Contoh Curriculum Vitae (CV) Telemarketing (Fresh Graduate)

Apabila Anda sedang mencari sebuah pekerjaan, Anda tentu perlu menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dalam melamar suatu pekerjaan. Ada banyak berkas yang diperlukan seperti surat lamaran kerja telemarketing fresh graduate (bahasa Indonesia), fotokopi ijazah dan dokumen lainnya. Namun salah satu yang paling utama adalah CV atau curriculum vitae. Dalam melamar suatu pekerjaan, CV yang baik, jelas, informatif dan menarik sangatlah penting.

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Telemarketing (Fresh Graduate)

Banyak yang masih kesulitan dalam membuat Curriculum Vitae. Umumnya orang yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau fresh graduate yang kemungkinan besar mengalami kesulitan dalam membuat CV. Nah pada bahasan ini tanpakoma akan berbagi informasi mengenai CV dan beberapa contoh curriculum vitae telemarketing untuk fresh graduate.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketing

Telemarketing adalah kegiatan pemasaran modern yang menggunakan perantara saluran telepon untuk bisa berkomunikasi dengan calon pelanggan. Dengan menggunakan telemarketing, perusahaan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Ketika perusahaan tidak memungkinkan menggelar kegiatan pemasaran di pusat perbelanjaan atau pusat keramaian secara langsung, telemarketing tetap memungkinkan produk, jasa, maupun layanan bisnis diketahui pasar secara lebih efisien dan tentunya efektif.

Disebut efektif karena lewat telemarketing, seorang telemarketer melakukan panggilan telepon langsung kepada calon konsumen. Dalam perbincangan telepon itu, telemarketer bisa memberikan informasi mengenai produk hingga membuat calon konsumen tertarik dan melakukan transaksi. Apakah ini semua mudah dilakukan? Tentu saja asalkan SOP telemarketing dipahami dengan benar sehingga bisa meningkatkan service excellence for team performance.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Telemarketing antara lain sebagai berikut:

  • Melayani customer yang menanyakan program
  • Menginformasikan kepada semua pelanggan jika ada kebijakan penjualan dan promo
  • Mendukung dan memasarkan untuk produk dan memperluas pelanggan
  • Mengumpulkan & mengevaluasi semua pelanggan
  • Mempertahankan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan
  • Menindaklanjuti penawaran untuk semua pelanggan
  • Melaporkan aktivitas penjualan kepada manajemen
  • Mengembangkan akun baru dan perluas basis pelanggan
  • Melakukan pekerjaan untuk posisi telemarketing pada umumnya

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum vitae merupakan istilah yang diambil dari bahasa Latin. Singkatnya, ini bisa diartikan sebagai suatu dokumen yang memberikan informasi tentang catatan atau riwayat hidup seseorang. Yang mana secara khusus menyebutkan pengalaman pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang ditempuh seseorang. Informasi ini ditujukan bukan hanya untuk rekam jejak dan dokumen pribadi saja, tapi juga sekaligus untuk dibaca oleh orang lain.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah ringkasan profil Anda secara singkat karena biasanya hanya terdiri dari beberapa kalimat saja. Dalam deskripsi diri harus memuat jenjang pendidikan, pengalaman, hingga tujuan karir. Biasanya jika ditulis di CV akan akan diberi judul “About Me” atau “Tentang Saya”.

Riwayat Pendidikan

Dalam menceritakan pendidikan yang dijalani, sebaiknya tuliskan saja yang penting-penting. Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja yang menjelaskan seperti posisi pekerjaan yang pernah ditempati serta lama waktu bekerja yang dimiliki. Selain itu, penting untuk memberikan penjelasan secara singkat mengenai deskripsi pekerjaan yang didapatkan serta perusahaan tempat bekerja. Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Telemarketing Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Telemarketing untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup telemarketing untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Telemarketing Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Telemarketing untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup telemarketing yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Telemarketing Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Telemarketing tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup telemarketing tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Telemarketing Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Telemarketing Fresh Graduate yang baik dan benar. Dahulu Curriculum Vitae hanya sebatas daftar keterangan diri atau biodata secara umum dan keterangan riwayat pendidikan. Namun untuk sekarang ini, banyak perusahaan-perusahaan baru yang tentunya juga menuntut pelamar untuk mempercantik Curriculum Vitae yang hendak dibuat. Tetapi ingat hal yang paling penting adalah CV tersebut harus rapi, baik, jelas dan informatif. Kunjungi situs Canva untuk mendapatkan template CV online yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Telemarketing (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel