Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Karyawan Toko (Fresh Graduate)

Lowongan pekerjaan untuk penjualan dan retail sangat banyak dibuka. Kalian tentu tahu Indomaret, Alfamart, toko aksesoris komputer atau HP, toko furniture, dan tempat-tempat perbelanjaan lainnya yang sering kita jumpai. Pemilik toko akan membutuhkan tenaga kerja untuk membantu mereka dalam menjalankan usahanya. Mereka akan merekrut talenta-talenta yang sesuai dengan kualifikasi atau kriteria yang mereka inginkan dan mereka akan membuka lowongan pekerjaan sesuai dengan posisi atau jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh Application Letter Untuk Karyawan Toko (Fresh Graduate)

Posisi yang dibutuhkan untuk karyawan toko seperti pramuniaga, helper, surveyor, driver, drafter, pengawas lapangan, kasir, merchandiser, dan posisi lainnya. Nah pada artikel kali ini diperuntukkan bagi kalian pencari kerja yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau yang baru menyelesaikan masa studinya dan langsung ingin melamar pekerjaan atau yang sering disebut dengan fresh graduate. Contoh surat lamaran kerja untuk karyawan toko (fresh graduate) ini dapat kalian gunakan sebagai salah satu bahan referensi dalam membuat surat lamaran kerja ketika kalian melamar pekerjaan nantinya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Karyawan Toko (Fresh Graduate)

Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat oleh seorang pencari (pelamar) kerja yang berisi permohonan untuk bekerja disuatu perusahaan, instansi, lembaga atau organisasi. Pada umumnya sistematika surat lamaran pekerjaan mencakup: Tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan hal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup, tanda tangan dan nama terang. Informasi lowongan pekerjaan dapat diperoleh melalui pemberitahuan atau pengumuman yang disampaikan, dibagikan atau disebarkan melalui berbagai sumber atau media seperti media audio visual, media visual, job fair dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Media Sosial

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja untuk karyawan toko (fresh graduate) yang informasi lowongan pekerjaannya diperoleh melalui media sosial seperti facebook, instagram, pinterest dan lainnya.

Contoh Application Letter Untuk Karyawan Toko (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial


Kendal, 28 Oktober 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 9 (sembilan) berkas

Kepada Yth.
HRD Hawaii Fashion Store
Jl. Botomulyo No. 34
Kendal


Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari Hawaii Fashion Store, seperti yang termuat di media sosial instagram akun @lokerkendal.top (Loker Kendal dan Semarang) pada tanggal 27 Oktober 2021. Maka dengan ini saya bermaksud mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung sebagai Karyawan untuk posisi Crew Store di Hawaii Fashion Store.

Berikut data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis Kelamin         : ....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
Alamat         : .....
No. Telepon (HP)         : .....

Saat ini saya memiliki kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang baik, saya termasuk orang yang dapat berkomunikasi dengan baik dan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan hal baru. Saya siap bekerja secara team maupun individu.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan ini saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Identitas (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  7. Pasfoto terbaru

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat permohonan lamaran ini dibuat, Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan untuk karyawan toko (fresh graduate) yang disusun berdasarkan informasi yang didapatkan dari website atau situs seperti situs resmi perusahaan ataupun situs/website lowongan kerja seperti glints, jobstreet, karir, urbanhire, dan lainnya.


Alor, 25 September 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager HRD PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
Jl. Adang No. 80
Alor


Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang telah saya peroleh melalui situs https://id.linkedin.com tertanggal 24 September 2021, bahwa PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Alor sedang membutuhkan karyawan untuk menempati posisi Crew Store. Bersama dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan lamaran untuk posisi tersebut.

Berikut merupakan data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, tak lupa saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya:
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Akademik
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Fotokopi Sertifikat Kursus/Pelatihan
  8. Pasfoto Ukuran 4×6 Terbaru

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya untuk diterima dan diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Alor. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Berikut merupakan contoh application letter untuk karyawan toko (fresh graduate) yang dibuat atau disusun berdasarkan informasi yang diperoleh melalui kegiatan job fair atau bursa kerja. Job fair atau bursa kerja adalah sebuah kegiatan yang biasanya diadakan oleh pemerintah ataupun swasta sebagai wadah bertemunya antara pihak yang mencari pekerjaan dengan perusahaan atau instansi yang membuka lowongan pekerjaan.


Maluku Tenggara, 22 Maret 2021
Kepada Yth.
Personalia PT Midi Utama Indonesia Tbk
Jl. Mataholat No. 454
Maluku Tenggara


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan Disnaker Kota Maluku Tenggara di Convention Hall Maluku Tenggara pada tanggal 22 Maret 2021, bahwa PT Midi Utama Indonesia Tbk sedang membutuhkan karyawan sebagai tenaga Kasir. Maka dengan ini saya bermaksud mengajukan diri dan melamar pekerjaan untuk menempati posisi tersebut.

Dengan ini saya lampirkan data diri lengkap saya sebagai berikut:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang saya punya:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah SMK legalisir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas
  5. Fotokopi Sertifikat Pelatihan
  6. Pasfoto terbaru 3×4 cm sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dan ajukan, saya berharap bisa diberikan kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih mendalam tentang diri saya. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:

 

Media Cetak

Media cetak seperti koran, baliho, spanduk, selebaran dan lainnya juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam memperoleh informasi lowongan kerja dan juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Berikut contoh surat lamaran kerja untuk karyawan toko (fresh graduate) yang disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari media cetak.

Contoh Application Letter Untuk Karyawan Toko (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak


Sukamara, 16 April 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan Kurnia Kado
Jl. Kenawan No. 254
Sukamara


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang saya dapatkan pada tanggal 15 April 2021 di spanduk pengumuman depan Toko Kurnia Kado yang sedang membutuhkan seorang Karyawan, Sehubungan dengan hal itu, saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati bagian tersebut.

Berikut saya cantumkan biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Status         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Berikut ini saya lampirkan berkas tambahan sebagai persyaratan yang terdiri dari :
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  5. Fotokopi Surat Keterangan Sehat Dari Dokter
  6. Pasfoto Ukuran 3x4 Terbaru

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai bagian dari Toko Kurnia Kado. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Salah satu alternatif lain dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan adalah berasal dari informasi seseorang seperti teman, keluarga atau relasi dan lainnya. Kalian dapat menggunakan informasi dari seseorang ini sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaaan. Dibawah ini contoh suratnya.


Toba, 14 Juli 2021
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
c.q. Kepala Personalia Nusa Jaya Furnitures
Jl. Pardomuan Motung No. 85
Toba


Dengan Hormat,
Bapak Hendri Papaliha, salah seorang karyawan Bapak/Ibu, menginformasikan kepada saya bahwa Nusa Jaya Furnitures sedang membutuhkan tambahan tenaga untuk posisi Karyawan. Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut merupakan data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ajukan berkas-berkas antara lain: 
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP-Elektronik
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Sehat
  8. Pasfoto ukuran 4x6 cm

Demikianlah surat lamaran kerja ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Selain mendapatkan informasi lowongan pekerjaan melalui pemberitahuan atau pengumuman yang disampaikan atau dibagikan melalui berbagai sumber atau media, kalian juga dapat menyusun surat lamaran dan mengirim surat lamaran kerja berdasarkan atas inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. Untuk contoh surat lamaran kerja yang dibuat atas inisiatif atau kemauan sendiri, contoh surat ini hampir sama dengan contoh surat lamaran kerja yang tanpa mencantumkan sumber atau media dalam penulisan surat lamaran pekerjaannya.


Bone Bolango, 11 Agustus 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
u.p. Manager Personalia PT Bintang Internasional
Jl. Dutohe No. 824
Bone Bolango


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Telepon         : .....
E-mail         : .....

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai karyawan pada posisi Kasir. Selanjutnya saya berharap agar permohonan ini dapat dikabulkan oleh Bapak/Ibu.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen penting sebagai bahan pertimbangan :
  1. Curriculum Vitae (CV) sebanyak 1 lembar;
  2. Fotokopi SKHUN sebanyak 1 lembar;
  3. Fotokopi KTP Elektronik sebanyak 1 lembar;
  4. Fotokopi KK sebanyak 1 lembar;
  5. Fotokopi SKCK sebanyak 1 lembar;
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat sebanyak 1 lembar; dan
  7. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan waktu yang Bapak/Ibu berikan, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Karyawan Toko (fresh graduate) yang baik dan benar. Ada baiknya pada saat mengajukan lamaran pekerjaan, kalian perlu memperhatikan baik-baik informasi lowongan pekerjaan yang kalian peroleh. Perhatikanlah setiap kriteria atau kualifikasi lowongan pekerjaan yang telah ditentukan oleh pihak yang membuka lowongan pekerjaan seperti batas maksimal usia yang boleh mendaftar, jenjang pendidikan, jenis kelamin dan kualifikasi/kriteria lainnya yang menjadi persyaratan. Selain itu perhatikan juga dokumen yang dipersyaratkan untuk dilampirkan seperti ijazah terakhir, cv, SKCK dan lainnya. Kalian boleh menambah dokumen pendukung seperti sertifikat pelatihan/workshop, sertifikat piagam dan lainnya karena ini akan menjadi nilai tambah di mata HRD atau bagian yang menyeleksi lamaran pekerjaan kalian.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Karyawan Toko (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel