh graduate) yang dasar penyusunan suratnya berasal dari informasi loker dari media sosial seperti dari instagram, facebook, pinterest, dll.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Ekonomi (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial


Magelang, 22 Juni 2021
Kepada Yth.
Pimpinan 
Jl. Sumberrejo No. 49
Magelang


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui media sosial instagram akun Loker Magelang pada tanggal 21 Juni 2021, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat/tanggal lahir : .....
Jenis kelamin          : .....
Agama         : .....
Pendidikan terakhir    : .....
Alamat          : .....
No. HP          : .....
Email          : .....

dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin sebagai Admin Finance, Selanjutnya besar harapan saya agar permohonan ini bisa dikabulkan dan ditempatkan pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi dan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan beberapa dokumen antara lain sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Surat Keterangan Lulus
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi SKCK
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 2 Lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat, Atas perhatian dan waktu yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)



Website

Selain media sosial, website juga dapat dijadikan dasar dalam pembuatan surat lamaran kerja. Kalian dapat mengunjungi website resmi perusahaan atau instansi dan kalian juga dapat mengunjungi situs lowongan pekerjaan seperti glints, karir, jobstreet, urbanhire, dll.


Ende, 25 September 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT. Banban Indonesia Gemilang
Jl. Detusoko No. 44
Ende


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website pencari kerja karir.com tertanggal 24 September 2021 bahwa perusahaan PT. Banban Indonesia Gemilang saat ini membuka lowongan kerja untuk posisi sebagai Auditor Internal. Berdasarkan hal tersebut, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut biodata singkat saya:

Nama          : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan dan syarat kelengkapan administrasi saya juga melampirkan beberapa dokumen pendukung yaitu:
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP dan KK
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  6. Pasfoto 4x6 (2 Lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat diberikan kesempatan untuk ke tahapan selanjutnya dalam seleksi penerimaan karyawan di perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Ada juga surat lamaran kerja yang disusun berdasarkan inisiatif atau kemauan sendiri. Contoh surat ini hampir sama dengan contoh surat lamaran kerja yang disusun atau dibuat dengan tanpa mencantumkan sumber atau media dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan.


Boalemo, 27 Agustus 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 9 (sembilan) berkas

Kepada Yth.
Manager Personalia 
Jl. Ayuhulalo No. 520
Boalemo


Dengan hormat,
Bersama surat lamaran kerja ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk untuk posisi sebagai Credit Analyst.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan         : .....
Alamat         : .....
No. Telepon         : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir dilegalisir
  3. Fotokopi Nilai Nilai dilegalisir
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  8. Fotokopi Kartu Kuning
  9. Pasfoto 4×6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat diberikan kesempatan ke tahap selanjutnya, Atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Lulusan Ekonomi (fresh graduate) yang baik dan benar. Semoga dengan adanya contoh application letter untuk tamatan ekonomi ini dapat membantu kalian ketika apply pekerjaan. Pada saat melamar pekerjaan, perhatikan baik- baik kualifikasi, kriteria atau persyaratan yang tercantum dalam informasi lowongan pekerjaan tersebut. Misalnya batasan usia, jenis kelamin, lulusan dan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan karena adalah bagian dari tahap penyeleksian calon pelamar.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Ekonomi (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel