Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Gudang (Warehouse Staff) Untuk Fresh Graduate

Salah satu dokumen terpenting yang wajib disiapkan sebelum melamar kerja adalah curriculum vitae (CV). Setiap kali melamar kerja, pasti diwajibkan melengkapi surat lamaran kerja staff gudang dengan daftar riwayat hidup atau CV dan dokumen pelengkap lainnya. Selain menunjukkan informasi dan kualifikasi, CV juga akan menunjukkan sisi kelebihan Anda dibanding pelamar yang lain.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Staff Gudang (Warehouse Staff) Untuk Fresh Graduate

Mungkin sebagian besar orang sudah punya pengalaman kerja mengetahuinya, namun bagi para fresh graduate atau yang pertama kali melamar pekerjaan, informasi tentang CV ini akan membantu karena dapat memberi gambaran riwayat hidup yang akan Anda cantumkan di dalamnya.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Staff Gudang (Warehouse Staff)

Seorang staff gudang adalah pegawai atau karyawan dalam suatu perusahaan yang tugas umumnya berkaitan dengan jasa penyediaan barang maupun logistik. Menjadi seorang staff gudang akan melakukan perawatan terhadap barang yang tersimpan di dalam gudang.

Biasanya, jabatan staff gudang ini juga menghadapi kendala terkait hal-hal yang akurasi pergerakan barang dan lamanya barang tersebut disimpan di dalam gudang. Menjadi staff gudang bukan hanya perlu ketelitian saja, tetapi perlu adanya kerjasama tim yang baik pula.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Staff Gudang (Warehouse Staff) antara lain sebagai berikut:

  • Mempersiapkan pesanan konsumen agar pengiriman barang dapat sesuai dengan schedule.
  • Menerima dan memproses stok gudang yang masuk. Meliputi sortir, bongkar muatan, pemberian label, serta penyimpanan produk.
  • Melakukan kontrol kualitas terhadap barang yang masuk, sedang disimpan, atau keluar dari gudang.
  • Menjaga penyimpanan barang tetap rapi, bersih, aman, serta optimalkan pemanfaatan ruang.
  • Membuat Log-book inventaris secara detail dan lengkap setiap harinya.
  • Melaporkan perbedaan catatan data dengan jumlah fisik barang apapun di gudang.
  • Bekerjasama dan berkomunikasi pada staf gudang  lainnya (rekan kerja) serta penyedia.
  • Menjalankan SOP (standard operating procedure) dan K3LH yang sudah ditetapkan perusahaan
  • Menjalankan standar layanan yang menjunjung tinggi kualitas, patuh pada regulasi, serta wajib menjalankan praktik keselamatan.

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Sebelum masuk ke contoh CV lamaran kerja sebaiknya kita pahami dulu pengertiannya. CV adalah singkatan dari Curriculum vitae atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan biodata/daftar riwayat hidup. Curriculum Vitae (CV) berisikan informasi detail mengenai data diri seseorang, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman bekerja. Sederhanya, CV merupakan daftar riwayat hidup yang berisikan informasi diri.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Bagian ini berisi hal menarik pada diri pencari kerja, saatnya untuk mempromosikan diri kepada recruiter perusahaan yang membuka lowongan. Cobalah tarik minat recruiter perusahaan tersebut dengan menerangkan keunggulan yang dimiliki secara ringkas dan menarik.

Dengan begitu recruiter mampu menggambarkan diri pelamar kerja dengan tepat, karena lebih tahu tentang diri pencari kerja. Tulislah sekitar tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian recruiter yang melakukan recruitment. Jika melakukan itu maka kesempatan diterima dalam proses recruitment tersebut lebih besar.

Riwayat Pendidikan

Di bagian ini, masukkanlah riwayat pendidikan formal yang pernah Anda tempuh. Namun, Anda hanya perlu memasukkan 2 pendidikan terakhir yang Anda tempuh ya. Karena biasanya, recruiter tidak perlu tahu sekolah asal TK atau SD Anda. Informasi penting untuk dimasukkan: Nama instansi pendidikan; Jurusan/bidang pendidikan; Tahun tempuh.

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Tulis juga keahlian tambahan yang dimiliki, sebagai bahan pertimbangan bagi rekruter yang melakukan rekrutmen. Keahlian tambahan yang sering dicari seperti bahasa asing dan keahlian komputer atau yang akan mendukung pekerjaan. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Staff Gudang (Warehouse Staff) Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Gudang (Warehouse Staff) untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup staff gudang (warehouse staff) untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Gudang (Warehouse Staff) untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup staff gudang (warehouse staff) yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Gudang (Warehouse Staff) tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup staff gudang (warehouse staff) tanpa pengalaman kerja

download

Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Gudang (Warehouse Staff) untuk Fresh Graduate yang baik dan benar. Dalam menulis CV hindari salah ketik atau typo, buat CV yang kreatif, tulis sesuatu yang valid (sesuai kenyataan), CV dibuat singkat, jelas dan informatif.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Gudang (Warehouse Staff) Untuk Fresh Graduate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel