Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Accounting (Fresh Graduate)

Bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan untuk posisi Staff Accounting dan baru pertama kali melamar pekerjaan (fresh graduate). Kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk Staff Accounting (fresh graduate) yang dapat kamu gunakan pada saat melamar pekerjaan pada bagian tersebut di perusahaan atau tempat usaha lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Staff Accounting (Fresh Graduate)

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan kemudian dikirimkan kepada orang yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Dengan kata lain surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh pencari kerja  yang berisi permohonan untuk melamar pekerjaan disebuah perusahaan atau lembaga. Surat lamaran pekerjaan untuk staff accounting termasuk surat lamaran kerja untuk Akuntansi & Keuangan. Adapun unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan antara lain sebagai berikut:

  1. Tempat dan Tanggal Surat
  2. Hal atau Perihal
  3. Lampiran
  4. Alamat Surat
  5. Salam Pembuka
  6. Isi Surat
  7. Salam Penutup

Staff Accounting adalah staf yang bertanggung jawab dalam hal melakukan perhitungan, pencatatan dan pendokumentasian dalam bentuk laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan seperti laporan arus kas, laporan neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk posisi ini seperti memproses dan mengelola laporan keuangan dan mencatat transaksi perusahaan; membuat laporan keuangan; melakukan pencatatan transaksi keuangan dalam buku besar; membuat perencanaan keuangan, mulai dari perencanaan peminjaman, penerimaan, pengeluaran, dan pembayaran; Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan; Bekerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang terkait sesuai dengan visi dan misi perusahaan; dan berapa tugas dan tanggung jawab lainnya.

Beberapa kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang staff accounting seperti memiliki teamwork yang baik; mampu bekerja dengan komputer (MS Office & Internet); Cekatan dan mampu bekerja dalam team / individu; Detail, teliti, memiliki analisis yang baik, inisiatif yang tinggi; mampu bekerja dibawah tekanan dan terbiasa bekerja dengan target waktu. Nantinya pada saat melamar pekerjaan kalian akan bersaing dengan sesama fresh graduate dan pelamar yang sudah punya pengalaman kerja.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut contoh surat lamaran kerja atau application letter untuk staff accounting (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari media cetak, media sosial, website dan berbagi sumber/informasi lainnya. Ada juga surat lamaran pekerjaan yang dibuat berdasarkan kemauan atau inisiatif sendiri.

Website

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk staff accounting (fresh graduate) berdasarkan informasi yang didapatkan melalui website seperti website resmi perusahaan atau website kumpulan lowongan pekerjaan misalnya karir.com, jobs.id, jobstreet.co.id, dll.

Contoh Application Letter Untuk Staff Accounting (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Website


Depok, 28 Januari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT Bangun Indopralon
Jl. Cipayung No. 67
Depok


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan yang saya dapatkan dari website https://www.karir.com pada tanggal 27 Januari 2021, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk bergabung di PT Bangun Indopralon dan dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai Staff Accounting di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut ini data singkat diri saya :

Nama             : .....
Tempat & Tanggal Lahir     : .....
Pendidikan terakhir             : .....
Alamat             : .....
HP                     : .....
Email             : .....

Saya seorang fresh graduate dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan. Saya dapat bekerja menggunakan komputer dan siap bekerja baik secara tim maupun individu.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang dapat Bapak/Ibu jadikan sebagai bahan pertimbangan, diantaranya :
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Pasfoto terbaru ukuran 3×4

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap dapat diberi kesempatan untuk ke tahap berikutnya agar Bapak/Ibu dapat menggali potensi dan kemampuan yang saya miliki. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Dibawah ini contoh surat lamaran pekerjaan untuk staff accounting (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi yang didapatkan dari seseorang seperti kenalan, teman, keluarga, dll.

Pakpak Barat, 16 Juni 2021
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
HRD PT Hokinda Citralestari
Jl. Penanggalan Binanga Boang No. 85
Pakpak Barat


Dengan hormat,
Sebagaimana informasi lowongan pekerjaan yang saya dapat dari Bapak Mukidi, karyawan Bapak/Ibu, bahwa PT Hokinda Citralestari sedang membutuhkan Staff Accounting, maka saya:

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Alamat         : .....
Pekerjaan         : .....
Status         : .....
No. Hp         : .....

Bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut. Saya adalah pribadi yang tanggap menerima hal baru dan bisa bekerja sama secara tim maupun perorangan. 

Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan kelengkapan data-data diri saya bersama surat ini seperti:
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi Ijazah terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Sertifikat.
  7. Pas Foto ukuran 4 x 6 (2 lembar)

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar permohonan kerja ini dapat diterima dan saya juga siap apabila ada panggilan untuk wawancara. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Accounting Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Job Fair

Berikut contoh application letter untuk staff accounting (fresh graduate) berdasarkan informasi dari job fair yang biasanya diselenggarakan baik dari pihak pemerintah maupun pihak swasta.

Mukomuko, 12 April 2021
Kepada Yth.
Manajer HRD Sinar Baja Electric
Jl. Pondok Panjang No. 48
Mukomuko


Dengan hormat,
Sehubungan dengan info lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari kegiatan Job Fair yang diadakan pada tanggal 12 April 2021 di Aula Mukomuko dalam rangkaian Career Job Festival, bahwa Honda Dealer sedang membutuhkan karyawan untuk posisi Staff Accounting di perusahaan Bapak/Ibu. Untuk itu saya tertarik dengan lowongan tersebut dan hendak mengajukan diri untuk melamar di Sinar Baja Electric.

Berikut data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Status         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Agama         : .....
Alamat         : .....
No. Telepon         : .....

Dengan berbekal latar belakang pendidikan dan beberapa pelatihan yang saya ikuti, saya yakin akan memberikan dampak positif untuk kemajuan perusahaan ini.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan berkas-berkas yang mendukung kualifikasi saya, diantaranya:
  1. Daftar riwayat hidup / Curriculum Vitae
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Pas foto 3×4 berwarna

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya untuk diterima dan diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari Sinar Baja Electric. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Accounting Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Media Sosial

Untuk informasi lowongan pekerjaan yang didapatkan melalui media sosial (facebook, instagram, twitter, dll.) berikut contoh suratnya.

Contoh Application Letter Untuk Staff Accounting (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Website


Pidie Jaya, 19 Maret 2021
Perihal      : Lamaran pekerjaan
Lampiran  : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
HRD PT Iconic Talent Indonesia
Jl. Peulakan Tambo No. 93
Pidie Jaya


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan Pekerjaan di PT Iconic Talent Indonesia yang saya dapatkan melalui media sosial instagram (@lokerpidiejaya) pada tanggal 18 Maret 2021, maka bersamaan dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai Staff Accounting di PT Iconic Talent Indonesia. Berikut ini saya tuliskan informasi tentang biodata saya:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal lahir : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Nomor HP         : .....

Saya termasuk orang yang teliti dan mendetail ketika melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Saya dapat menggunakan komputer dengan baik dan saya siap bekerja sebagai tim maupun individu.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
  1. Pasfoto ukuran 3x4 (2 lembar)
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  6. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  8. Fotokopi Sertifikat

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Semoga saya dapat mengembangkan minat, bakat dan kompetensi diri saya di bidang Keuangan serta dapat memberikan kontribusi di PT Iconic Talent Indonesia. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)



Media Cetak

Informasi lowongan kerja yang diperoleh dari media cetak seperti surat kabar, majalah, brosur, dll. dapat juga dijadikan sebagai dasar informasi dalam pembuatan surat. Berikut contoh suratnya.

Palembang, 25 Februari 2021
Perihal      : Lamaran pekerjaan
Lampiran  : 5 (lima) berkas

Kepada Yth.
Direktur PT Karya Sejati Indonesia
Jl. Karang Jaya No. 89
Palembang


Dengan hormat,
Menindaklanjuti informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari media cetak Harian Kompas pada tanggal 24 Februari 2021. Maka saya yang bertanda tangan dengan keterangan sebagai berikut:
 
Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
No. HP                     : .....

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada PT Karya Sejati Indonesia sebagai Staff Accounting yang Bapak/ Ibu Pimpin. Walaupun saya seorang fresh graduate namun saya mempunyai motivasi kerja yang besar untuk dapat memajukan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen penting :
  1. Pasfoto 4 x 6 : dua lembar
  2. Daftar Riwayat Hidup : satu lembar
  3. Fotokopi Ijazah : satu lembar
  4. Fotokopi KTP : satu lembar
  5. Fotokopi Kartu Keluarga : satu lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saga saat ini. Besar harapan saya untuk kemudian diterima di perusahaan Bapak/Ibu.
Atas perhatiannya, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)

Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Staff Accounting Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Inisiatif Sendiri

Selain surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan informasi yang didapat, ada juga surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. contohnya dibawah ini.

Tebing Tinggi, 15 Mei 2021
Kepada Yth.
Kepala Personalia Asian Bearindo Group
Jl. Tambangan Hulu No.812
Tebing Tinggi


Dengan hormat,
Bersama dengan ini saya mengajukan melamar pekerjaan pada posisi Staff Accounting di Asian Bearindo Group yang bapak/ibu pimpin.

Berikut data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat / tanggal lahir : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Alamat         : .....
Telepon (HP)         : .....
Status         : .....

Saat ini saya dalam keadaan jasmani dan rohani yang baik. Meskipun saya belum mempunyai pengalaman kerja namun saya siap untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan yang baru serta siap belajar hal-hal baru.

Bersama ini saya lampirkan beberapa dokumen antara lain sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi ijazah
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Pasfoto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya untuk mendapatkan undangan wawancara supaya bapak/ibu mengetahui potensi yang saya miliki.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian bapak .

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk staff accounting (fresh graduate) yang baik dan benar. Staff Accounting mempunyai peran penting dalam sebuah perusahaan. Nah bagi fresh graduate untuk menambah wawasan dan pengetahuan kalian untuk bagian accounting, ada baiknya kalian mengikuti pelatihan atau seminar yang berhubungan dengan accounting. Selain itu Anda juga dapat belajar secara otodidak melalui internet.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Accounting (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel