Contoh Curriculum Vitae (CV) Admin Penjualan (Admin Sales) Untuk Fresh Graduate

Pada saat Anda melamar sebuah pekerjaan selain surat lamaran kerja untuk admin penjualan (admin sales) untuk fresh graduate, salah satu dokumen yang wajib Anda buat adalah Curriculum Vitae (CV). Menjadi salah satu persyaratan dan tentunya membuat CV harus dibuat dengan baik dan semenarik mungkin, tujuannya agar pihak rekruter dapat tertarik dengan CV Anda sehingga memberikan peluang untuk dapat dihubungi oleh recruiter untuk ke tahap selanjutnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup admin penjualan (admin sales) Untuk Fresh Graduate

Nah untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau fresh graduate, kemungkinan belum mengerti dengan cara membuatnya. Nah pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup admin penjualan (admin sales) yang dapat Anda gunakan sebagai rujukan ketika melamar pekerjaan untuk admin penjualan (admin sales) di tempat Anda melamar pekerjaan.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Admin Penjualan (Admin Sales)

Berdasarkan pengertiannya, sales admin adalah suatu posisi di perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus semua penjualan serta memberikan dampak positif dengan klien secara administratif. Bahkan, seorang sales admin pun bisa ikut terjun langsung membantu para sales di lapangan supaya target penjualan tercapai atau terpenuhi dengan memanfaatkan informasi pelanggan.

Apabila ada yang bertanya apa itu sales admin dan apa bedanya dengan sales yang ada di lapangan maka bisa dikatakan, sales adalah orang yang turun langsung ke lapangan menghadapi pelanggan sedangkan sales admin adalah seseorang yang bekerja di belakang layar dan mendukung keberhasilan penjualan dengan berorientasi pada kualitas layanan yang diberikan pada pelanggan.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Admin Penjualan (Admin Sales) antara lain sebagai berikut:

  1. Memproses Surat Pesanan Dari Sales
  2. Mengatur Kebutuhan Tim Penjualan/Sales
  3. Membuat Laporan Daftar Pesanan Bermasalah
  4. Membuat dan Merubah Data Konsumen
  5. Menerbitkan Faktur dan Surat Rekap Barang
  6. Merubah harga
  7. Revisi Faktur

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup singkat yang berisi hal-hal penting untuk ditujukan pada perusahaan. Di dalamnya terdapat daftar penting seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, preferensi keahlian, prestasi, dan beberapa hal penting lainnya.

CV juga jadi salah satu aspek yang sangat dipertimbangkan perusahaan untuk menemukan karyawan sesuai dengan kebutuhan mereka. Pasalnya, para rekruter dan pengambil keputusan akan melihat pertama kali dari data administratif yang salah satunya berupa CV dari para pelamar.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Hal pertama yang  dicantumkan dalam CV adalah data pribadi. Hal-hal yang termuat dalam data pribadi pelamar antara lain; nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, nomor telepon, serta alamat email yang bisa dihubungi.Tujuannya adalah agar perusahaan yang merekrut bisa menghubungi Anda lewat telepon maupun email. Ada baiknya Anda menggunakan nama email yang simple dan formal misalnya nama Anda sendiri, hindari penggunaan alamat email dengan nama aneh sehingga sulit untuk dibaca.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak Admin Penjualan (Admin Sales) Fresh Graduate

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Sekarang kami akan memberi Anda beberapa tips jitu untuk meningkatkan kualitas deskripsi diri Anda. Pastikan Paragraf Anda Singkat, Padat, Jelas; Strukturkan Dengan Rapi; Sebutkan Diri Anda Dengan Jelas Dan Profesional; Tekankan Hal – Hal Penting. Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV.

Contoh Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil Admin Penjualan Fresh Graduate

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Administrasi Perkantoran dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka dengan administrasi dan tertarik dengan manajemen administrasi dan data. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Admin Penjualan (Admin Sales) Fresh Graduate

S1 Administrasi Perkantoran [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja/Organisasi/Seminar/Dll

Bagi yang mempunyai pengalaman kerja, maka isi juga pengalaman tersebut ke dalam CV.Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar. Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya. Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya. Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya. Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi (Admin Sales) Fresh Graduate

Anggota HMJ Administrasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar (Admin Sales) Fresh Graduate

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta

Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk

Menginput data peserta untuk dibuatkan sertifikat peserta

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok. Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum. Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Admin Penjualan (Admin Sales) Fresh Graduate

  • Microsoft Office (Word, Excel &  PPT)
  • Manajemen Waktu, Dokumen & Data
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Komunikasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Admin Penjualan (Admin Sales) Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Admin Penjualan (Admin Sales) untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup admin penjualan (admin sales) untuk fresh graduate

download


Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) Admin Penjualan/Admin Sales (Berpengalaman)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Admin Penjualan (Admin Sales)x untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

sales) yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca Juga:


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Admin Penjualan (Admin Sales) tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup admin penjualan (admin sales) tanpa pengalaman kerja

download


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Admin Penjualan (Admin Sales) Fresh Graduate yang baik dan benar. Terdapat banyak situs web yang menawarkan berbagai macam template CV Online yang luar biasa seperti di CV Menarik, Kickresume, dll. Mereka menawarkan template yang telah dirancang oleh desainer profesional. Ini membuat proses menulis CV menjadi lebih mudah dan cepat. Anda dapat menemukan template yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi situs web ini dan memilih template CV Online yang cocok untuk Anda.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Admin Penjualan (Admin Sales) Untuk Fresh Graduate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel