Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)

Bagian yang belum punya pengalaman sama sekali atau tidak terbiasa membuat CV kemungkinan besar akan mendapatkan kebingungan tentang hal-hal apa saja yang perlu dalam membuatnya dan bagaimana juga membuat sebuah CV yang baik, benar dan menarik. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, akan dibagikan contoh CV dengan berbagai kebutuhannya yang bisa dijadikan sebagai acuan atau rujukan saat Anda akan membuatnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae dan dokumen lainnya akan menjadi lampiran dalam membuat surat lamaran kerja staff administrasi kantor (fresh graduate). Membuat CV yang baik, informatif dan menarik ini tentunya akan membuat pihak pemberi kerja ingin tahu lebih jauh tentang Anda, dan bagaimana kinerja Anda dalam bekerja. Jadi, CV ini sangat berpengaruh pada diterima atau tidaknya Anda di suatu perusahaan yang Anda lamar.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Staff Administrasi Kantor

Pertama yang dimaksud dengan administrasi adalah orang-orang yang terlibat dalam menjalankan tugas yang diperlukan. Di samping pekerjaan administrasi adalah melakukan pengarsipan. Administrasi sendiri dapat juga berarti proses dimana organisasi, perusahaan atau perusahaan mengelola anggota staf dengan cara yang paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang ditetapkan untuk organisasi, perusahaan yang bersangkutan.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Staff Administrasi Kantor antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan tugas utama bagian staff administrasi / admin perkantoran
  2. Melakukan Input data ke system
  3. Membalas email keluar masuk
  4. Melakukan pengarsipan file
  5. Membuat laporan / pembukuan rutin
  6. Memberikan support ke bagian back office, front office dan operasional lapangan
  7. Membantu dan menunjang kinerja bagian keuangan

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae Berasal dari bahasa latin, CV diartikan sebagai “perjalanan hidup”. Oleh karena inilah isi dari CV harus rinci, agar pihak perusahaan dapat mendapatkan gambaran yang jelas mengenai identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman profesional dan juga akademis dari pelamar kerja.

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi informasi rinci mengenai kualifikasi dan daftar riwayat hidup dari seorang pelamar kerja. Informasi yang umumnya dicantumkan dalam CV adalah hal-hal seperti data pribadi, prestasi (baik akademik maupun profesional), latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri

deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profilmu yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Staff Administrasi Kantor Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Administrasi Perkantoran dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka dengan administrasi dan tertarik dengan manajemen administrasi dan komunikasi. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Staff Administrasi Kantor Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Administrasi Perkantoran [2017-2020]  

UNIVERSITAS BIMA SAKTI 

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA [2015-2017] 

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  1. Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  2. Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  3. Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  4. Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Administrasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

PENGALAMAN SEMINAR

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta, Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk, Menginput data peserta untuk dibuatkan sertifikat peserta.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

MAGANG MANDIRI  [Juni-Juli 2020 ]

  • Pespustakaan Daerah Kota Uranus
  • Melayani pengunjung dalam peminjaman dan pengambilan buku
  • Menginput data anggota baru
  • Menyimpan buku ke rak buku berdasarkan kategori buku

Kemampuan, SKill Atau Keterampilan

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)

  • Microsoft Office Word 
  • Microsoft Office Excel
  • Microsoft Office  PPT
  • Bahasa Inggris
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Dokumen
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Komunikasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Staff Administrasi Kantor Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga dipojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Administrasi Kantor untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup staff administrasi kantor untuk fresh graduate

download


Baca juga: 

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Administrasi Kantor untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup staff administrasi kantor yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Administrasi Kantor tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup staff administrasi kantor tanpa pengalaman kerja

download


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Administrasi Kantor Fresh Graduate yang baik dan benar. Beberapa kualifikasi umum untuk posisi ini seperti jenis kelamin Pria atau Wanita; Minimal SMA/SMK-S1 (Jurusan Administrasi Disukai); Usia Maksimal 32 tahun; Memiliki Pengalaman dibidang Admin 1 Tahun; Fresh Graduate Boleh mencoba; Mampu mengoperasikan komputer minimal Ms. Office dan Internet (terbiasa menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel); Terbiasa menggunakan program (menginput, mengecek dan mencetak melalui sistem). Anda coba kunjungi situs Zety yang menyediakan berbagai template CV.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel