5 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan

Lowongan Pekerjaan memang sangat dibutuhkan oleh seorang pencari pekerjaan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Mereka melamar pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Tapi sebagian dari mereka tidak tahu dimana mau melamar pekerjaan, padahal banyak Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tetapi banyak yang tidak mengetahui lowongan pekerjaan tersebut terbuka. 


Hal ini diakibatkan karena kurangnya informasi yang diperoleh mengenai lowongan pekerjaan yang terbuka. Tak jarang mereka bingung dan stress dimana mau mencari lamaran pekerjaan. Nah, kali ini kami akan berbagai saran tentang beberapa cara mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Informasi lowongan pekerjaan ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan.

5 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan

1. Melalui Sosial Media Online


Di zaman sekarang dengan menggunakan HP Android, Anda dapat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di media sosial (medsos) seperti di Instagram, LinkedIn, Facebook, atau Twitter. Anda hanya perlu bergabung di halaman atau bergabung di group yang menyediakan info lowongan pekerjaan. di Halaman atau group tersebut akan berisi seputar lowongan pekerjaan baik itu lowongan pekerjaan yang berasal dari perusahaan, toko, pelayan cafe, pengasuh anak dan banyak juga yang mengajak berbisnis online. 

Biasanya untuk bergabung di sebuah group lowongan pekerjaan di facebook, Ada yang bisa otomatis langsung masuk dan ada yang meminta persetujuan dari admin group. Biasanya disisipkan juga pertanyaan yang diajukan oleh admin group.

Anda tinggal menjawabnya di kolom jawaban yang disediakan dan tunggu sampai diterima oleh admin menjadi anggota group. Selain itu, biasa di group ada aturan yang melarang untuk berjualan karena group tersebut fokus untuk informasi pekerjaan.

2. Melalui Media Cetak


Walaupun terbilang cara ini terbilang kuno, namun pencarian lamaran pekerjaan di  tetap menjadi salah satu cara untuk menemukan lowongan pekerjaan. Masih banyak perusahaan yang tetap memasang lowongan pekerjaan di media cetak seperti koran, selebaran, spanduk, baliho, pamflet dan media cetak lainnya.


Lowongan kerja di koran biasanya berada di iklan lowongan pekerjaan yang berisi informasi dan persyaratan lowongan pekerjaan. Jika tertarik dan mendapatkan lowongan kerja sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka silahkan mendaftar di email atau contact person penerima lamaran pekerjaan tersebut.

3. Melalui Kenalan, Teman atau Keluarga


Biasanya informasi lowongan pekerjaan itu kita dapat dari orang-orang terdekat baik dari kenalan, teman ataupun keluarga. Mereka memperoleh informasi lamaran pekerjaan karena biasanya mereka sudah bekerja di perusahaan tersebut atau mereka juga mendapat info dari orang lain. Sekedar saran, Anda lebih aktif dalam memperluas jaringan pertemanan agar lebih banyak lagi info yang didapatkan.

4. Mengikuti Job Fair (bursa Kerja)


Job fair (Bursa Kerja) biasanya diadakan oleh pemerintah atau kampus dalam membuka lamaran pekerjaan dimana dalam job fair tersebut terdapat beberapa perusahaan yang membuka stand untuk lamaran pekerjaan. Silahkan memilih lowongan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan salah satu karyawan yang berada di stand yang Anda tempati mendaftar.


Jika tertarik maka biasanya Anda akan diminta menyimpan CV dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Jadi, sebelum pergi ke jobfair terlebih dahulu siapkan semua dokumen yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan.

5. Website atau Situs

Kalian juga dapat mengunjungi halaman/website/situs resmi sebuah perusahaan atau tempat kerja. Disana biasanya ada bagian untuk lowongan pekerjaan. Kalian juga dapat mengunjungi situs kumpulan informasi lowongan pekerjaan yang terpercaya seperti Glints, Karir, LinkedIn, dll.

Akhir Kata

Demikianlah 5 cara mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Anda dapat memperoleh informasi lowongan atau lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau informasi lainnya. Ada banyak lowongan pekerjaan online dan lowongan pekerjaan terbaru yang ada di internet baik itu lowongan pekerjaan menggunakan bahasa Inggris, Indonesia dan bahasa lainnya.

0 Response to "5 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel