Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)

Staff administrasi kantor banyak dibutuhkan di perusahaan, kampus, organisasi, lembaga, instansi dan tempat kerja lainnya. Keberadaan dibutuhkan karena sebagai pekerjaan dalam menjalankan kegiatan operasional yang bersifat administratif seperti surat menyurat, pengarsipan, penyusunan dan input data, pembukuan dan hal-hal lainnya. Pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk staff administrasi kantor bagi fresh graudate atau yang baru menyelesaikan masa studinya dan langsung melamar pekerjaan atau yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Nantinya fresh graduate ini akan bersaing dengan yang lain baik itu sesama fresh graduate maupun experienced (yang sudah punya pengalaman kerja) dalam mendapatkan pekerjaan.

Contoh Application Letter Untuk Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk staff administrasi kantor seperti melakukan sistem pengarsipan yang teratur dan tersusun rapi, membuat agenda kantor dan menyusun dengan rapi, mendukung atau membantu pekerjaan operasional terhadap front office dan back office, membantu kegiatan menyediakan peralatan alat operasional kantor, melakukan penginputan data dan pengentrian data (data entry), melakukan kegiatan surat menyurat, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan tugas dan tanggung jawab lainnya.

Untuk menjadi seorang staff administrasi yang profesional dan bertanggung jawab, kalian perlu belajar merancang skala prioritas, belajar memanejemen atau mengatur waktu dengan baik, peka atau responsif, komunikatif dan mampu berkoordinasi, ketelitian dan kedisiplinan dalam bekerja, mampu menahan/mengontrol emosi dengan baik, bersifat profesional, dan beberapa sifat lainnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)

Surat lamaran kerja biasanya ditulis berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang disampaikan oleh sebuah instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi tertentu melalui pengumuman atau pemberitahuan. Pengumuman atau pemberitahuan lowongan pekerjaan biasanya disampaikan berbagai sumber/media seperti media sosial, website, job fair dan sumber/media lainnya. Surat lamaran juga dapat ditulis berdasarkan atas kemauan atau inisiatif sendiri pelamar.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Media Sosial

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja untuk staff administrasi kantor (fresh graduate) yang disusun dan dibuat berdasarkan atas informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui media sosial speerti dari facebook, instagram, pinterest atau twitter.

Contoh Application Letter Untuk Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial


Serang, 05 Maret 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD PT. Aplikasi Evolusi Indonesia
Jl. Cipocok Jaya No. 81
Serang


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
No. Telepon (HP)         : .....
Email         : .....

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media sosial facebook group Info Loker Serang & Sekitarnya pada tanggal 07 Maret 2021 perihal kesempatan berkarir sebagai tenaga Staff Administrasi Kantor di PT. Aplikasi Evolusi Indonesia, maka dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran kerja untuk menempati posisi tersebut.

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, saya dapat berkomunikasi dengan baik, saya dapat mengoperasikan komputer dan dapat menjalan software komputer dengan baik. Saya orang yang termasuk rapi dan teliti ketika melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Saya siap bekerja secara team maupun individu.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan :
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Fotokopi Kartu Kuning
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Fotokopi Sertifikat
  9. Pasfoto Terbaru Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan memanggil saya untuk tes maupun wawancara agar Bapak/Ibu lebih dapat mengetahui skill dan keahlian yang saya miliki secara langsung. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Kalian juga dapat mengunjungi situs resmi perusahaan atau badan usaha dan mengecek apa ada lowongan pekerjaan yang terbuka. Atau kalian juga dapat membuka atau mengunjungi situs/website kumpulan lowongan pekerjaan seperti glints, karir, urbanhire, kalibrr, jobstreet atau linkedin. Jadikan sebagai dasar dalam penyusunan surat lamaran kerja.


Sumba Timur, 12 Juli 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
c.q. HRD PT Eloka Buana Abadi
Jl. Kadahang No. 63
Sumba Timur


Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan melalui website glints (https://glints.com/id) tertanggal 10 Juli 2021 bahwa PT Eloka Buana Abadi sedang membuka lowongan pekerjaan. Sehubungan dengan hal itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada PT Eloka Buana Abadi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Staff Administrasi Kantor.

Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan beberapa dokumen diantaranya:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi Kartu Pencari Kerja
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  8. Pasfoto Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan saya buat besar harapan saya untuk bisa diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:

Dari Seseorang

Apabila kalian mempunyai kerabat, teman atau relasi yang sudah bekerja, ada baiknya kalian bertanya apakah ada lowongan pekerjaan di tempatnya bekerja. Apabila ada, maka kalian dapat melamar pekerjaan dan membuat surat lamaran kerja ke tersebut tersebut dengan memasukkan info yang kalian dapat dari seseorang tersebut kedalam surat lamaran kerja yang kalian buat.


Sawahlunto, 15 Agustus 2021
Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas
 
Kepada Yth. 
Bapak/Ibu Pimpinan
u.p. HRD Manager CV. Cahaya Duabelas Semesta
Jl. Kubang Utara Sikabu No. 59
Sawahlunto


Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan dari Bapak Suharto Andoko, salah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, memberikan informasi kepada saya mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan guna menempati posisi Staff Administrasi Kantor. Maka dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan CV. Cahaya Duabelas Semesta yang Bapak/Ibu Pimpin sebagai Staff Administrasi Kantor.

Berikut data diri singkat saya:

Nama         : .....
Tempat dan Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....

Sebagai pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas antara lain sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi SKHUN
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Sehat
  8. Pasfoto Ukuran 4x6 (3 Lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya memiliki harapan besar agar diterima dan bergabung dengan CV. Cahaya Duabelas Semesta. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca juga:

Media Cetak

Adapun salah satu media penyebarannya informasi lowongan pekerjaan yaitu melalui media cetak seperti surat kabar, baliho, brosur, pamflet, surat langsung, billboard dan lainnya. Berikut contoh application letter untuk staff administrasi kantor (fresh graduate) yang disusun berdasarkan informasi lowongan kerja dari media cetak.

Contoh Application Letter Untuk Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak


Tapin, 22 Februari 2021
Kepada Yth.
Pimpinan Aneka Warna Inovasi Group
Jl. Pabaungan Hilir No. 232
Tapin


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh di surat kabar harian Kompas bahwa Aneka Warna Inovasi Group tertanggal 20 Februari membutuhkan tenaga kerja sebagai Staff Administrasi Kantor.

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi tersebut. Bersama ini saya lampirkan dokumen-dokumen pribadi diantaranya:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Surat Keterangan Lulus
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Fotokopi Sertifikat
  9. Pasfoto Terbaru ukuran 4x6 (4 Lembar)

Demikian surat pengajuan lamaran pekerjaan saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Ada juga kegiatan yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah ataupun swasta yang biasa disebut dengan kegiatan job fair atau bursa kerja. Kegiatan ini sebagai wadah bertemunya antara pihak yang sedang mencari kerja dengan pihak yang membuka lowongan pekerjaan. Kalian dapat menggunakan kegiatan job fair ini sebagai dasar dalam penulisan application letter. Berikut contoh application letter atau surat lamaran pekerjaannya.


Seram Bagian Barat, 27 Oktober 2021
Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas
 
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
u.p. HRD PT Inforama Komunikasi
Jl. Hualoy No. 354
Seram Bagian Barat


Dengan hormat,
Terkait dengan info lowongan pekerjaan yang saya terima melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan Disnaker Kota Kediri di Convention Hall Seram pada tanggal 25-27 Oktober 2021 bahwa perusahaan Bapak/Ibu saat ini memerlukan karyawan tambahan sebagai Staff Administrasi Kantor. Untuk itu saya bermaksud melamar pekerjaan dan bersedia untuk bergabung menjadi Staff Administrasi Kantor di PT Inforama Komunikasi yang Bapak/Ibu pimpin tersebut.

Adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Untuk melengkapi persyaratan administrasi dan juga sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan beberapa dokumen diantaranya:
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu Kuning
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  8. Pasfoto Ukuran 4×6 Terbaru

Bersamaan dengan surat lamaran pekerjaan diatas saya berharap Bapak/Ibu bisa meluangkan sedikit waktunya untuk melakukan tes atau wawancara supaya saya bisa menjelaskan hal lain tentang potensi yang saya miliki secara lebih rinci.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Surat lamaran pekerjaan juga dapat disusun berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. Contoh surat lamaran pekerjaan ini hampir sama dengan contoh surat lamaran pekerjaan yang didapatkan dari berbagai sumber/media tetapi sumber/media tersebut tidak dicantumkan dalam penulisan surat lamaran kerja tersebut.


Parigi Moutong, 29 September 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Musashi Plasindo Sanjaya
Jl. Balinggi No. 43
Parigi Moutong


Dengan hormat,
Bersama dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT. Musashi Plasindo Sanjaya untuk posisi sebagai Staff Administrasi Kantor.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat Tanggal Lahir : .....
Umur         : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan         : .....
No. Telepon         : .....
Email         : .....
Alamat         : .....

Untuk mendukung kualifikasi yang saya miliki dan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya juga lampirkan berkas-berkas antara lain sebagai berikut:
  1. Pasfoto Ukuran 4×6 Terbaru (3 Lembar) 
  2. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
  3. Fotokopi Ijazah SMK dilegalisir
  4. Fotokopi Transkrip Nilai dilegalisir
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  6. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  7. Fotokopi Kartu Kuning
  8. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dilegalisir
  9. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat bergabung menjadi bagian dari PT. Musashi Plasindo Sanjaya. Atas Perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Staff Administrasi Kantor (fresh graduate) yang baik dan benar.  Semoga kalian dapat diterima bekerja di tempat kerja yang kamu inginkan dan menjadi seorang staff administrasi kantor yang sukses.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Administrasi Kantor (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel