Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Purchasing (Fresh Graduate)

Pada saat Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah dokumen CV atau curriculum vitae. CV curriculum vitae atau dalam bahasa Indonesia yang berarti daftar riwayat hidup/biodata. Seperti namanya, CV surat lamaran kerja staff purchasing berisi dengan informasi pribadi yang berguna sebagai penilaian oleh perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan.

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Staff Purchasing (Fresh Graduate)

CV merupakan salah satu hal paling penting saat melamar pekerjaan karena biasanya recruiter akan melakukan evaluasi dan penilaian calon karyawan melalui CV yang diberikan oleh kandidat. Untuk itu Anda harus mampu membuat CV surat lamaran kerja yang menarik, informatif, jelas dan menggambarkan diri anda secara singkat agar perusahaan melirik lamaran kerja yang telah Anda buat.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Staff Purchasing

Staff Purchasing adalah karyawan yang bertanggung jawab untuk membeli barang, bahan baku, atau jasa yang dibutuhkan dalam bisnis. Purchasing Staff berada pada divisi pembelian. Purchasing staff bertugas membeli barang dari pemasok dalam rangka mendukung operasional perusahaan.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Staff Purchasing antara lain sebagai berikut:

  • Mencari dan menganalisa calon supplier
  • Melakukan negosiasi harga sesuai standar kualitas
  • Melakukan koordinasi dengan pihak supplier mengenai kelengkapan dokumen
  • Bersedia melakukan pengecekan di lapangan / keluar kantor
  • Membuat laporan pembelian & pengeluaran barang (inventory)
  • Melakukan pengelolaan pengadaan barang
  • Melakukan pemilihan / seleksi rekanan pengadaan sesuai kriteria perusahaan
  • Bekerjasama dengan departemen terkait untuk memastikan kelancaran operasional perusahaan

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

CV atau Curriculum Vitae  adalah daftar riwayat hidup (resume) yang merupakan salah satu dokumen wajib yang harus dipersiapkan untuk melamar pekerjaan. CV berisi kumpulan data tentang diri sendiri yang berkaitan dengan perjalan hidup yang perlu diketahui oleh recruiter. Data ini merupakan hal utama dan paling penting yang dapat membuat CV Anda terlihat lebih menjual dan menarik di mata recruiter. selain menunjukkan informasi dan kualifikasi, CV juga memperlihatkan sisi kelebihan Anda dibanding pelamar yang lain.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Alamat email sebaiknya dibuat dengan sederhana dan jelas atau bisa menggunakan nama sendiri tanpa spasi.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Berikanlah deskripsi singkat tentang diri Anda secara jelas, ini adalah nilai jual utama yang akan menjadi pertimbangan untuk meloloskan atau tidak. Buatlah deskripsi tentang sisi positif diri Anda di dunia kerja, misalnya menceritakan ketertarikan Anda pada sebuah hal yang berkaitan dengan posisi kerja atau karakter positif di dalam diri Anda.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan. Pada dasarnya, mencantumkan pendidikan informal ini merupakan hal yang sifatnya opsional. Sertakan informasinya bila memang Anda mengikuti kursus atau les tertentu yang meningkatkan kemampuan Anda sebagai calon pekerja,

Pengalaman Kerja

Bukan rahasia lagi kalau perekrut itu melihat pengalaman kerja sebagai pertimbangan mereka dalam memberi undangan interview. Maka dari itu, salah satu cara yang benar dalam membuat curriculum vitae harus memastikan pengalaman kerja itu benar-benar ditulis.

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Demi menarik perhatian, ada yang melebih-lebihkan keahlian yang dimiliki ketika menulis CV. Padahal, keahlian yang dicantumkan biasanya akan diuji terlebih dahulu.

Jangan sampai keahlian yang tidak ada kebenarannya jadi bumerang. Tulislah keahlian yang Anda miliki dengan sejujurnya. Anda juga dapat menambahkan keahlian lain yang bisa saja menjadi nilai lebih, sepert skill yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Staff Purchasing Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Purchasing untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup staff purchasing untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Purchasing untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup staff purchasing yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Purchasing tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup staff purchasing tanpa pengalaman kerja

download

Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Purchasing Fresh Graduate yang baik dan benar. Curriculum Vitae merupakan salah satu dokumen wajib yang harus Anda siap dalam langkah awal untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu buatlah dengan sebaik-baiknya agar CV yang Anda buat dapat dilirik oleh recruiter.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Purchasing (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel