Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Admin Sales (Fresh Graduate)

Langkah awal untuk seorang fresh graduate atau yang baru pertama kali melamar pekerjaan adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan oleh perusahaan seperti surat lamaran kerja, currculum vitae dan beberapa dokumen lainnya. Nah disini tanpakoma akan berbagi beberapa contoh surat lamaran kerja untuk Admin Sales yang nantinya dapat kalian gunakan pada saat melamar pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Admin Sales (fresh graduate)

Surat lamaran kerja untuk admin sales merupakan surat lamaran kerja untuk kategori penjualan dan retail. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi yang pernah ditulis oleh seorang pribadi, ditujukan untuk mendapatkan suatu pekerjaan tertentu. kualifiksi yang dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan yaitu jasa yang dapat diberikan, pendidikan, pengalaman, kecakapan, atau keterampilan.

Surat lamaran kerja merupakan surat pribadi yang besifat resmi sehingga perlu menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Selain itu perlu memperhatikan unsur-unsur yang ada dalam penulisan surat lamaran pekerjaan.

Unsur-Unsur Surat Lamaran Pekerjaan

Adapun unsur yang harus tercantum dalam sebuah surat lamaran kerja sebagai berikut.

  1. Tempat dan Tanggal Surat: Pada sebuah surat lamaran pekerjaan perlu ditulis tempat, tanggal, bulan, tahun penulisan surat karena surat lamaran tidak mencantumkan kepala surat. Tempat dan tanggal surat lamaran biasanya di tulis di sebelah kanan atas.
  2. Hal atau Perihal: Bagian ini menunjukkan isi atau inti surat secara singkat. Dengan mencantumkan hal atau perihal, secara cepat dapat diketahui masalah yang dituliskan dalam surat. Hal atau perihal ditulis disebelah kanan atas.
  3. Lampiran: Melampirkan berarti menyertakan sesuatu dengan yang lain. Jika bersama surat yang dikirimkan itu disertakan surat-surat lain, maka cantumkan banyaknya pada bagian lampiran. Lampiran ditulis di sebelah kanan di bawah hal atau perihal.
  4. Alamat Surat: Alamat surat berisi surat itu ditujukan kepada siapa (nama orang atau jabatan) dan ke mana surat itu dikirimkan.
  5. Salam Pembuka: Salam pembuka merupakan tanda hormat pengirim surat sebelum ia berbicara secara tertulis. Misalnya Dengan hormat, Assalamualaikum Wr.Wb., dan sebagainya.
  6. Isi Surat: a. Pembukaan, Pada bagian pembukaan surat lamaran pekerjaan, biasanya dituliskan sumber informasi lamaran. Misalnya, informasi tersebut diperoleh dari pengumuman, iklan di media massa, informasi dari teman, dan sebagainya. b. Isi Sesungguhnya, Pada bagian ini yang perlu dicantumkan atau dituliskan, antara lain identitas pelamar, isi atau tujuan yang dikehendaki penulis surat atau pelamar dan syarat-syarat administrasi yang diminta. c. Penutup, Penutup surat merupakan kesimpulan atau harapan yang berfungsi sebagai kunci surat. Umumnya berisi ucapan terima kasih terhadap semua hal yang dikemukakan dalam isi surat.
  7. Salam Penutup: Salam penutup dapat menyebutkan, misalnya Hormat saya atau pelamar yang diikuti nama jelas dan tanda tangan pelamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Admin Sales (Fresh Graduate)

Bagi fresh graduate atau yang belum punya pengalaman kerja, berikut contoh surat lamaran kerja yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran yang dibuat berdasarkan sumber informasi dimana Anda memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan surat lamaran juga dibuat berdasarkan inisatif sendiri. Pada saat melamar pekerjaan, perusahaan atau tempat usaha lainnya akan membuka lowongan pekerjaan dengan pelamar baik dari fresh graduated maupun experienced atau yang sudah punya pengalaman.

Job Fair

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk admin sales (fresh graduate) yang sumber atau informasinya diperoleh melalui Bursa Kerja (Job Fair) yang biasanya diadakan oleh Disnakertrans pemerintah kota atau provinsi.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Admin Sales (fresh graduate)


Dairi, 14 Februri 2021
Perihal  : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 8 (delapan) berkas

Yth. Pimpinan PT Mega Media Digipro
Jl. Kendit Liang No. 92
Dairi


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari kegiatan Job Fair yang diadakan pada tanggal 12-14 Februari 2021 di Dairi Convention Center, bahwa PT Mega Media Digipro sedang membuka lowongan pekerjaan, maka saya ingin mengajukan lamaran di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Saya ingin bergabung dan ingin menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Posisi pekerjaan yang saya tuju ini adalah Admin Sales.

Berikut ini data diri saya:
Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Nomor Telepon : .....
Status         : .....

Saya berada dalam kondisi yang sangat sehat saat ini, baik jasmani maupun rohani. Saya dapat berkomunikasi dengan baik dan Saya juga dapat mengoperasikan komputer, terutama dalam aplikasi Microsoft Office.

Saya melampirkan berkas atau dokumen yang dibutuhkan, yang meliputi:
  1. Curriculum Vitae (CV);
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 (satu) lembar;
  4. Fotokopi Ijazah sebanyak 1 (satu) lembar;
  5. Fotokopi Transkrip Nilai sebanyak 1 (satu) lembar;
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat sebanyak 1 (satu) lembar;
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian sebanyak 1 (satu) lembar; dan
  8. Pasfoto 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar.

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap bisa diberi kesempatan untuk melakukan tes atau interview. Atas perhatian Bapak/Ibu, Saya uapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Admin Penjualan Fresh Graduate (Bahasa Indonesia)


Dari Seseorang

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk admin sales (fresh graduate) yang sumber atau informasinya didapatkan dari seseorang seperti teman, keluarga, kenalan, dan lain-lain.

Bojonegoro, 11 Mei 2021

Hal: Lamaran pekerjaan

Yth. HRD PT Surya Bumi Permata
Jl. Klangon No. 90
Bojonegoro


Dengan hormat,
Bpk. Joko Susilo, seorang karyawan di PT Surya Bumi Permata Cabang Bojonegoro, menginformasikan kepada saya bahwa Sales Department di perusahaan tersebut membutuhkan tambahan tenaga Admin Sales baru. Sehubungan dengan hal tersebut,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat, tanggal lahir : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. Telepon         : .....

bermaksud mengajukan permohonan kerja sebagai Admin Sales di PT Surya Bumi Permata Cabang Bojonegoro. Saya mempunyai kesehatan yang baik dan saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan baik. 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan:
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Pasfoto ukuran 4×6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian dan kebijakasanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan Terima Kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Admin Penjualan/Admin Sales Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Media Sosial Online & Website

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk admin sales (fresh graduate) yang sumber atau informasinya diperoleh melalui media sosial (facebook, instagram, dll) dan website (situs resmi perusahaan, situs lamaran kerja, linkedIn, dll)

Kepulauan Anambas, 18 Maret 2021

Yth. HRD Manager PT Medifa Infoyasa Suryantara
Jl. Tarempa No. 84
Kepulauan Anambas


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang dimuat dalam media sosial instagram (@lokerkepulauananambas) pada hari selasa tanggal 16 Maret 2021, dengan ini saya :

Nama         : .....
Tempat/Tanggal lahir : .....
Agama         : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan terakhir         : .....
No. HP/WA         : .....

mengajukan permohonan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Admin Sales. Saya dapat mengoperasikan komputer dan saya siap bekerja secara team.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi SKCK
  6. Pasfoto terbaru.

Besar harapan saya diberi kesempatan untuk bekerja di PT Medifa Infoyasa Suryantara perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian Surat Lamaran Kerja ini saya sampaikan dengan harapan dapat diterima diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian Bapak/Ibu, Saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)

Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Admin Penjualan/Admin Sales Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Media Cetak

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk admin sales (fresh graduate) yang sumber atau informasinya didapatkan dari media cetak seperti koran(surat kabar), brsosur, spanduk, dan lain-lain.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Admin Sales (fresh graduate)


Batang, 22 April 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Yth. Manajer HRD PT Mid Solusi Nusantara
Jl. Kauman No. 92
Batang


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapat mengenai lowongan pekerjaan di surat kabar Tribun tertanggal 20 april 2021, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan di PT Mid Solusi Nusantara sebagai Admin Sales.

Berikut saya cantumkan biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Nomor Telepon (HP) : .....
E-mail         : .....

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Saya adalah orang yang mudah belajar untuk hal yang baru dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Saya dapat mengopersikan komputer terutama pada program Microsoft Office. Saya bersedia bekerja secara team maupun secara individu.

Sebagai dokumen yang dipersyaratkan, berikut ini saya lampirkan berkas yang terdiri dari :
  1. Pasfoto Terbaru
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir
  6. Fotokopi Trankrip Nilai
  7. Fotokopi Surat Keterangan Kesehatan
  8. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai bagian dari PT Mid Solusi Nusantara. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Baca Juga:
Contoh Curriculum Vitae Admin Penjualan/Admin Sales Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Inisiatif Sendiri atau Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk admin sales yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri atau tanpa mencatumkan sumber informasi.


Pringsewu, 25 Januari 2021

Hal: Lamaran pekerjaan

Yth. HRD PT Guna Kencana Logistik
Jl. Ambarawa Timur No. 90
Pringsewu


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama         : .....
Tempat/Tangal Lahir : .....
Pendidikan Akhir         : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....
E-mail         : .....

Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Admin Sales. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:
  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Pasfoto 3×4 terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Guna Kencana Logistik. Atas waktu dan perhatian yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Admin Sales (fresh graduate). Perhatikanlah kerapian dan kebersihan surat. Jika ditulis tangan, maka tulisan harus rapi dan bersih, serta jangan sampai ada coretan. Jika menggunakan komputer atau laptop maka perhartikan format tulisan dan hasil cetakan (print out) apakah hasilnya baik atau jelas terbaca.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Admin Sales (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel