Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Purchasing (Fresh Graduate)

Untuk teman-teman yang baru menyelesaikan masa studinya baik itu di banngku sekolah maupun dibangku perkuliahan dan langsung ingin melamar pekerjaan atau dengan kata lain baru pertama kali melamar pekerjaan (fresh graduate), disini tanpakoma akan membantu memberikan informasi tentang beberapa contoh surat lamaran kerja untuk staff purchasing (fresh graduate) yang dapat kalian gunakan ketika melamar pekerjaan baik itu di perusahaan, lembaga ataupun tempat lainnya yang membuka lowongan pekerjaan. Surat lamaran kerja untuk  merupakan surat lamaran kerja untuk kategori penjualan dan retail.

Contoh Application Letter Untuk Staff Purchasing (Fresh Graduate)

Staff Purchasing (Staff Pembelian) adalah seorang karyawan disebuah perusahaan atau badan usaha yang kegiatannya berhubungan dengan pembelian material, barang atau jasa yang diperlukan oleh perusahaan atau badan usaha tersebut. Keahlian yang penting untuk dimiliki oleh seorang staff purchasing seperti komunikasi yang baik, dapat bernegosiasi, pencatatan dan dokumentasi yang rapi dan terorganisir, mampu menggunakan komputer terutama aplikasi microsoft office.

Biasanya untuk tugas dan tanggung jawab staff purchasing di perusahaan terdapat sedikit perbedaan namun pada umumnya tugas dan tanggung jawabnya seperti menjalankan prosedur pengadaan barang/alat/jasa; membuat rekapitulasi PO untuk keperluan administrasi kantor pusat; melakukan pendataan terhadap alat/inventaris yang dimiliki perusahaan; negosiasi harga hingga membuat kontrak kerja ke supplier dan berbagai tugas dan tanggung jawab lainnya.

Contoh Surat

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk staff purchasing (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang didapat dari berbagai sumber seperti melalui website, media cetak, teman dan sumber lainnya. Ada pula surat yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. 

Website

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk staff purchasing (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi dari website seperti website resmi perusahaan ataupun website lowongan pekerjaan misalnya karir.com, jobs.id, loker.id, dll.

Contoh Application Letter Untuk Staff Purchasing (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Website


Tangerang Selatan, 28 Februari 2021
Kepada Yth.
HRD PT Citra Retailindo
Jl. Lengkong Wetan No. 86
Tangerang Selatan


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT Citra Retailindo yang saya dapatkan melalui website https://www.jobstreet.co.id pada tanggal 27 Februari 2021. Maka melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Staff Purchasing.

Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama         : .....
Jenis Kelamin         : .....
Tempat / Tanggal lahir : .....
Status         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Telepon (HP)         : .....

Saat ini saya sekarang dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Kejujuran selalu saya utamakan. Saya dapat bekerja baik dalam sebuah tim maupun secara individu dan bersedia lembur jika diperlukan.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi yang dibutuhkan, berikut saya lampirkan dokumen-dokumen pendukung antara lain sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi Keluarga
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  8. Pasfoto terbaru ukuran 4x6

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Dibawah ini contoh application letter untuk staff purchasing (fresh graduate) berdasarkan informasi yang diperoleh melalui media sosial seperti instagram, facebook, linkedIn, dll.

Way Kanan, 25 Mei 2021
Perihal      : Lamaran pekerjaan
Lampiran  : 7  (tujuh) berkas

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Mega Bintang Mas
Jl. Taman Asri No. 787
Way Kanan


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapat dari akun media sosial instagram @lokerwaykanan tertanggal 24 Mei 2021, bahwa PT Mega Bintang Mas sedang membutuhkan tenaga kerja baru untuk pekerjaan bagian Staff Purchasing, maka dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Usia                 : .....
Alamat         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
Status         : .....

bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di tempat yang Bapak/Ibu pimpin. Saya terbiasa untuk bekerja didepan komputer. Saya juga sangat mengutamakan ketelitian dan mampu untuk bekerja semaksimal mungkin seperti yang diperintahkan oleh perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :
  1. Pasfoto terbaru
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Fotokopi Ijazah
  4. Fotokopi Ijazah/SKHUN
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi KK
  7. Fotokopi SKCK

Saya harap saya bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti tes wawancara kerja agar dapat menjelaskan secara lebih jelas tentang potensi diri saya kepada Bapak/Ibu pimpinan.

Demikian surat permohonan ini, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Purchasing Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Media Cetak

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk staff purchasing (fresh graduate) yang informasi atau sumber lowongan pekerjaan didapatkan melalui media cetak seperti surat kabar/koran, majalah, brosur, dll.

Jakarta Timur, 21 Maret 2021
Kepada Yth.
HRD PT Jakarta Digital Nusantara
Jl. Halim Perdana Kusuma No. 93
Jakarta Timur


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari surat kabar Harian Kompas pada tanggal 20 Maret 2021, PT Jakarta Digital Nusantara menerima lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya memiliki maksud untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan diperusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan saya maksud adalah bagian Staff Purchasing di PT Jakarta Digital Nusantara.

Berikut data singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat Lengkap : .....
Nomor Telepon (HP) : .....

Sebagai pelengkap beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di masa yang akan datang, saya juga lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut.
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Sertifikat
  7. Pasfoto ukuran 3x4 (3 lembar)

Saya berharap diberikan kesempatan ke tahap berikutnya agar saya dapat memberikan lebih lengkap lagi tentang potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Purchasing Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Inisiatif Sendiri

Dibawah ini contoh application letter untuk staff purchasing (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri.

Contoh Application Letter Untuk Staff Purchasing (Fresh Graduate) Berdasarkan Inisiatif Sendiri


Jambi, 2 Juni 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
Pimpinan PT Union Tetap Jaya
Jl. Olak Kemang No. 56
Jambi


Dengan hormat,
Dengan ini saya yang mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu sebagai Staff Purchasing di PT Union Tetap Jaya. Perkenankanlah, data diri singkat saya :

Nama         : .....
Tempat dan Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No HP         : .....

Saat ini saya dalam kondisi yang sehat dan baik. Saya termasuk orang yang mudah bersosialisasi dan mampu membangun komunikasi dengan baik. Selain itu saya dapat bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti Ms. Office (Word, Excel, PowerPoint).

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan ini saya lampirkan :
  1. Curriculum Vitae sebanyak 1 (satu) lembar;
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Fotokopi Transkrip Nilai sebanyak 1 (satu) lembar;
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 (satu) lembar;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1 (satu) lembar;
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebanyak 1 (satu) lembar; dan
  7. Pasfoto 4x6 terbaru sebanyak 2 (dua) lembar.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat diberi kesempatan ke tahap selanjutnya. Atas Perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk staff purchasing (fresh graduate) yang informasinya diperoleh melalui seseorang seperti keluarga, teman, dll.

Labuhanbatu, 15 Januari 2021
Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Personalia HRD PT Guna Jaya Optima
Jl. Perbaungan No. 38
Labuhanbatu


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari Bapak Arjuna Wibowo, salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di PT Guna Jaya Optima bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi beberapa posisi. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Staff Purchasing dengan kode (SP) di PT Guna Jaya Optima.

Berikut ini adalah data singkat saya,

Nama         : .....
Tempat / Tanggal Lahir : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Status         : .....
Telepon (HP)         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi ijazah S1
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Pasfoto terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu HRD sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Staff Purchasing Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Job Fair

Berikut contoh application letter untuk staff purchasing (fresh graduate) berdasarkan informasi yang didapatkan dari Job Fair yang biasanya diselenggarakan baik dari pihak pemerintah maupun pihak swasta.

Lumajang, 18 April 2021
Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT Raja Bearindo Aditama
Jl. Ranupakis No. 38
Lumajang


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan Disnaker Kota Lumajang di Convention Hall Lumajang pada tanggal 16 sampai 18 April 2021, bahwa PT Raja Bearindo Aditama sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Staff Purchasing. Sehingga saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan         : .....
Agma         : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....

dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di PT Raja Bearindo Aditama untuk posisi tersebut sesuai dengan yang Bapak/Ibu butuhkan. Posisi yang saya lamar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki dan saya yakin dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin

Bersama ini saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, antara lain:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Pasfoto Terbaru Ukuran 4 x 6

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini dibuat. Besar harapan saya agar bisa mengikuti wawancara dan diterima menjadi salah satu karyawan di PT Raja Bearindo Aditama. Atas perhatian dan juga kesempatan yang diberikan oleh Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk staff purchasing (fresh graduate) yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan application letter ini sebagai referensi. Perbanyaklah memperoleh informasi lowongan pekerjaan baik itu dari kenalan, media sosial, website atau berbagai media informasi lainnya agar kalian memperoleh lebih banyak informasi seputar lowongan pekerjaan.

0 Response to " Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Purchasing (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel