Contoh Curriculum Vitae (CV) Staf Marketing (Fresh Graduate)

Sebelum melamar ke sebuah perusahaan, para pencari kerja biasanya akan mengirim surat lamaran staf marketing fresh graduate (Bahasa Indnesia) serta melampirkan daftar riwayat hidup dan dokumen pendukung lainnya.  Curriculum vitae yang dibuat dengan rapi, jelas dan informatif sehingga terlihat menarik akan memiliki peluang besar untuk diberikan kesempatan ke tahap berikutnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Staf Marketing (Fresh Graduate)

Sebelum mengintip berbagai contoh daftar riwayat hidup, maka kenali dulu definisi dari daftar riwayat hidup itu sendiri. Daftar riwayat hidup dikenal pula dengan nama CV atau curriculum vitae. Secara bahasa, curriculum vitae berarti perjalanan hidup. Adapun perjalanan hidup ini meliputi riwayat pendidikan, data diri, pengalaman kerja, keterampilan dan kualifikasi lainnya.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Staf Marketing

Staff Marketing adalah karyawan yang melaksanakan kebijakan manajemen untuk melaksanakan strategi penjualan sesuai dengan objek dan sasaran perusahaan. Kegiatannya dimulai dari penawaran barang negosiasi, monitor penjualan, PO, pembayaran, berhubungan dengan konsumen, menerima keluhan dan mengajukan penyelesaian masalah kepada pihak manajemen. Disisi lain juga ada berbagai tugas penting lainnya.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Staf Marketing antara lain sebagai berikut:

  • Melaksanakan kebijaksanaan manajemen di bidang pelayanan jasa dan penjualan produk perusahaan.
  • Mengadakan kontrak dengan pelanggan berpotensial.
  • Melakukan penawaran produk, baik untuk quality yang telah ada maupun jenis quality baru.
  • Melakukan penjualan produk perusahaan dan menjalin menjaga hubungan kerja dengan pelanggan.
  • Menanggapi keluhan pelanggan yang berkenaan atas produk atau jasa yang diberikan.
  • Memberikan informasi kepada pelanggan prosedur standar perusahaan atas ketentuan pemesanan produk. 
  • Memeriksa surat dokumentasi penjualan yang masuk atau keluar dan menjawab koresponden bisnis. 
  • Mengadakan pemeriksaan terhadap data dan laporan yang berkenaan dengan PO penerimaan barang dengan kesesuaian kontrak penjualan. 
  • Berkoordinasi dengan bagian produksi dan bagian pengiriman agar jumlah dan hasil produksi diterima oleh pelanggan sesuai dengan PO.
  • Mengevaluasi status pembayaran dan menanggapi keterlambatan pembayaran.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV Dan Contoh CV Staf Marketing

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi selanjutnya yang perlu dicantumkan dalam CV lamaran kerja tentu saja adalah informasi pribadi. langkah yang Anda lakukan adalah menulis secara rinci tentang informasi pribadi Anda. Informasi pribadi ini dapat berupa biodata, alamat kontak, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profil Anda yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah hal yang penting lainnya di contoh CV. Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Tidak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan di taman kanak-kanak. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan. Jika Anda pernah menempuh pendidikan informal, masukkan pula di bagian ini. Tuliskan secara detail, berapa lama Anda menempuhnya, dan di mana lokasinya.

Pengalaman Kerja

Bagi mereka yang belum pernah kerja secara formal, seperti misalnya sarjana yang baru saja lulus, ada baiknya disertakan serangkaian informasi mengenai keterlibatan yang bersangkutan dalam berbagai program, proyek, atau aktivitas dengan industri sebagai mitra. Misalnya adalah pengalaman dalam melaksanakan praktek kerja, keterlibatan dalam mengerjakan proyek tertentu, program penelitian yang dilakukan bersama, dan lain sebagainya.

Aktivitas Organisasi yang menceritakan mengenai keterlibatan kandidat dalam berbagai aktivitas komunitas formal maupun non formal. Dari informasi ini akan diperoleh gambaran mengenai kemampuan beragam “soft skills” kandidat terkait dengan sejumlah aktivitas yang bersangkutan dalam menjalankan jabatan yang diembannya melalui organisasi terkait. Artinya adalah yang bersangkutan memiliki nilai tambah dimana organisasi pencari kerja karena adanya sejumlah pengalaman berinteraksi dengan sekelompok individu maupun publik.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan yang dimiliki dan dapat mendukung keahlian untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas yang dimiliki. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Staf Marketing Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staf Marketing untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup staf marketing untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Staff Marketing Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staf Marketing untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup staf marketing yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Marketing Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staf Marketing tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup staf marketing tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Marketing Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Staf Marketing Fresh Graduate yang baik dan benar. Dengan membuat CV Anda juga dapat menggunakannya sebagai personal branding secara tertulis dengan singkat. Anda dapat mendeskripsikan kelebihan Anda melalui CV secara singkat seperti prestasi dan pengalaman yang sudah Anda kerjakan. Di sisi lain Anda juga dapat memberikan kesan yang lebih dari kemampuan Anda, dalam hal tersebut Anda dapat memberikan deskripsi-deskripsi singkat tentang bagaimana dan apa saja kelebihan Anda. Kunjungi situs penyedia template CV online seperti cvmaker untuk mendapatkan berbagai template yang mungkin Anda butuhkan.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Staf Marketing (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel