Contoh Curriculum Vitae (CV) Personal Assistant (Asisten Pribadi) Untuk Fresh Graduate

Ketika melamar pekerjaan, Anda pasti akan membuat CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup untuk diserahkan kepada perusahaan yang dituju. Selain surat lamaran kerja personal assistant dalam Bahasa Indonesia untuk fresh graduate, CV dan berkas-berkas pendukung lainnya akan menjadi dokumen-dokumen yang nantinya akan dinilai oleh recruiter. Untuk Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau fresh graduate, disini tanpakoma akan berbagi contoh curriculum vitae (CV) personal assistant atau asisten pribadi yang dapat jadi bahan referensi ketika Anda membuat CV ini.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Personal Assistant (Asisten Pribadi) Untuk Fresh Graduate

Secara sederhana, CV merupakan uraian singkat tentang diri seseorang beserta pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan. CV berperan sangat penting karena setelah surat lamaran, hal yang akan dilihat oleh perusahaan adalah CV. Suatu perusahaan akan menilai kemampuan kandidat berdasarkan CV yang dibuat. Nantinya, CV tersebut akan disesuaikan lagi dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan. Karena itu, sebaiknya isi CV masih berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Personal Assistant

Personal assistant merupakan sosok yang bertugas membantu pekerjaan personal maupun profesional orang yang merekrutnya. Posisi ini dapat dipekerjakan oleh eksekutif bisnis atau perusahaan, maupun individu dan keluarga. Personal assistant adalah individu yang bertugas menjadi tangan kanan dari seorang dengan jabatan tinggi dan orang penting lainnya.

Personal assistant memiliki tugas utama membantu individu tersebut menjalankan peran dan tugasnya. Seringkali, pekerjaan ini disamakan dengan sekretaris. Pada kenyataannya, personal assistant hanya bekerja untuk satu individu. Berbeda dengan sekretaris yang dapat bekerja untuk satu tim atau departemen.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Personal Assistant antara lain sebagai berikut:

  1. Menjadi perantara komunikasi antara pihak eksternal dan direktur.
  2. Melakukan koordinasi dengan pihak pabrik.
  3. Membantu Direktur dalam menjalankan tugas sehari-hari baik rutinitas maupun tugas khusus
  4. Melakukan tugas sebagai Asisten Pribadi, mendistribusikan informasi, surat, dan email
  5. Mendukung dan mengkonfirmasikan jadwal, penunjukan, pertemuan, dan kegiatan Direktur dengan pihak terkait

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri & Informasi Kontak

Hal yang harus ada adalah informasi pribadi, perekrut harus mengetahui siapa yang melamar. Sebaiknya pada bagian ini Anda isi dengan seakurat dan sejujur mungkin. Isilah nama lengkap, jenis kelamin, alamat dan biodata lainnya. Jangan lupa menuliskan nomor telepon atau email karena dari sanalah Anda akan dihubungi.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profilmu yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi. Cobalah untuk membuat deskripsi diri yang memiliki sentuhan pribadi agar menunjukan keunikan diri Anda sebagai seorang kandidat.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Personal Assistant Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Administrasi Perkantoran dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka dengan administrasi dan tertarik dengan manajemen administrasi dan komunikasi. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Personal Assistant Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Administrasi Perkantoran [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Di dalam CV, Anda memang diharuskan menuliskan pengalaman yang Anda miliki. Beberapa pengalaman tersebut adalah sebagai berikut: Pengalaman kerja, Pengalaman pelatihan kerja, Pengalaman magang, Pengalaman organisasi, Pengalaman seminar. Ketika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskan empat pengalaman lain yang Anda miliki sesuai dengan urutan di atas. Tetapi jika Anda memang belum memiliki pengalaman apapun, Anda bisa mulai dari sekarang untuk mengikuti berbagai pelatihan kerja, bergabung di organisasi, maupun mengikuti seminar yang relevan dengan bidang Anda.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Administrasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar/Pelatihan Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta, Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk, Menginput data peserta untuk dibuatkan sertifikat peserta

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

MAGANG MANDIRI  [Juni-Juli 2020 ]

Pespustakaan Daerah Kota Uranus

  • Melayani pengunjung dalam peminjaman dan pengambilan buku
  • Menginput data anggota baru
  • Menyimpan buku ke rak buku berdasarkan kategori buku

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Personal Assistant (Fresh Graduate)

  • Microsoft Office Word 
  • Microsoft Office Excel
  • Microsoft Office  PPT
  • Bahasa Inggris
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Dokumen
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Komunikasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Personal Assistant atau Asisten Pribadi Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga dipojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Personal Assistant atau Asisten Pribadi untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup personal assistant (asisten pribadi) untuk fresh graduate

download


Baca juga: 

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Personal Assistant atau Asisten Pribadi untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup personal assistant (asisten pribadi) yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca Juga:

  1. Contoh Surat Lamaran Kerja Personal Assistant Fresh Graduate Dalam Bahasa Inggris
  2. Contoh Surat Lamaran Kerja Personal Assistant Yang Sudah Berpengalaman Dalam Bahasa Indonesia

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Personal Assistant atau Asisten Pribadi tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup personal assistant (asisten pribadi) tanpa pengalaman kerja

download


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Personal Assistant atau Asisten Pribadi untuk Fresh Graduate yang baik dan benar. Untuk posisi ini Anda perlu memiliki kemampuan komunikasi dan koordinasi yang baik; bisa mengoperasikan Ms Office ( Words, Excel, Outlook, etc); bersedia bekerja dibawah tekanan; bersedia mengurus kebutuhan pribadi Pimpinan; bertanggung jawab, loyal, jujur, dan cekatan; bisa berbahasa Inggris. Beberapa website yang menyediakan desain template untuk CV salah satunya Zety. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Personal Assistant (Asisten Pribadi) Untuk Fresh Graduate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel