Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Admin Back Office (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae biasa dikenal dengan daftar riwayat hidup. Setiap orang sebenarnya sudah memiliki CV, namun banyak di antara mereka yang tidak menuangkannya di dalam tulisan. CV sangatlah penting dalam kehidupan. CV tidak hanya dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan. Ia juga bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa, pelatihan, dan lain sebagainya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Staff Admin Back Office (Fresh Graduate)

Biasanya setelah Curriculum Vitae diterima, pelamar akan mengikuti tahap selanjutnya yakni tes tertulis maupun interview. Jadi peran CV sangat penting sehingga CV harus dibuat dengan baik dan benar. Dokumen ini menjadi syarat yang harus dilengkapi, khususnya ketika melamar pekerjaan di perusahaan besar. Sehingga pihak perusahaan dapat mempertimbangkan berbagai aspek mengenai diri Anda. Surat lamaran kerja staff admin back office untuk fresh graduate, CV, Fotokopi KTP dan dokumen pendukung lainnya wajib dilengkapi pada saat melamar pekerjaan.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Staff Admin Back Office

Pengertian Back Office Menurut Para Ahli:

  • Back office adalah departemen atau divisi yang mempunyai tugas memproses berbagai hal mengenai transaksi keuangan di luar departemen dealing room. Umumnya meliputi departemen settlement, accounting, dan finance.
  • Back office adalah departemen yang memproses segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksi keuangan yang terjadi di luar dealing room.
  • Menurut Leksikon Bank Indonesia, back office adalah satuan kerja pada Treasury Department suatu bank yang melaksanakan fungsi pengendalian untuk pelaksanaan manajemen risiko pasar (Market Risk). Back Office sendiri terpisah dari Dealing Room dan harus adanya pemisahan tugas (segregation of duty) antara kegiatan yang dilakukan staff The Dealing Room dangan Staff Back Office.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Staff Admin Back Office antara lain sebagai berikut:

  1. Menerima data Laporan Administrasi bagian office
  2. Mengontroll database yang Masuk keperusahaan dengan baik
  3. Memberikan Informasi yang berkaitan Administrasi
  4. Membuat Laporan Bulanan Administrasi dengan baik dan rapi

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang mendeskripsikan secara kronologis mengenai data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan juga keterampilan atau skill. Umumnya berisi rangkuman mengenai data diri, pengalaman kerja, pendidikan, kemampuan hingga prestasi. Curriculum Vitae diperlukan sebagai informasi yang digunakan oleh pemilik pekerjaan untuk dapat menilai apakah pelamar masuk dalam kriteria untuk mengikuti proses selanjutnya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Data pribadi adalah data pertama yang harus dicantumkan dalam CV pencari kerja. Sebuah data yang menerangkan informasi-informasi diri pencari kerja, yang kedepannya dibutuhkan oleh HRD perusahaan yang menerima. Data pribadi berisi nama lengkap, tanggal lahir, usia, alamat nomor telepon dan nama email.

Sekedar saran untuk alamat email sebaiknya buatlah yang simple dan jelas menggunakan nama sendiri. Alamat email sebaiknya tidak dibuat dengan nama-nama aneh yang sulit dibaca dan sedikit berlebihan. Ini akan menimbulkan penilaian tersendiri oleh HRD juga akan memperbesar resiko HRD salah alamat saat mengirimkan email.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri atau tulisan ‘tentang saya’ merupakan salah satu bagian dalam CV kandidat yang menjelaskan tentang latar belakang, pengalaman, dan skills para kandidat dalam satu paragraf yang singkat dan padat. Biasanya deskripsi diri ini terdiri dari empat sampai lima kalimat. Dari deskripsi diri yang singkat ini, perusahaan akan menyaring kandidat yang sesuai dengan kriteria yang dicari. Singkatnya, bagian ini bisa dibilang sama saja dengan bagaimana Anda mendeskripsikan poin-poin penting CV dalam satu paragraf.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Staff Admin Back Office Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Administrasi Perkantoran dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka dengan administrasi dan tertarik dengan manajemen administrasi dan komunikasi. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. Jika pendidikan terakhir Anda adalah S1, maka tulis informasi itu di urutan paling atas. Jangan lupa pula untuk mencantumkan tahun masuk dan tahun lulus pada setiap jenjang pendidikan. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Staff Admin Back Office Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Administrasi Perkantoran [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Informasi mengenai riwayat pekerjaan juga menjadi point penting dari sebuah CV. Dari informasi riwayat pekerjaan tersebut, HRD bisa menilai pengalaman calon karyawan. Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Administrasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar/Pelatihan Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta, Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk, Menginput data peserta untuk dibuatkan sertifikat peserta.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

MAGANG MANDIRI  [Juni-Juli 2020 ]

Pespustakaan Daerah Kota Uranus

  • Melayani pengunjung dalam peminjaman dan pengambilan buku
  • Menginput data anggota baru
  • Menyimpan buku ke rak buku berdasarkan kategori buku

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Setelah mencantumkan riwayat pendidikan, Anda perlu menambah representasi “nilai tawar” dengan beberapa keahlian yang Anda miliki. Keahlian ini dapat berupa hal-hal umum seperti penguasaan komputer, bahasa, atau perangkat lunak yang mungkin relevan dengan pekerjaan Anda kelak. Untuk meyakinkan pihak perekrut, Anda juga dapat menyertakan sertifikat resmi atau pelatihan terkait keahlian-keahlian Anda tadi seperti sertifikat bahasa atau kursus komputer. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Staff Admin Back Office (Fresh Graduate)

  • Microsoft Office Word 
  • Microsoft Office Excel
  • Microsoft Office  PPT
  • Bahasa Inggris
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Dokumen
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Komunikasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Staff Admin Back Office Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Admin Back Office untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup staff admin back office untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Admin Back Office untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup staff admin back office yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Staff Admin Back Office tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup staff admin back office tanpa pengalaman kerja

download

Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Admin Back Office Fresh Graduate yang baik dan benar. Cek kembali CV and. Setelah berhasil membuat CV lamaran kerja, ada satu proses lagi yang harus anda lakukan yaitu menganalisa CV. Cek kembali CV lamaran kerja anda, apakah menurut anda CV yang telah dibuat apakah sudah baik dan benar serta apakah mampu untuk menarik pihak perusahaan, atau malah sebaliknya. Posisikan diri anda sebagai HRD yang akan memeriksa CV setiap calon karyawan, apakah menurut anda CV yang telah dibuat menarik untuk dibaca dan berisi dengan informasi yang lengkap. Sehingga nanti Anda yakin dan optimis untuk rekruter menganalisisnya dan Anda diberikan kesempatan ke proses selanjutnya.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Staff Admin Back Office (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel