Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl (Fresh Graduate)

Apabila Anda sedang melamar pekerjaan, Agar calon perusahaan yang Anda tempati melamar pekerjaan dapat melirik Curriculum Vitae yang Anda buat, maka perlu membuat CV yang informatif dan semenarik mungkin agar mendapat penilaian yang tinggi dari recruiter. CV merupakan sebuah dokumen penting yang menjadi salah satu penilaian di mata para rekruter. 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sales Promotion Girl (Fresh Graduate)

CV ini nanti akan sepaket dengan surat lamaran kerja sales promotion girl fresh graduate (bahasa Indonesia) dan dokumen lainnya yang diberikan kepada perusahaan pada saat melamar pekerjaan. Pada artikel kali ini, dibagikan beberapa hal yang perlu diketahui dalam penulisan curriculum vitae dan juga beberapa contoh CV untuk sales promotion girl bagi para fresh graduate atau yang belum punya pengalaman kerja.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotion Girl

Sales Promotion Girl (SPG) adalah suatu profesi dalam pemasaran untuk mempromosikan suatu produk. Sales promotion girl atau SPG merupakan pekerjaan yang memerlukan keterampilan berkomunikasi dalam melakukan promosi langsung untuk menawarkan suatu produk agar konsumen dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan. Kemampuan berkomunikasi yang dimiliki seorang sales promotion girl akan mampu memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk. Oleh karena itu SPG menjadi salah satu cara promosi yang mempunyai daya tarik tersendiri dalam segi marketing.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Sales Promotion Girl antara lain sebagai berikut:

  1. Mengelola keluar masuknya produk
  2. Mempromosikan produk
  3. Menjual produk
  4. Mencatat penjualan
  5. Memberikan informasi kepada konsumen
  6. Melayani konsumen dengan baik
  7. Menerima komplain dari konsumen
  8. Membantu konsumen
  9. Membersihkan area penjualan

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae atau CV merupakan sebuah dokumen untuk memberikan gambaran mengenai pengalaman kerja secara singkat, sekaligus menjelaskan mengenai daftar riwayat hidup yang umumnya digunakan untuk bahan referensi dalam melamar atau mencari pekerjaan. Curriculum vitae berisikan histori atau sejarah seseorang yang tidak diketahui orang lain, dari mulai pendidikan awal hingga perjalanan karier.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profilmu yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Cantumkan pendidikan formal dan informal yang pernah ikuti, lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir.

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Sales Promotion Girl Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Girl untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup sales promotion girl untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Sales Promotion Girl Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Girl untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup sales promotion girl yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Girl Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Girl tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup sales promotion girl tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Girl Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl Fresh Graduate yang baik dan benar. Untuk membuat Curriculum Vitae yang menarik dan dilirik oleh perusahaan, kita harus memperhatikan apa saja yang harus kita cantumkan dan diperlukan; Hindari Kesalahan dalam Penulisan; menggunakan kata–kata yang menarik dan mudah dibaca; Singkat, Padat dan Jelas. Jika Anda sedang mencari template CV online yang modern dan terlihat profesional, kunjungi situs web Penyedia Template CV Online seperti di cakeresume, coolfreecv dan lainnya. Di sana Anda akan menemukan berbagai pilihan template yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV Anda menonjol di antara yang lain. Template tersedia untuk berbagai kategori, termasuk konsultan, manajemen, teknologi, dan banyak lagi. Template tersebut dirancang dengan baik dengan desain yang modern dan profesional sehingga Anda dapat membuat CV yang menarik dan mencerminkan keahlian dan keterampilan Anda. Selain itu, situs web juga menawarkan banyak fitur yang dapat membantu Anda membuat CV yang sempurna. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi situs web Penyedia Template CV Online dan mulailah membuat CV yang profesional dan menarik hari ini.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel