Contoh CV Kurir Lulusan SMA/SMK/Sederajat (Fresh Graduate)

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen penting yang tidak boleh diabaikan oleh kandidat ketika mengambil bagian dalam proses seleksi masuk kerja, baik untuk lulusan baru tanpa pengalaman maupun untuk kandidat dengan pengalaman. Curriculum Vitae adalah salah satu kualifikasi penting untuk melamar pekerjaan karena tanpanya, mungkin sulit bagi rekruter untuk mengenali Anda. Rekruter akan dapat dengan cepat mengenali Anda dengan Curriculum Vitae.

Contoh daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat (fresh graduate)

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen untuk memberikan gambaran mengenai perjalanan hidup secara singkat. Curriculum vitae berisikan histori atau sejarah seseorang yang tidak diketahui orang lain, dari mulai pendidikan awal hingga perjalanan karier. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja Kurir untuk fresh graduate.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan CV dan Contoh CV Kurir

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Selain surat lamaran kerja Kurir, salah satu dokumen yang perlu Anda buat adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pembuatan CV tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Bagian ini memuat data diri/informasi paling mendasar tentang diri Anda. Pastikan untuk menulis informasi dengan jujur supaya rekruter dapat menghubungi Anda dengan mudah. Informasi penting untuk dicantumkan seperti Nama, Nomor telepon, Email, Lokasi kediaman dan lainnya.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi tentang diri Anda adalah kesempatan yang bagus untuk mempromosikan diri. Tulislah sebanyak tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian perekrut dan menginginkan mereka mengetahui lebih banyak tentang Anda.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Kurir J&T Express Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Saya seorang lulusan baru merupakan pribadi yang yang memiliki ketertarikan dan minat untuk bekerja di bidang industri jasa pengiriman dan ekspedisi.  Saya terbiasa menggunakan kendaraan roda dua dan paham dalam membaca navigasi serta mengetahui jalur utama maupun jalur alternatif. Berbekal minat, skill, kemampuan  dan pengetahuan di bidang ini, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Dokumen CV ini juga harus berisikan informasi detail tentang sejarah pendidikan Anda. Misalnya sekolah dan universitas tempat Anda mengenyam pendidikan, serta gelar yang berhasil Anda dapat.  Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan. Silahkan menambahkan prestasi kalau ada.

Contoh Riwayat Pendidikan Kurir J&T Express Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Jurusan IPA [2017-2019]

SMAN 7 TANOS

Lulus tepat waktu dengan nilai akhir rata-rata UN 8,95


Kelas VII, VIII & IX [2015-2017]

SMPN 4 TANOS

Lulus tepat waktu dengan nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Tulis riwayat atau pengalaman kerja yang telah dimiliki dengan lengkap di bagian apa bekerja dan berapa lama pernah bekerja. Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar. Namun apabila tidak ada pengalaman tersebut, Anda perlu mencantumkannya. Ini bersifat opsional.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Anggota OSIS [2017-2018]

SMKN 7 TANOS

  • Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi
  • Membantu setiap program kerja organisasi yang dilaksanakan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Pelatihan Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Peserta Pelatihan Belajar Melaksanakan Penanganan Barang untuk Calon Kurir Paket [JANUARI 2020]

CAKAP (PRAKERJA)

  • Mengikuti pelatihan dengan materi antara lain:
  • Pengenalan Okupasi Kurir Paket
  • Penjemputan Paket dan/atau Barang
  • Melakukan Penyortiran Barang yang Akan Diantar
  • Resi Pengiriman
  • Merencanakan dan Mengikuti Rute yang Paling Efisien
  • Mengantar Pesanan dan Paket ke Alamat Penerima
  • Menerima Pembayaran, Transaksi COD dan Proses Retur Barang

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Anda bisa menyertakan kemampuan atau keahlian yang Anda miliki dan tentunya relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu hard skill dan soft skill. Hard Skill seperti keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum. Soft Skill diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Kurir J&T Express (Fresh Graduate)

  • Mengemudi
  • Membawa Barang
  • Membaca Navigasi
  • Pemahaman Peraturan Lalu Lintas
  • Komunikasi
  • Manajemen Waktu
  • Penggunaan Android
  • Disiplin
  • Teliti

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Kurir Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Untuk Fresh Graduate

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate


Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) Kurir Berpengalaman

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang baru pertama kali melamar pekerjaan


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh curriculum vitae (CV) Kurir lulusan SMA/SMK/MA/sederajat fresh graduate yang baik dan benar. Untuk menggambarkan sesuatu dalam CV Anda, Anda harus menggunakan bahasa formal dan kalimat sederhana. Hindari juga menggunakan istilah-istilah khusus kecuali bahasa itu umum digunakan dalam profesi dan industri tersebut. Cari templat CV online yang tepat untuk memulai perjalanan karir Anda? Berbagai website penyedia templat CV online telah tersedia untuk Anda gunakan. Templat CV online yang tersedia dapat membantu Anda membuat CV yang menarik dan profesional. Anda dapat menggunakan template CV online untuk membuat CV yang cantik dan mudah dibaca. Beberapa website penyedia template CV online seperti di kickresume, coolfreecv atau visualcv juga menyediakan banyak fitur tambahan seperti format dokumen, kustomisasi, desain profesional, dan banyak lagi. Jadi, jika Anda ingin menciptakan sebuah CV yang menarik dan profesional, jangan ragu untuk mengunjungi website penyedia template CV online.

0 Response to "Contoh CV Kurir Lulusan SMA/SMK/Sederajat (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel