Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Akuntansi (Fresh Graduate)

 Ada banyak orang yang memilih jurusan akuntansi untuk program studinya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab jurusan ini dianggap mempunyai prospek masa depan yang cukup cerah pada saat lulus nantinya dan terjun ke dunia kerja. Bekerja dibagian ini menjadi impian banyak orang karena selain prospeknya, terdapat peningkatan karir dan tentunya gaji yang cukup lumayan. Untuk gaji pekerjaan akuntansi ada banyak tempat kerja yang memberikan gaji untuk pekerjaan akuntansi dengan gaji tinggi karena bagian ini merupakan salah satu bagi yang mempunyai peran yang vital dan penting terhadap perkembangan dan kemajuan suatu tempat kerja.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Akuntansi (Fresh Graduate)

Lulusan akuntansi bisa kerja apa? nah untuk jurusan akuntansi ini ada banyak kesempatan bekerja atau berkarir yang lumayan cukup banyak khususnya pekerjaan akuntansi di Perusahaan yang membutuhkan lulusan Akuntansi. Beberapa lowongan   kerja akuntansi seperti Akuntan publik; Internal auditor; Financial Analyst; Assistant Controller; Accounting Software Developer; Cost Accountant; Credit Analysis; Budget Analyst; Forensic Accountant; Tax Accountant/Tax Consultant; Treasury Analyst; Content Writer; Youtuber; BUMN; Pemerintahan/Lembaga/Instansi; POLRI/TNI/PNS; Dosen dan Wirausaha.

Dari Wikipedia secara umum pengertian akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Bidang ilmu akuntansi meliputi Akuntansi Keuangan (Financial Accounting); Akuntansi Pemeriksaan (Auditing); Akuntansi Biaya (Cost Accounting); Akuntansi Manajemen (Management Accounting); Akuntansi Perpajakan; Budgeting; Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting); Sistem Akuntansi (Accounting System); Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting); dan Akuntansi Perbankan.

Pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk lulusan akuntansi bagi yang baru menyelesaikan masa studinya dan baru pertama kali melamar kerja atau yang biasa disebut fresh graduate yang dapat kalian gunakan sebagai salah satu bahan referensi pada saat melamar pekerjaan. Kalian tinggal memasukkan dan mengedit dengan data dan informasinya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Akuntansi (Fresh Graduate)

Berikut contoh surat lamaran kerja yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan melalui iklan, pemberitahuan atau pengumuman yang disebarkan atau dibagikan melalui berbagai sumber atau media seperti media cetak, website, job fair dan lainnya. Ada juga surat lamaran kerja yang disusun atau dibuat berdasarkan inisiatif sendiri.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Media Cetak

Surat lamaran kerja dapat ditulis berdasarkan sumber informasi di media massa, media cetak, informasi dari seseorang, ataupun inisiatif sendiri. Untuk media cetak sumber informasinya didapatkan dari brosur, pamflet, baliho, surat kabar, billboard dan lainnya. Berikut contoh surat lamaran kerja lulusan akuntansi untuk staff accounting (fresh graduate).

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Akuntansi (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak


Katingan, 28 April 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
HRD PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
Jl. Tewang Kadamba No. 52
Katingan


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi tentang lowongan kerja di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang saya baca melalui surat kabar harian Tempo pada tanggal 27 April 2021, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan posisi sebagai Staff Accounting. Saya seorang fresh graduate lulusan ...... Latar belakang pendidikan yang saya miliki sesuai dengan kualifikasi yang dipersyaratkan. Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, saya dapat mengoperasikan komputer, Ms Office termasuk Ms Word & Ms Excel.

Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD bersama surat ini saya turut melampirkan:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Sertifikat Akreditasi
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Pasfoto Terbaru Ukuran 4x6 (2 lembar)

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan tes dan wawancara, sehingga Bapak/Ibu dapat mengetahui lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat permohonan kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:


Media Sosial

Surat lamaran pekerjaan biasanya ditulis berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang disampaikan oleh sebuah instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi tertentu melalui pengumuman, selebaran, atau pemberitahuan. Pengumuman atau pemberitahuan lowongan pekerjaan biasanya didapatkan salah satunya melalui media audio visual (media sosial) misalnya facebook, instagram dan lainnya. Dibawah ini contoh surat lamaran pekerjaan untuk lulusan akuntansi bagian admin finance (fresh graduate).


Semarang, 25 Juli 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager Personalia PT Benteng Multi Indotama
Jl. Harjosari No. 82
Semarang


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT Benteng Multi Indotama yang saya dapatkan dari instagram akun @lokersemarang pada tanggal 24 Juli 2021. Melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Admin Finance dengan kode (AF).

Berikut biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
No. Telepon (HP)         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga lampirkan:
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah S1
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Fotokopi Sertifikat
  7. Pasfoto terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Manager Personalia sangat saya tunggu agar saya dapat menjelaskan lebih detail tentang kemampuan dan potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian dan waktu yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:


Website

Berikut contoh application letter untuk yang disusun atau dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh melalui sebuah website atau situs resmi perusahaan, lembaga atau instansi. Kalian juga dapat mengunjungi situs lowongan kerja seperti glints, kalibrr, linkedin, urbanhire, dan lainnya. Berikut contoh application letter lulusan akuntansi untuk profesi staff auditor (fresh graduate). 


Manggarai Barat, 22 Januari 2021
Kepada Yth.
Manager HRD PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD)
Jl. Tangge No. 72
Manggarai Barat


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Berdasarkan informasi yang saya dapat di situs https://www.jobstreet.co.id pada tanggal 21 Januari 2021, PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) sedang membutuhkan Staff Auditor. Saya bermaksud melamar pekerjaan pada bagian tersebut. Saya Lulusan Universitas .... Jurusan ..... tahun .....

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan berkas-berkas pendukung:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Kartu Identitas (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Fotokopi Sertifikat
  8. Pasfoto ukuran 4×6

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya bisa mengikuti tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:


Job Fair

Application letter dapat dibuat setelah calon pelamar mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan di perusahaan, lembaga atau instansi salah satunya melalui kegiatan job fair atau bursa kerja yang biasanya diselenggarakan baik oleh pemerintah ataupun swasta. Contoh surat lamaran kerja lulusan akuntansi bagian staff pajak (fresh graduate).

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Akuntansi (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Job Fair


Maluku Barat Daya, 20 Mei 2021
Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT Petra Sejahtera Abadi
Jl. Pupliora No. 123
Maluku Barat Daya


Dengan hormat,
Sesuai dengan lowongan kerja yang saya terima melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan Disnaker Maluku Barat Daya di Maluku Convention Center pada tanggal 18-20 Mei 2021. Saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan dan bergabung di PT Petra Sejahtera Abadi sebagai Staff Pajak. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Untuk melengkapi persyaratan administrasi dan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Sehat
  8. Fotokopi Sertifikat
  9. Pasfoto 4×6

Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia memberi saya kesempatan melanjutkan ke tahap selanjutnya, agar saya bisa menjelaskan tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja saya buat dengan sebenarnya, Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Apabila informasi lowongan pekerjaan yang kalian peroleh berasal dari seseorang misalnya dari teman, keluarga atau kenalan, maka kalian dapat memasukkannya dalam kedalam surat lamaran pekerjaan sebagai dasar dalam penyusunan surat lamaran pekerjaan yang kalian buat. Dibawah ini contoh surat application letter lulusan akuntansi posisi Credit Analyst (fresh graduate)


Dharmasraya, 15 Agustus 2021
Kepada Yth.
Personalia PT BFI Finance Indonesia Tbk
Jl. Sungai Limau No. 63
Dharmasraya


Dengan hormat,
Bapak Amirullah salah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola, memberikan informasi kepada saya mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan guna menempati posisi Credit Analyst. Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut.

Adapun untuk data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama         : .....
Tempat Tanggal Lahir : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan         : .....
Alamat         : .....
No. Telp                 : .....
Email         : .....

Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan. Adapun untuk data penunjang sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa berkas berikut ini:
  1. Daftar riwayat hidup/Curriculum vitae
  2. Fotokopi ijazah
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Pasfoto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di PT BFI Finance Indonesia Tbk. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Apabila kalian sulit mencari informasi lowongan kerja, kalian dapat membuat surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. Contoh surat ini hampir sama dengan format contoh surat lamaran kerja dengan tidak mencantumkan sumber informasi lowongan pekerjaan. Contoh surat lamaran kerja lulusan akuntansi mendaftar CPNS. Surat ini dibuat tanpa mencantumkan sumber/media informasi lowongan pekerjaan.


Buol, 12 Februari 2021

Yth. Menteri Pendidikan, Kebudayaan,
Riset,dan Teknologi
di
Jakarta


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                         : .....
Tempat/Tanggal Lahir                 : .....
Jenis Kelamin                 : .....
Pendidikan                         : .....
Kebutuhan Dilamar
Jalur                         : .....
Jabatan                                 : .....
Rencana Penempatan dan Kode Kebutuhan : .....
Alamat Domisili                         : .....

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021.

Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:
  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada
  2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  3. Surat pernyataan;
  4. KTP elektronik (e-KTP) asli;
  5. Pasfoto berlatar belakang merah;
  6. Ijazah asli;
  7. Transkrip/daftar nilai asli.

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,         

ditandatangani        

(Nama Lengkap)      


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk lulusan akuntansi (fresh graduate) yang baik dan benar. Untuk menjadi seorang akuntansi skill dalam hal kemampuan berhitung, kemampuan pada analisis data, kemampuan logika, kemampuan berpikir sistematis, fokus dan konsentrasi tinggi, perhatian pada detail dan teliti, komunikasi, ilmu komputer, pemahaman bisnis dan sikap jujur dan keterbukaan.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Akuntansi (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel