Contoh Curriculum Vitae (CV) Quality Control (Fresh Graduate)

Salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mendampingi surat lamaran kerja quality control adalah curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup. Selain untuk keperluan melamar kerja, CV sebenarnya sering dibutuhkan dalam banyak keperluan lain seperti, sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa pendidikan, untuk banyak keperluan bisnis, sebagai syarat untuk keperluan ujian skripsi dan keperluan lainnya. Intinya CV berguna untuk memperkenalkan diri kita secara tidak langsung kepada pihak lain secara resmi.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Quality Control (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu item yang harus Anda persiapkan apabila hendak melamar pekerjaan. Agar lamaran Anda lebih dipertimbangkan, ada baiknya mempersiapkan CV yang lebih baik. Pada bahasan ini tanpakoma akan berbagi beberapa contoh curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup untuk quality control bagi Anda yang belum punya pengalaman kerja atau baru pertama kali melamar pekerjaan (fresh graduate). 

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control

Quality control adalah sebuah kata yang bisa diartikan dalam berbagai sudut pandang. Seperti pada sebuah kegiatan, bisa diartikan quality control adalah sebuah proses untuk menguji dan memastikan kualitas produk layak untuk diedarkan. Walaupun proses produksi sudah dijalankan sesuai standar operasional, namun banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas produk.

Agar produk bisa tetap diterima oleh customer, operator quality control harus senantiasa menyeleksi kualitas produk sebelum dipasarkan. Selain dari sudut pandang kegiatan quality control juga memiliki arti berbeda jika dilihat dari sudut pandang divisi perusahaan. Walaupun sebenarnya divisi quality control memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu menyeleksi kualitas produk. Divisi atau jabatan ini sangat berhubungan dengan berbagai kegiatan perusahaan seperti produksi maupun pemasaran produk. Sedangkan dari segi pengembangan teknologi quality control sangat berperan dalam uji coba software sebelum diterbitkan maupun di pasarkan.

Namun ada satu kesamaan, yaitu quality control adalah salah satu aspek penting yang harus dilalui perusahaan. Proses pengujian harus selalu dilalui oleh sebuah bisnis yang menjual produknya sendiri. Hal ini berkaitan langsung terhadap kredibilitas perusahaan, kepercayaan produk, dan kepuasan konsumen. Maka dari itu operator quality control memiliki wewenang untuk menggagalkan sebuah produk untuk dipasarkan jika kualitas produk dibawah standar.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Quality Control antara lain sebagai berikut:

  • Memantau dan menguji perkembangan semua produk yang diproduksi
  • Memverifikasi kualitas produk
  • Memonitor setiap proses yang terlibat dalam produksi
  • Memastikan kualitas barang produksi sesuai standar agar lulus pemeriksaan.
  • Merekomendasikan pengolahan ulang produk-produk berkualitas rendah.
  • Melakukan dokumentasi inspeksi dan tes yang dilakukan pada produk
  • Membuat Pembukuan Personal QC/QCA

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran diri Anda yang sesungguhnya. Dokumen ini berisikan informasi detail mengenai data diri, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja serta rincian riwayat hidup lainnya. CV merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan diri ke pihak recruiter sehingga perusahaan bisa mengetahui latar belakang pendidikan maupun pengalaman kerja Anda.

Itu sebabnya pada CV biasanya dicantumkan data diri Anda yang lengkap, mulai dari informasi pribadi, riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Melalui dokumen CV tersebut, pihak recruiter perusahaan bisa mengetahui pengalaman dan potensi seorang calon karyawan. Mereka bisa menilai apakah calon karyawan tersebut memenuhi kriteria karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Bisa dikatakan Curriculum Vitae memiliki peran yang penting terhadap diterima atau tidaknya Anda bekerja pada suatu perusahaan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Hal pertama yang harus ada dalam sebuah CV adalah Data Pribadi, yang terkait dengan identitas seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, email dan nomor telepon. Penggunaan data pribadi fungsinya untuk menjadi tanda pengenal sekaligus agar memudahkan proses recruitment berikutnya

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profil Anda yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Pengalaman Kerja

Selanjutnya, Anda bisa menuliskan pengalaman bekerja dimulai dari posisi yang baru-baru ini ditempati. Namun jika Anda adalah fresh graduate, Anda dapat mencantumkan pengalaman organisasi atau kegiatan kampus yang pernah diikuti.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Hal selanjutnya yang bisa ditulis di dalam CV adalah menambahkan keterampilan yang dimiliki. Misalnya saja kemampuan bahasa asing atau keterampilan komputer. Di bagian ini Anda bisa menjelaskan sejauh mana Anda menguasai bahasa asing tersebut atau aplikasi apa saja yang dikuasai serta sampai tahap apa Anda menguasainya.

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Quality Control Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Quality Control untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup quality control untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Quality Control untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup quality control yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Quality Control tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup quality control tanpa pengalaman kerja

download

Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Quality Control Fresh Graduate yang baik dan benar. Cari informasi tentang pekerjaan yang hendak Anda lamar. Informasi pekerjaan ini seperti jabatan, skill atau kemampuan yang dibutuhkan, minimal lulusan, batas usia maksimal dan lainnya.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Quality Control (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel