Contoh Curriculum Vitae (CV) Operator Produksi (Fresh Graduate)

Apabila Anda dalam waktu dekat hendak mengirimkan dokumen lamaran pekerjaan. Maka terlebih dahulu, Anda perlu menyiapkan daftar riwayat hidup di dalamnya. Daftar riwayat hidup kemudian juga disebut dengan istilah CV atau curriculum vitae ini adalah salah satu dokumen penting yang menyempurnakan suatu lamaran pekerjaan. 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Operator Produksi (Fresh Graduate)

Dengan adanya Curriculum Vitae, maka perusahaan bisa mengenal Anda tanpa harus bertatap muka. Sekaligus bisa menjadikan informasi di dalamnya sebagai bahan pertimbangan untuk menerima Anda sebagai kandidat atau sebaliknya. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja operator produksi.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Operator Produksi

Operator produksi adalah seseorang yang mengoperasikan peralatan atau mesin untuk membantu proses pembuatan, perakitan, pengemasan, dan langkah lainnya dalam jalur produksi. Posisi sebagai operator produksi adalah bagian yang esensial karena sebagai penentu hasil produk dari perusahaan. Sebagian besar pekerjaan operator produksi dilakukan di pabrik atau warehouse, walaupun beberapa juga terlibat dalam distribusi barang.

Pekerjaan yang akan dilakukan bisa saja akan berbeda pada tiap-tiap perusahaan, operator produksi mungkin diharuskan bekerja dengan mesin berat atau jenis mesin yang kompleks. Deskripsi pekerjaan operator produksi untuk perusahaan elektronik mungkin memiliki perbedaan signifikan dengan perusahaan makanan.

Operator produksi adalah pekerjaan yang memiliki target dimana telah ditentukan oleh perusahaan baik secara individu atau tim. Anda juga diharuskan untuk menjaga lingkungan kerja dalam kondisi yang aman dan bersih dalam setiap waktu.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Operator Produksi antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan kegiatan operator produksi pada umumnya
  • Menjaga mesin produksi tetap berjalan dengan baik
  • Melaporkan kerusakan sekecil apapun ke bagian operator mesin atau bagian teknikal
  • Memberikan laporan kerja harian
  • Mampu menjaga keselamatan dalam ruang kerja/pabrik
  • Melanjutkan produk ke bagian QC/Quality Control untuk dilakukan Checker

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Kepanjangan CV, curriculum vitae berasal dari Bahasa Latin yang artinya perjalanan hidup saya. Dari situlah, CV dikatakan sebagai informasi riwayat hidup seseorang. Dalam konteks pekerjaan, CV merupakan berkas yang berisi rangkuman informasi terkait identitas diri sekaligus rekam jejak hidup Anda, mulai dari riwayat pendidikan hingga pencapaian.

CV digunakan perekrut untuk menilai kemampuan dan kredibilitas Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar. Penulisan CV yang benar dapat membantu Anda meyakinkan perekrut bahwa Andalah kandidat yang layak di posisi tersebut. Terlebih, banyaknya peminat pelamar kerja di perusahaan yang menjanjikan. Karenanya, Anda harus memasukkan aspek-aspek penting untuk membuat CV yang benar.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profil Anda yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Riwayat Pendidikan

Dalam penulisan CV, riwayat pendidikan adalah salah satu komponen penting yang wajib Anda masukkan. Dalam bagian ini, Anda tidak perlu memasukkan seluruh riwayat pendidikan formal Anda. Cukup masukkan dari tingkat SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi saja. tuliskan dua pendidikan terakhir saja.

Tak hanya itu, selain pendidikan formal, Anda juga bisa memasukkan riwayat pendidikan informal seperti pelatihan, kursus, dan lain-lain yang pernah Anda ikuti. Bisa jadi pendidikan informal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perekrut untuk melirik Anda apalagi jika pendidikan informal tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Pengalaman Kerja

Bila sebelumnya sudah pernah bekerja, maka riwayat kerja juga harus dituliskan. Bagian ini umumnya justru menjadi perhatian utama perekrut dalam menilai karyawan baru.

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Operator Produksi Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Operator Produksi untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup operator produksi untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Operator Produksi untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup operator produksi yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Operator Produksi tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup operator produksi tanpa pengalaman kerja

download

Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Operator Produksi Fresh Graduate yang baik dan benar. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar CV lamaran kerja Anda lebih menarik sehingga HRD mau melirik CV yang Anda buat. Tulis CV Anda dengan singkat, jelas dan padat serta tidak jangan bertele-tele. Pastikan Informasi yang Anda tulis berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Tulis informasi yang ada di CV dengan sejujur-jujurnya dan sertakan bukti-bukti yang membenarkan informasi yang Anda tulis tersebut. Gunakan bahasa yang mudah dan umum agar nantinya mudah untuk dipahami.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Operator Produksi (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel