Contoh Curriculum Vitae (CV) Sekretaris (Fresh Graduate)

Pada saat membuat surat lamaran kerja sekretaris (fresh graduate), Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen lampiran yang mesti dipenuhi. Anda harus menyertakan CV terbaik saat melamar pekerjaan. Hal ini bertujuan agar rekruter dapat menjadi salah satu penilaian apakah Anda dapat maju ke tahap selanjutnya. 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sekretaris (Fresh Graduate)

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa Curriculum Vitae menjadi rekam jejak perjalanan hidup seseorang hingga saat ini. Untuk itu, tanpakoma akan berbagi contoh curriculum vitae atau daftar riwayat hidup sekretaris bagi Anda yang fresh graduate atau yang belum punya pengalaman kerja sama sekali.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris

Sekretaris merupakan salah satu jenis profesi yang bisa Anda geluti di masa depan. Sekretaris merupakan seseorang yang bisa dan mampu untuk menyimpan rahasia pimpinan atau perusahaan dalam arti tidak harus atau perlu diketahui oleh orang atau pegawai lainnya. Karena tugas dari sekretaris tidak lepas pada kerahasian dalam suatu perusahaan, sebab kebijakan awal yang akan dikeluarkan dari pimpinan atau perusahaan sedikit banyak akan diketahui oleh sekretaris. Dimana pada dasarnya tugas dari sekretaris yaitu membantu pimpinan dalam meringankan berbagai tugasnya.

Pekerjaan ini juga berhubungan dengan kegiatan catat-mencatat dan surat-menyurat. Namun, khususnya di perusahaan, tugas dan tanggung jawabnya tidak hanya berputar di situ. Mereka berperan juga dalam menjaga kelancaran operasional bisnis. Tanpa sekretaris, fungsi administrasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Sekretaris antara lain sebagai berikut:

  1. Mengelola surat/dokumen yang ditujukan kepada direksi/membutuhkan persetujuan direksi serta melakukan pengarsipan terhadap surat/dokumen tersebut.
  2. Memenuhi kebutuhan/kelengkapan administrasi yang berhubungan dengan direksi.
  3. Membantu direksi dalam mengagendakan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh direksi.
  4. Mempersiapkan/memfasilitasi kegiatan-kegiatan direksi dengan melakukan koordinasi dengan unit/pihak yang bersangkutan
  5. Memberikan informasi-informasi yang ditujukan kepada direksi.
  6. Menerima tamu/pihak yang akan bertemu dengan direksi
  7. Memfasilitasi komunikasi antara direksi dengan unit-unit/karyawan yang ada di perusahaan maupun pihak eksternal perusahaan seperti pembuatan surat, memo, dan lain-lain.

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Pengertian curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam curriculum vitae atau CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya. Maka dari itu, CV menjadi salah satu hal penting yang harus anda persiapkan. Disinilah perusahaan akan mengevaluasi anda, perusahaan akan mengenali dan menilai diri anda dari CV yang anda buat.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri ini umumnya singkat, paling tidak berisi satu paragraf saja yang mencangkup keseluruhan isi CV Anda. Apabila Anda bisa menulis deskripsi diri dengan baik, maka deskripsi diri tersebut bisa menambah branding diri Anda dan kesempatan CV Anda dilirik HRD sangat tinggi.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Sekretaris Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Administrasi Perkantoran dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka dengan administrasi dan tertarik dengan manajemen administrasi dan komunikasi. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Sekretaris Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Administrasi Perkantoran [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Administrasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar/Pelatihan Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta, Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk, Menginput data peserta untuk dibuatkan sertifikat peserta.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

MAGANG MANDIRI  [Juni-Juli 2020 ]

Pespustakaan Daerah Kota Uranus

  • Melayani pengunjung dalam peminjaman dan pengambilan buku
  • Menginput data anggota baru
  • Menyimpan buku ke rak buku berdasarkan kategori buku

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Sekretaris (Fresh Graduate)

  • Microsoft Office Word 
  • Microsoft Office Excel
  • Microsoft Office  PPT
  • Bahasa Inggris
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Dokumen
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Komunikasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Sekretaris Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga dipojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sekretaris untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup sekretaris untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sekretaris untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup sekretaris yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga: 

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sekretaris tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup sekretaris tanpa pengalaman kerja

download

 Baca Juga:


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Sekretaris Fresh Graduate yang baik dan benar. Pada umumnya kualifikasi untuk posisi ini seperti pelamar berjenis kelamin wanita, usia maksimal 25 tahun, Pendidikan minimal D3, Mahir dalam bahasa inggris (membaca, berbicara, dan mendengarkan), Menguasai Microsoft Office, surat menyurat, dan filling, Komunikatif, energik, dan Dapat bekerja Individu maupun Tim. Kunjungi website penyedia template seperti Canva yang menyediakan berbagai template CV.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Sekretaris (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel