Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Counter (Fresh Graduate)

Sales counter adalah suatu pekerjaan yang mempunyai tugas dalam menawarkan, menjual atau mempromosikan berbagai macam produk yang di konter atau tokonya. Hal ini sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti counter hp, counter laptop, toko makanan dan counter atau toko lainnya. Mereka perlu memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon konsumen agar konsumen tersebut tertarik untuk membeli produk yang ada di counternya.

Contoh Application Letter Untuk Sales Counter (Fresh Graduate)

Pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk sales counter bagi orang yang pertama kali melamar pekerjaan atau orang yang baru menyelesaikan masa studinya baik itu dibangku perkuliahan maupun dibangku sekolah dan langsung melamar pekerjaan atau yang biasa disebut dengan fresh graduate. Contoh surat ini termasuk dalam contoh surat untuk pekerjaan penjualan dan retail.

Untuk menjadi seorang sales counter beberapa kualifikasi umum yang biasanya dipersyaratkan seperti untuk jenis kelamin bisa pria atau wanita; usia minimal 17 tahun dan maksimal biasanya 35 tahun; biasanya menerima fresh graduate dan yang berpengalaman; pendidikan minimal biasanya lulusan SMA atau sederajat; status biasanya menerima baik yang menikah maupun yang sudah menikah.

Beberapa kualifikasi umum lainnya seperti dapat berkomunikasi dengan baik; berpenampilan rapi dan menarik; sehat jasmani, rohani dan tidak buta warna; energik, responsif, semangat dan memiliki daya juang dalam melakukan kegiatan penjualan; memiliki integritas dan kejujuran yang tinggi; dapat bekerjasama dan berinteraksi dengan team dalam lingkungan kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Counter (Fresh Graduate)

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui berbagai sumber atau media seperti dari media sosial, website, job fair dan lainnya. Info loker ini kemudian dimasukkan dalam surat lamaran kerja. Namun ada juga yang tidak memasukkan sumber/media dalam penulisan suratnya. Contoh surat lamaran yang tidak mencantumkan sumber/media informasinya hampir sama dengan contoh surat lamaran kerja yang dibuat atas inisiatif atau kemauan sendiri.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Media Cetak

Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis berdasarkan sumber informasi di media massa, informasi dari seseorang, pengumuman, permintaan suatu instansi, atau inisiatif sendiri. Untuk sumber informasi dari media cetak seperti dari brosur, selebaran, kertas di papan pengumuman, surat kabar dan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Sales Counter (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak

Kotawaringin Barat, 11 Agustus 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
HRD PT. Wiratama Multi Prima
Jl. Riam Durian No. 172
Kotawaringin Barat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di PT. Wiratama Multi Prima yang saya dapatkan melalui surat kabar harian Kompas pada tanggal 10 Agustus 2021, Maka dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk posisi Sales Counter.

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  6. Fotokopi Sertifikat
  7. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di PT. Wiratama Multi Prima. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Sumber informasi lowongan kerja yang kalian dapat dari seseorang misalnya dari sahabat, kenalan atau keluarga dapat kalian gunakan pada pembuatan surat lamaran kerja. Berikut contoh suratnya.


Agam, 14 Mei 2021
Kepada Yth. 
Personalia PT. Mega Citra Elektrindo
Jl. Guguak Tabek Sarojo No. 44
Agam


Dengan Hormat,
Sebagaimana informasi lowongan pekerjaan dari Bapak Ramli salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu, bahwa PT. Mega Citra Elektrindo membutuhkan tenaga kerja. Sehubungan dengan hal itu, maka saya tertarik untuk melamar pekerjaan untuk posisi Sales Counter.

Berikut merupakan data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. Hp         : .....

Dan berikut ini juga saya lampirkan beberapa berkas pelengkap untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan:
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah terakhir sebanyak 1 lembar
  3. Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  4. Fotokopi kartu keluarga sebanyak 1 lembar
  5. Fotokopi SKCK sebanyak 1 lembar
  6. Fotokopi surat keterangan sehat sebanyak 1 lembar
  7. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya mempunyai motivasi yang sangat besar supaya bisa diterima di PT. Mega Citra Elektrindo. Besar harapan saya untuk menjadi bagian didalamnya. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Application letter merupakan surat permohonan untuk memperoleh suatu pekerjaan atau jabatan yang dibuat berdasarkan adanya informasi lowongan pekerjaan salah satunya melalui kegiatan job fair atau bursa kerja. Berikut contoh application letter untuk  berdasarkan informasi yang didapatkan dari kegiatan job fair atau bursa kerja.


Tual, 17 Juli 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager HRD PT Prospect Motor
Jl. Ketsoblak No. 634
Tual


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dalam acara Job Fair di Tual Convention Hall pada tanggal 15-17 Juli 2021, PT Prospect Motor menerima lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya memiliki maksud supaya bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan saya maksud adalah bagian Sales Counter di PT Prospect Motor.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Sebagai pelengkap beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu di masa yang akan datang, saya juga lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut.
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  3. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  4. Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir
  6. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat permohonan untuk memperoleh suatu pekerjaan atau jabatan yang dibuat berdasarkan pengumuman, iklan, bahkan sampai inisiatif sendiri. Iklan atau pengumuman lowongan kerja dapat diperoleh salah satunya melalui media audio visual (dalam hal ini media sosial) seperti pinterest, twitter, facebook, instagram dan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Sales Counter (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Sosial

Rembang, 20 Februari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan CV. Angkasa Mandiri Trading
Jl. Sidowayah No. 60
Rembang


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang telah saya dapatkan di media sosial facebook group Info Lowongan Kerja Rembang pada tanggal 19 Februari 2021, tertera bahwa CV. Angkasa Mandiri Trading sedang membutuhkan karyawan di posisi Sales Counter. Untuk itu, saya mengajukan diri mengisi posisi tersebut dan dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya mempunyai kriteria dan kualifikasi yang sesuai dengan apa yang dicari dalam iklan tersebut.

Berikut mengenai data singkat saya,

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
No. Telepon (HP)         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan berkas yang mendukung kualifikasi saya:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi SKHUN
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi KK
  6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  7. Fotokopi Sertifikat
  8. Pasfoto 4x6 berwarna 3 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan ini. besar harapan saya untuk dapat diterima dan bergabung di CV. Angkasa Mandiri Trading. Atas perhatian Bapak/ibu, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Application letter merupakan sebuah surat permohonan untuk memperoleh suatu pekerjaan atau jabatan yang dibuat berdasarkan iklan, pengumuman atau inisiatif sendiri dan salah satu sumber media yang digunakan untuk membagikan info lowongan pekerjaan yaitu melalui situs atau website seperti situs resmi sebuah perusahaan atau badan usaha. Selain itu ada juga website lowongan pekerjaan seperti urbanhire, jobstreet, karir, kalibrr, linkedin dan lainnya.


Manggarai Timur, 24 Juni 2021
Kepada Yth.
Manager Personalia Pitstop Computer
Jl. Lenang No. 82
Manggarai Timur


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan di situs karir.com tertanggal 23 Juni 2021 mengenai lowongan pekerjaan di Pitstop Computer. Melalui surat lamaran kerja ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja pada posisi sebagai Sales Counter.


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah S1
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  6. Fotokopi Sertifikat
  7. Pasfoto 4x6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Apabila kalian sulit mencari informasi lowongan pekerjaan, kalian dapat membuat surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. Contoh surat ini hampir sama dengan format contoh surat tanpa mencantumkan sumber informasi lowongan pekerjaan.


Banggai Kepulauan,  Januari 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 6 (enam) berkas

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Harris Mobil Premium
Jl. Batangono No. 40
Banggai Kepulauan


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat dan tanggal lahir : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Alamat         : .....
No Telp         : .....

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Sales Counter di PT Harris Mobil Premium. Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Saya termasuk orang yang dapat berkomunikasi dan berinterakasi dengan baik serta mudah beradaptasi dengan lingkungan dan hal yang baru. Saya siap bekerja secara team maupun individu.

Sebagai materi pertimbangan, aku lampirkan:
  1. Curriculum Vitae: 1 Lembar
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir: 1 Lembar
  3. Fotokopi SKHUN: 1 Lembar
  4. Fotokopi KTP: 1 Lembar
  5. Fotokopi SKCK: 1 Lembar
  6. Pasfoto ukuran 3x4: 4 Lembar

Demikian Surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat diterima menjadi salah satu bagian dari PT Harris Mobil Premium. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Sales Counter (fresh graduate) yang baik dan benar. Sifat yang diperlukan oleh sorang sales counter adalah keinginan untuk membantu orang lain, punya rasa empati, punya tingkat kesabaran yang tinggi, sikap ramah dan cepat belajar terhadap hal baru.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Sales Counter (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel