Contoh CV Programmer (Berpengalaman)

 Seseorang yang ingin melamar pekerjaan harus melalui prosedur lamaran. Prosedur ini seringkali mengharuskan pemberi kerja mengirimkan surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, dan/atau dokumen terkait lainnya. Tujuan melamar pekerjaan adalah untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan posisi yang Anda inginkan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Programmer (Berpengalaman)

Curriculum vitae merupakan kumpulan informasi yang berisi tentang diri seseorang. Perusahaan biasanya meminta informasi pribadi ini saat pelamar kerja mengajukan lamaran. Data pribadi mencakup detail seperti nama lengkap seseorang, alamat, nomor telepon, latar belakang akademis, riwayat pekerjaan, dan keterampilan tertentu. Perusahaan akan menggunakan informasi ini untuk menentukan apakah Anda pelamar terbaik untuk posisi tersebut. Selain itu, informasi pribadi membantu perusahaan dalam menyaring dan memverifikasi calon karyawan yang mereka buat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan CV dan Contoh CV Programmer

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Selain surat lamaran kerja Programmer berpengalaman, salah satu dokumen yang perlu Anda buat adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pembuatan CV tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Data diri adalah informasi pribadi yang menggambarkan identitas seseorang. Biasanya, data diri melibatkan nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan informasi lain yang berkaitan dengan identitas orang tersebut. Data diri dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak Programmer

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah proses untuk menggambarkan diri sendiri dengan kata-kata. Ini dapat digunakan untuk menggambarkan pengalaman, kemampuan, kualifikasi, dan kualitas yang seseorang miliki. Deskripsi diri juga dapat digunakan untuk menunjukkan tujuan dan motivasi seseorang. Proses ini umumnya juga digunakan saat melamar pekerjaan, membuat CV dan melamar pekerjaan. Dengan deskripsi diri, seseorang dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa mereka cocok untuk posisi yang mereka lamar. Ini juga membantu perekrut untuk mengetahui lebih banyak tentang seseorang dan bagaimana mereka dapat menambah nilai untuk organisasi.

Contoh Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil Programmer Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Saya merupakan seorang lulusan dari SMKN 7 TANOS Jurusan Teknik Informatika. Saya telah memiliki pengalaman kerja di bidang Komputer dan IT yaitu sebagai Programmer selama kurang lebih 2 tahun. Berbekal latar belakang pendidikan, kemampuan dan pengalaman yang saya miliki, saya bersedia untuk menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

-------------------------------------------------

Contoh Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil Programmer Lulusan Sarjana/Diploma

Saya seorang lulusan S1 Teknik Informatika dari Universitas Bima Sakti. Saya telah memiliki pengalaman kerja di bidang Komputer dan IT yaitu sebagai Programmer selama kurang lebih 2 tahun. Berbekal latar belakang pendidikan, kemampuan dan pengalaman yang saya miliki, saya bersedia untuk menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah sejarah pendidikan seseorang yang dicatatkan dalam sebuah dokumen. Dokumen ini mencakup informasi tentang sekolah yang pernah diikuti, gelar yang telah diperoleh, dan lain-lain. Riwayat pendidikan juga mencakup informasi tentang kualifikasi akademik dan kemampuan profesional yang dimiliki seseorang. Riwayat pendidikan dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti laporan akademik, catatan asisten sekolah, resume, dan lain-lain. Ini bisa digunakan oleh perekrut untuk membuat keputusan tentang penerimaan seseorang untuk pekerjaan atau untuk menentukan tingkat upah.

Contoh Riwayat Pendidikan Programmer Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Jurusan Teknik Informatika [2017-2019]

SMKN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95


Kelas VII, VIII & IX [2015-2017]

SMPN 4 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

--------------------------------------------------

Contoh Riwayat Pendidikan Programmer Lulusan Sarjana/Diploma

S1 Teknik Informatika [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


Jurusan Teknik Informatika [2017-2019]

SMKN 7 TANOS

Mendapatkan nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja/Pengalaman Organisasi/Dll

Pengalaman Kerja adalah bagian penting dalam sebuah curriculum vitae. Ini menunjukkan pengalaman dan keterampilan yang telah Anda miliki selama kerja. Hal ini juga membantu perekrut untuk melihat bagaimana Anda telah menggunakan keterampilan yang relevan untuk mencapai tujuan di tempat kerja Anda sebelumnya. Pengalaman kerja dalam curriculum vitae harus mendeskripsikan tugas yang Anda lakukan, keterampilan yang Anda gunakan untuk menyelesaikannya, dan hasil yang Anda capai. Ini juga dapat mencakup informasi tentang pengakuan yang Anda terima, serta bagaimana Anda telah berkembang dalam pekerjaan.

Contoh Pengalaman Kerja Programmer Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Programmer [2020 - 2022]

Quinsis Lintas Mitra Group

Beberapa deskripsi pekerjaan antara lain:

  • Mengembangkan dan mengkode aplikasi berbasis web dan mobile untuk perusahaan
  • Membuat dan menganalisis database untuk aplikasi
  • Memecahkan masalah kode
  • Memperbarui kode sesuai dengan standar industri
  • Melakukan uji coba untuk mengevaluasi kualitas kode
  • Mengintegrasikan aplikasi dengan sistem lain.
  • Membuat laporan kemajuan dan laporan hasil pengujian.
  • Mengikuti sesi pelatihan untuk mempelajari teknologi terbaru

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Kerja Programmer Lulusan Sarjana/Diploma

Programmer [2020 -  2022]

PT. Bangunan Bersama Teknologi

Beberapa tugas dan tanggung jawab yang dilakukan dalam posisi ini di antara lain:

  • Mengembangkan aplikasi web berbasis Java.
  • Meningkatkan dan memperbaiki aplikasi yang ada.
  • Mengembangkan dan memelihara aplikasi yang ada.
  • Melakukan pengujian unit dan uji kelayakan aplikasi.
  • Memperbarui kode sesuai dengan standar industri
  • Mendebug dan memecahkan masalah yang terjadi dalam aplikasi.
  • Mengintegrasikan aplikasi dengan sistem lain.
  • Membuat laporan kemajuan dan laporan hasil pengujian.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Skill adalah kemampuan atau keahlian yang dimiliki seseorang yang dapat dipelajari dari berbagai latihan. Biasanya, skill mencakup kemampuan menggunakan peralatan, teknologi, atau strategi untuk menyelesaikan tugas tertentu. Misalnya, kemampuan menggunakan Microsoft Excel, menulis kode HTML, atau menggunakan strategi manajemen waktu. Keterampilan adalah kemampuan intuitif yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu dengan baik. Biasanya, keterampilan dibangun melalui pengalaman dan latihan. Misalnya, keterampilan berkomunikasi, kemampuan untuk memecahkan masalah, atau kemampuan untuk menjaga keseimbangan tugas.

Contoh Skill dan Keterampilan Programmer

  • Bahasa pemrograman (Laravel (PHP), CL, HTMLS, CSS, JS, & Mysql)
  • Pemecah Masalah
  • Berpikir Sistematis
  • Komunikasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Programmer (Berpengalaman)

Berikut contoh ke-1 template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Programmer yang punya pengalaman kerja (experience) atau yang sebelumnya telah bekerja di suatu tempat kerja.

contoh 1 daftar riwayat hidup Programmer yang punya pengalaman kerja (experience)


Baca juga: Contoh Curriculum Vitae Programmer Fresh Graduate

Dibawah ini adalah contoh ke-2 template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Programmer yang telah memiliki pengalaman kerja (experience).

contoh 2 daftar riwayat hidup Programmer yang telah memiliki pengalaman kerja (experience)


Berikut merupakan contoh ke-3 template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Programmer yang telah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya (experience).

contoh 3 daftar riwayat hidup Programmer yang telah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya (experience)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Programmer berpengalaman yang baik dan benar. Beberapa situs web penyedia CV online termasuk Indeed, Zety, Canva, dan Resume.com. Ini memberi Anda berbagai alat dan fitur untuk membuat CV yang menarik dan membantu Anda menonjol dari kerumunan.

0 Response to "Contoh CV Programmer (Berpengalaman)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel