Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan SMA Yang Baik Dan Benar

Bagi kalian yang telah menyesaikan masa studinya dibangku SMA, biasanya ada yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang selanjutnya dan juga ada yang langsung terjun ke dunia kerja. Ada banyak tempat kerja yang membuka kesempatan lowongan kerja bagi lulusan SMA dengan tanpa pengalaman kerja (fresh graduate). Pekerjaan untuk tamatan SMA seperti kasir, pramuniaga, crew store, helper, cleaning service, sales promotion girl, sales promotion boy dan jenis pekerjaan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan SMA Yang Baik Dan Benar

Nah bagi kalian yang ingin langsung melamar pekerjaan, disini tanpakoma akan membantu kalian dengan berbagi beberapa contoh surat lamaran kerja untuk lulusan SMA yang baik dan benar atau contoh surat lamaran kerja fresh graduate SMA yang dapat kalian gunakan sebagai bahan referensi ketika kalian melamar pekerjaan di PT, perusahaan, tempat kerja, lembaga, instansi yang kalian inginkan.

Nah sebelum melamar pekerjaan, pastikan juga pekerjaan yang kalian lamar sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan oleh pembuka  seperti usia minimal dan maksimal, jenis kelamin, jenjang pendidikan minimal, fresh graduate atau berpengalaman, dan berbagi kualifikasi yang bisanya ditampilkan dalam pengumuman lowongan pekerjaannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan SMA Yang Baik Dan Benar

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh pelamar kerja atau pencari kerja yang ditujukan kepada perusahaan, lembaga atau instansi yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran kerja merupakan surat pribadi yang bersifat formal atau sebaliknya sehingga dalam penulisannya menggunakan bahasa yang baku dan formal. Surat lamaran kerja lulusan SMA ini dibuat bagi kalian yang baru pertama kali melamar kerja atau fresh graduate. Bagi kalian yang sudah punya pengalaman kerja, kalian dapat mengunjugi contoh surat lamaran kerja lulusan SMA berpengalaman.

Dalam penulisan surat lamaran kerja perlu memperhatikan unsur-unsur yang terdapat didalamnya. Adapun unsur-unsurnya meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat; alamat perusahaan yang dituju; salam dan pembuka surat; Isi surat; penutup dan salam penutup; tanda tangan dan nama terang.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Job Fair

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat permohonan untuk memperoleh suatu pekerjaan atau jabatan yang dibuat berdasarkan iklan, pengumuman, kegiatan job fair bahkan sampai inisiatif sendiri. Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk lulusan SMA Di Toko berdasarkan informasi dari kegiatan job fair atau bursa kerja.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan SMA Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Informasi Dari Job Fair

Kepulauan Aru, 12 Mei 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
HRD PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
Jl. Benjina No. 93
Kepulauan Aru


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh di Career Expo Aru, Kepulauan Aru pada tanggal 10 - 12 Mei 2021, bahwa PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk posisi Crew Store. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis Kelamin         : .....
Status         : .....
Pendidikan Terkahir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan antara lain sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  7. Pasfoto 3×4 berwarna terbaru (2 lembar)

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan diatas. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Di atas merupakan contoh surat lamaran kerja Crew Store untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan (fresh graduate) yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui job fair atau bursa kerja. Untuk beberapa contoh lain dari surat lamaran kerja Crew Store bagi fresh graduate, berikut contoh suratnya.

Media Cetak

Surat lamaran kerja tersebut disusun berdasarkan pengumuman, iklan, edaran dan pemberitahuan lowongan kerja yang dibagikan melalui berbagai sumber informasi salah satunya melalui media cetak seperti surat kabar atau koran, brosur, billboard dan lainnya. Berikut contoh surat lamaran kerja tamatan SMA di PT.


Sintang, 16 Agustus 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager HRD PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk
Jl. Nanga Menakon No. 80
Sintang


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi tentang dibukanya lowongan pekerjaan untuk posisi Sales Promotion Girl di PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk yang saya baca melalui laman surat kabar harian Kompas pada tanggal 15 Agustus 2021, maka saya bermaksud mengajukan diri melamar pekerjaan guna mengisi posisi tersebut. Adapun data diri saya secara singkat sebagai berikut.

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan terkait posisi tersebut. Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu Manager HRD, bersama surat lamaran kerja ini saya turut melampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  6. Pasfoto Terbaru Ukuran 4x6

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Application dapat dibuat setelah calon pelamar mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan di perusahaan atau tempat kerja tertentu. Informasi itu dapat diperoleh salah satunya melalui media audio visual (media sosial) seperti Pinterest, instagram, twitter dan lainnya. Dibawah ini contoh surat lamaran kerja lulusan SMA di Bank.


Cilacap, 19 April 2021
Kepada Yth.
Personalia PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Cilacap
Jl. Karangbenda No. 49
Cilacap


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
No. Telepon (HP)         : .....

Berdasarkan lowongan pekerjaan yang dimuat di media sosial instagram akun @loker_cilacap pada tanggal 18 April 2021, perkenankan saya untuk mengajukan lamaran kerja di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Cilacap untuk menempati posisi sebagai Cleaning Service.

Bersama dengan ini, saya melampirkan berkas berikut sebagai bahan pertimbangan diantaranya:
  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi surat keterangan Berbadan sehat dari dokter
  7. Foto ukuran 3×4 (2 lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diberikan kesempatan untuk tes dan wawancara. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Cleaning Service Fresh Graduate (Bahasa Indonesia)
Contoh Surat Lamaran Kerja Cleaning Service Fresh Graduate (Bahasa Inggris)
Contoh Surat Lamaran Kerja Cleaning Service Berpengalaman (Bahasa Indonesia)
Contoh Curriculum Vitae Cleaning Service Fresh Graduate (Bahasa Indonesia)
Contoh Curriculum Vitae Cleaning Service Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dari Seseorang

Sumber informasi lowongan pekerjaaan yang kalian dapat dari seseorang misalnya dari teman atau keluarga dapat kalian gunakan pada pembuatan surat lamaran pekerjaan. Berikut contoh surat lamaran kerja lulusan SMA sebagai kurir.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan SMA Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Informasi Dari Seseorang

Tapanuli Selatan, 21 Februari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth. 
Pimpinan PT. Global Jet Express (J&T Express)
Jl. Tapus Sipagabu No. 784
Tapanuli Selatan


Dengan hormat,
Dengan adanya informasi yang saya dapatkan dari seorang teman saya yang bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, bahwa PT. Global Jet Express (J&T Express) sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Kurir. Menanggapi informasi tersebut, bersamaan dengan surat ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang beridentitas dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....

Sebagai kelengkapan surat lamaran ini, saya cantumkan beberapa data pribadi saya yang sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu, antara lain sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah SMA
  3. Fotokopi SKHUN
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi SIM C
  6. Fotokopi SKCK
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Pasfoto 4×6 terbaru sebanyak 2 lembar
 
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sadar dan sesuai dengan data yang sebenarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Di atas merupakan contoh surat lamaran kerja Kurir untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan (fresh graduate) yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui seseorang. Untuk beberapa contoh lain dari surat lamaran kerja Kurir bagi fresh graduate, kalian dapat mengunjungi halaman berikut.


Website

Surat lamaran pekerjaan biasanya ditulis berdasarkan informasi mengenai lowongan kerja yang disampaikan oleh sebuah instansi, lembaga, perusahaan, organisasi atau badan usaha tertentu salah satunya melalui sebuah website atau situs contohnya situs resmi perusahaan atau badan usaha, ataupun kalian dapat mengunjungi situs lowongan pekerjaan seperti jobstreet, kalibrr, urbanhire, glints, linkedin dan lainnya. Berikut contoh surat lamaran kerja lulusan Sekolah Menengah Atas di Hotel atau Cafe.


Sumbawa Barat, 24 Maret 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia Dormire Hotel And Resto
Jl. Ai Kangkung No. 238
Sumbawa Barat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan melalui website karir.com pada tanggal 23 Maret 2021, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di Dormire Hotel And Resto pada bagian Housekeeping.

Berikut saya cantumkan biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Berikut ini saya lampirkan berkas tambahan sebagai persyaratan yang terdiri dari :
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  7. Pasfoto 4x6 terbaru

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai bagian dari Dormire Hotel And Resto. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Kalian juga dapat membuat surat lamaran pekerjaan tanpa mencantumkan sumber informasi yang kalian peroleh. Contoh surat ini hampir sama dengan surat lamaran pekerjaan yang dibuat berdasarkan dengan inisiatif atau kemauan sendiri. Berikut contoh surat lamaran kerja lulusan SMA di Rumah Sakit.


Gorontalo, 28 Juli 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Kepada Yth.
Manager Personalia RS Siloam Hospitals
Jl. Bandung Rejo No. 457
Gorontalo


Dengan hormat,
Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan agar bisa bergabung di RS Siloam Hospitals sebagai Security. Kendati saya merupakan lulusan baru dari Sekolah Menengah ...., namun saya yakin dengan semangat dan motivasi kerja yang saya miliki akan dapat membantu mengembangkan dan memajukan perusahaan.

Berikut biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
No. Hp         : .....

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan berkas pendukung kualifikasi saya:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Fotokopi Sertifikat Gada Pratama
  8. Pasfoto 4×6 berwarna (2 lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini, besar harapan saya untuk dapat bergabung di RS Siloam Hospitals. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Security (Fresh Graduate)

Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja Lulusan SMA yang baik dan benar. Mudah mudahan dengan adanya contoh surat lamaran kerja tamatan SMA dapat membantu kalian ketika kalian apply pekerjaan di perusahaan yang kalian inginkan. Pastikan kalian mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang terbaru atau yang terupdate agar kalian tidak ketinggalan mendapatkan info lowongan pekerjaan.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan SMA Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel