Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Teknik Informatika (Fresh Graduate)

Di Tengah perkembangan dunia teknologi dan informasi yang pesat, tentunya prospek kerja atau peluang kerja untuk lulusan teknik informatika sangat banyak. Skill dan kemampuan kalian akan sangat dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan, lembaga, instansi ataupun tempat lainnya. Selain karir dan pengembangan diri, prospek gaji juga untuk lulusan ini lumayan cukup menjanjikan sehingga kalian tak perlu khawatir untuk kedepannya.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Teknik Informatika (Fresh Graduate)

Pada umumnya pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang lulusan teknik informatika antara lain Software Engineer; SEO Specialist; Cyber Security Analyst; Cloud Architect; Konsultan IT; Back End Developer; Front End Developer; Full Stack Developer; Android Developer; Network Engineer; UX Researcher; Game Developer; Desainer Grafis; iOS Developer; Quality Assurance Analyst; Database Administrator; Software Tester; System Analyst; Computer Forensic Investigator; Web Desainer; Data Scientist; Dosen IT; Blogger; Youtuber; PNS; Pengusaha; dan beberapa pekerjaan lainnya. Tidak menutup kemungkinan pekerjaan lain dapat dilakukan oleh seorang tamatan teknik informatika.

Pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk lulusan teknik informatika bagi kalian yang masih fresh graduate atau yang baru menyelesaikan masa studinya dan ingin melamar pekerjaan atau yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan jenis surat permohonan yang isinya menyatakan hendak melamar pekerjaan atau memperoleh suatu jabatan tertentu. Surat itu digunakan pada saat kalian hendak melamar pekerjaan pada sebuah instansi, lembaga atau perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Teknik Informatika (Fresh Graduate)

Surat lamaran kerja biasanya ditulis berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang disampaikan atau dibagikan oleh sebuah perusahaan, instansi, lembaga, atau organisasi tertentu melalui pengumuman atau pemberitahuan baik di media visual maupun audio visual seperti media cetak, media sosial, televisi, website dan lainnya. Ada juga melalui kegiatan job fair dan informasi yang didapat dari seseorang. Selain itu ada juga surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan atas inisiatif sendiri atau kemauan sendiri.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Website

Berikut ini contoh surat lamaran kerja untuk lulusan teknik informatika (fresh graduate) profesi System Administrator yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari website misalnya website resmi perusahaan ataupun situs kumpulan lowongan pekerjaan seperti glints, jobstreet, urbanhire, karir, linkedin dan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Teknik Informatika (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Website

Lombok Timur, 27 Februari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD PT. Metrodata Electronics, Tbk
Jl. Lenek Daya No. 71
Lombok Timur


Dengan hormat,
Sehubungan dengan lowongan pekerjaan di PT. Metrodata Electronics, Tbk yang saya dapatkan melalui website https://www.karir.com pada tanggal 26 Februari 2021, Maka dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi bagian System Administrator.

Berikut ini adalah data diri saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan ini saya lampirkan beberapa dokumen antara lain sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Pasfoto Berwarna Ukuran 3x4 Terbaru

Demikian permohonan in dibuat, saya memiliki harapan besar untuk dapat diterima di PT. Metrodata Electronics, Tbk. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Berikut merupakan contoh surat lamaran pekerjaan untuk tamatan teknik informatika (fresh graduate) profesi IT Support yang suratnya disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui media sosial seperti facebook, instagram, pinterest dan lainnya.


Klaten, 25 Juni 2021
Kepada Yth.
Personalia Vajiro Mulia Gemilang
Jl. Kuncen No. 82
Klaten


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan pada media sosial facebook group Info Loker Klaten & Sekitarnya tertanggal 23 Juni 2021 tentang adanya lowongan kerja di Vajiro Mulia Gemilang untuk bagian IT Support, maka dengan ini saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
No. Telepon (HP)         : .....

Bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan ada posisi tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah S1 (legalisir)
  3. Fotokopi Transkrip Nilai (legalisir)
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Fotokopi Piagam dan Sertifikat
  8. Pasfoto Terbaru

Demikianlah surat lamaran ini, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di Vajiro Mulia Gemilang. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Cetak

Media Cetak seperti koran, baliho, selebaran, spanduk dan media cetak lainnya dapat dijadikan sebagai dasar dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Berikut contoh application letter lulusan teknik informatika (fresh graduate) profesi Design Grafis.


Seruyan, 22 Juli 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
c.q. Manager HRD PT. PMA Born Digital
Jl. Banua Usang No. 382
Seruyan


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar harian Tempo pada tanggal 21 Juli 2021 bahwa PT. PMA Born Digital sedang membuka lowongan pekerjaan. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Design Grafis.

Berikut ini adalah data singkat saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan dan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir yang Dilegalisir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai yang Dilegalisir
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Sertifikat
  8. Pasfoto Terbaru Berwarna Ukuran 4x6 Sebanyak 3 Lembar

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Job Fair atau Bursa Kerja adalah salah satu kegiatan yang biasanya diadakan baik pemerintah maupun swasta yang bertujuan sebagai wadah bertemunya antara pihak yang sedang membuka lowongan pekerjaan dengan pihak yang sedang mencari pekerjaan. Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk tamatan teknik informatika (fresh graduate) profesi Database Engineer yang surat lamaran kerjanya disusun berdasarkan informasi dari kegiatan job fair.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Teknik Informatika (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Job Fair

Maluku Barat Daya, 19 September 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT Bumi Amartha Teknologi Permata
Jl. Bebar Timur No. 80
Maluku Barat Daya


Dengan hormat,
Bersama dengan ini saya bermaksud mengajukan diri (melamar kerja) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk posisi Database Engineer. Saya mengetahui informasi mengenai lowongan kerja di PT Bumi Amartha Teknologi Permata saat menghadiri kegiatan Job Fair yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Maluku Barat Daya pada tanggal 17-19 September 2021 Di Maluku Barat Daya Convention Center.

Berikut ini data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Surat Keterangan Lulus
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  6. Fotokopi Piagam dan Sertifikat
  7. Pasfoto ukuran 3×4 (2 lembar)

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Informasi tentang adanya lowongan pekerjaan yang kalian peroleh dari seseorang seperti dari teman, relasi atau keluarga juga dapat kalian jadikan sebagai dasar dalam penulisan dan penyusunan surat lamaran kerja. Dibawah ini contoh application letter untuk tamatan teknik informatika (fresh graduate) profesi 


Binjai, 14 Oktober 2021
Kepada Yth. 
Manager Personalia PT. Swadharma Duta Data
Jl. Limau Mungkur No. 83
Binjai


Dengan hormat,
Sebagaimana informasi yang saya dapatkan  dari seorang teman saya yang bekerja di PT. Swadharma Duta Data yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Untuk itu, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bagian Programmer.

Selanjutnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri dengan data diri singkat berikut:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Telp                 : .....

Berikut ini juga saya lampirkan data sebagai bahan pertimbangan yang meliputi:
  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Fotokopi ijazah yang telah sudah legalisir
  3. Fotokopi transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  4. Fotokopi kartu tanda penduduk
  5. Fotokopi kartu keluarga
  6. Fotokopi surat keterangan berbadan sehat
  7. Fotokopi sertifikat
  8. Pasfoto terbaru dengan ukuran 4×6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Dan atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Programmer (Fresh Graduate)
Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Programmer Yang Sudah Berpengalaman

Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Kalian juga dapat membuat surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. Kalian membuat surat lamaran kerja tanpa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Untuk format contoh surat ini, formatnya hampir sama dengan contoh surat lamaran kerja yang disusun tanpa mencantumkan sumber atau media dalam surat lamaran kerja tersebut.


Gorontalo, 10 April 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
c.q. Kepala Personalia Olympic Furniture Group
Jl. Biyonga No. 170
Gorontalo


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Kebangsaan         : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....

Bersamaan dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan pada Olympic Furniture Group yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Web Developer.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup (1 Lembar)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir (1 Lembar)
  3. Fotokopi Transkrip Nilai (1 Lembar)
  4. Fotokopi KTP (1 Lembar)
  5. Fotokopi SKCK (1 Lembar)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat (1 Lembar)
  7. Pasfoto Ukuran 3x4 (2 Lembar)

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Lulusan Teknik Informatika (fresh graduate) yang baik dan benar. Menjadi seorang lulusan teknik informatika tentunya perlu skill dan kemampuan yang tinggi baik itu kemampuan berpikir logis, kemampuan problem solving, kemampuan berpikir sistematis, kemampuan melakukan analisis serta keterampilan atau kemampuan lainnya.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Teknik Informatika (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel