Contoh Curriculum Vitae (CV) Receptionist (Fresh Graduate)

Dengan menulis Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae yang tepat maka merupakan salah satu poin positif yang bisa mengantarkan seseorang pencari kerja untuk dapat diterima di perusahaan tempat dia melamar pekerjaan. Oleh karena itu di bawah ini akan di tampilkan contoh curriculum vitae (CV) receptionist atau resepsionis untuk fresh graduate yang baik dan benar.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Receptionist (Fresh Graduate)

CV atau biasa dikenal juga dengan sebutan riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang menjelaskan diri secara terperinci. Umumnya, CV berisi informasi diri seperti pengalaman bekerja, pendidikan, kualifikasi, prestasi, dan hal-hal lainnya yang berikan dengan pekerjaan yang hendak dilamar. Selain harus disusun dengan rapi, CV juga harus dibuat semenarik mungkin agar peluang diterima semakin besar. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja receptionist untuk fresh graduate.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Receptionist

Resepsionis adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu di suatu perusahaan, kantor, hotel. Area kerja Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) adalah front desk atau meja depan. Ringkasan pekerjaan Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) : menangani registrasi tamu, memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani check-out tamu beserta pembayarannya. Atasan langsung Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) : FO Supervisor.

Jika Anda menyukai pekerjaan dengan penampilan rapi dan menarik, bisa mendaftarkan diri sebagai receptionist di sebuah perusahaan. Seorang  reception  akan  memberikan  sambutan hangat kepada para tamu dengan memberikan salam, ucapan selamat  datang  dan  menawarkan  bantuan  dengan senyum  yang  ramah.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Receptionist antara lain sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi kepada pengunjung, mencatat semua data para tamu yang keluar maupun yang akan masuk.
  2. Menerima panggilan yang masuk kemudian menghubungkan kepada pihak yang dituju.
  3. Menghubungkan telepon kepada nomor yang dituju atas permintan beberapa pihak.
  4. Mendata dan melaporkan semua kegiatan secara periodik.
  5. Menerima dan menyambut tamu dengan sikap yang baik, ramah dan profesional dalam bertugas.
  6. Mencatat setiap nomor panggilan yang masuk dan keluar dalam log book.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri & Informasi Kontak

Basic information. Bagian ini berisi info dasar tentang diri, seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan nomor telepon. Ada beberapa info yang bersifat opsional, seperti alamat rumah, akun media sosial, dan foto. Bisa juga masukin akun media sosial buat personal branding, begitu pula dengan foto. Tapi, penggunaan foto tergantung pada pekerjaan yang dilamar. Ada pekerjaan yang menilai dari penampilan tapi ada juga yang tidak menilai adanya foto.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Ada kalanya, seorang HRD tidak membaca secara detail CV Curriculum Vitae yang ditulis oleh pelamar, apalagi berkas pelamar yang menumpuk dikarenakan banyaknya pelamar. Oleh karena itu, membuat profil pribadi yang menarik tentang latar belakang dan kemampuan pelamar akan membuat pihak HRD tertarik apakah calon pelamar tersebut sesuai dengan kriteria calon karyawan yang diinginkan oleh perusahaan.

Dalam penulisan Profil singkat atau Tentang saya, pelamar kerja harus pandai mendeskripsikan diri mereka sesingkat mungkin, namun dapat menggambarkan diri mereka dengan kepribadian yang paling dekat atau sesuai dengan pekerjaan yang sedang perusahaan butuhkan.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Receptionist Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Administrasi Perkantoran dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka dengan administrasi dan tertarik dengan manajemen administrasi dan komunikasi. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Selain pendidikan formal di atas, juga dipersilakan menuliskan riwayat pendidikan informal yang pernah diikuti. Pendidikan informal terutama yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, sehingga mendukung keputusan recruiter menerima pencari kerja.

Contoh Riwayat Pendidikan Receptionist Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Administrasi Perkantoran [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Receptionist Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Administrasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar/Pelatihan Receptionist Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta, Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk, Menginput data peserta untuk dibuatkan sertifikat peserta

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Receptionist Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

MAGANG MANDIRI  [Juni-Juli 2020 ]

Pespustakaan Daerah Kota Uranus

  • Melayani pengunjung dalam peminjaman dan pengambilan buku
  • Menginput data anggota baru
  • Menyimpan buku ke rak buku berdasarkan kategori buku

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keahlian tambahan dapat diisi keterampilan yang dimiliki. Seperti penguasaan bahasa asing atau keterampilan komputer. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Receptionist (Fresh Graduate)

  • Microsoft Office Word 
  • Microsoft Office Excel
  • Microsoft Office  PPT
  • Bahasa Inggris
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Dokumen
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Komunikasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Receptionist Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga dipojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit. filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Receptionist untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup receptionist untuk fresh graduate

download


Baca juga: Contoh CV Receptionist Lulusan SMA/SMK (Fresh Graduate)

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Receptionist untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup receptionist yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download

Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae Resepsionis Berpengalaman

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Receptionist tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup receptionist tanpa pengalaman kerja

download

Baca Juga:


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Receptionist Fresh Graduate yang baik dan benar. Sebelum anda membuat CV yang menarik, cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai lowongan kerja yang akan anda melamar secara rinci dan mendetail, pastikan jenis pekerjaan yang anda lihat sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan diri. Pelajari dan catat informasi bermanfaat yang berkaitan dengan persyaratan kerja, kualifikasi, skil atau kemampuan yang diinginkan oleh perusahaan, dan jangan lupa informasi mengenai batas usia yang diperbolehkan untuk mendaftar pekerjaan. Selain mencari informasi mengenai jenis pekerjaan yang akan dilamar anda juga harus mencari informasi mengenai perusahaan yang akan dilamar nantinya. Anda dapat mengunjungi website penyedia template CV seperti cvmaker untuk mendapatkan berbagai macam template.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Receptionist (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel