Momen Yang Di Rindukan Pada Saat Lebaran, Nomor 7 Bikin Gemes

Lebaran Sebentar lagi. Tak terasa lebaran sudah di depan mata. Kita telah bersiap-siap meninggalkan bulan Suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri.  Namun untuk lebaran kali ini, boleh jadi lebaran kali ini agak sedikit berbeda. Ya ditengah pandemi wabah covid-19 yang menyelimuti seluruh penjuru dunia, Kita belum tahu pasti kapan ini akan berakhir. Sungguh hal ini sangat disayangkan untuk semua manusia utamanya kaum muslim yang akan segera merayakan hari besarnya yaitu Hari Raya Idul Fitri. Selain melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjamaah dilapangan, mesjid atau tempat yang telah ditentukan, banyak momen-momen indah yang ngagenin saat lebaran. Nah, berikut beberapa momen yang di kangenin pada saat lebaran.

1. Kampung Halaman
Biasanya pada akhir-akhir puasa banyak perantau yang mudik ke kampung halamannya. Mereka akan kembali berkumpul bersama keluarga untuk melaksanakan shalat Id secara berjamaah di kampung halaman masing-masing. Setelah berbulan-bulan mencari nafkah di tanah rantau atau melanjutkan studi nun jauh disana tibalah saatnya mudik dan kembali bertemu keluarga. Ya, Tempat / rumah ternyaman untuk pulang, sejauh apapun kita melangkah hanya kampung halaman tempat yg paling indah dikunjungi... ya moment hari raya tidak terlepas dari hiruk piruk dengann nuansa  kampung halaman, kesederhanaan, solidaritas, dan kerjasama yg baik, merupakan ciri khas kampung halaman..  Perantau biasanya akan pulang ke kampung halamannya dengan rasa bahagia bagaimana tidak karena itu merupakan tempat ia lahir dan besar... Moment Ramadhan selalu tepat untuk perantau yg hendak balik karena mereka akan dipertemukan dengan orang-orang yangg mereka sayang...

2. Silaturahmi
Setelah shalat Id momen Silatuhrahmi semakin terasa dimana kita bertemu dengan sebagian besar keluarga untuk saling berjabat tangan dan saling memaafkan. Ya, hari Raya Idul Fitri mempertemukan seluruh anggota keluarga, menyatukan yang tercerai berai, dan memaafkan yang pernah menyakiti.. hari raya bukan ajang untuk pamer baju baru, maupun pamer tentang kekayaan, namun hari raya lebih identik dengan rasa kekeluargaan.. kenapa tidak? Bayangkan 1 hari saja bisa mengumpulkan seluruh keluarga, berbagi cerita, bersenda gurau, bahkan saling bertukar fikiran, yang menyebabkan eratnya tali kekerabatan..

3. Takbiran
Salah satu penanda bulan Ramadhan adalah takbir. takbir sendiri berarti seruan yg dikumandangkan umat muslim untuk memuliakan asma Allah. biasanya hal ini dilakukan bersama-sama sepanjang malam Idul Fitri maupun Idul Adha. Lantunan takbir yang menggema sahut menyahut terdengar begitu indah ketika mengalun dengan suara yang lantang, ya lantunan takbir bukan menjadi hal yang asing lagi bagi kita, suara takbir yang khas menambah ke khidmatan hari raya, dimana semua keluarga berkumpul saling berinteraksi, dan bermaaf-maafan sehingga menambah nuansa hari raya semakin kuat, sehingga momen-momen seperti inilah yang dirindukan setiap tahunnya apalagi khususnya para perantau yang jauh dari keluarga.

4. Baju lebaran
hal yg tidak terpisahkan dari pernak-pernik Ramadhan adalah baju lebaran. selain menyiapkan kue khas lebaran, masih banyak orang yg menyiapkan baju lebaran. tampaknya tradisi baju baru untuk lebaran ini menjadi uforia dalam momentum hari raya setahun sekali. Momen lebaran biasanya jadi ajang pamer baju lebaran, menjelang hari lebaran orang-orang akan berbondong-bondong mencari baju lebaran sesuai dengan keinginan. Ada yang pergi ke mall beli pakain lebaran, ada yang ke toko pakaian, ada juga yang dipasar dan ada juga yang memesan secara online. Ada juga keluarga yang sudah membelikan pakaian sewaktu perjalanan pulang kampung. Tapi ingat lagu baju baru Alhamdulillah di pakai di hari raya tak ada pun tak apa-apa masih ada baju yang lama artinya walaupun tanpa pakain baru itu tak akan mengurangi indahnya berlebaran. Jangan memaksakan kehendak yang tak bisa terpenuhi karena rezeki setiap orang berbeda-beda.

Bagi anak-anak, lebaran selalu identik dengan baju baru, bagus dan cantik. Yah itu sudah menjadi hal yang tidak tabu lagi dikalangan masyarakat. Bagi sebagian masyarakat khususnya anak-anak kecil  memiliki baju baru di hari raya adalah sebuah anugrah yang tiada terkira kenapa? Karena setiap tahun mereka memiliki baju baru yang berbeda-beda model dan sebagian merupakan hadiah atau imbalan dari kedua orang tua atas puasa yang telah dialakukan anaknya. Hal ini juga salah satu menjadi trik orang tua dalam membangkitkan semangat anaknya dalam beribadah.

5. Reuni teman
Selain diperingati sebagai momen bermaaf-maafan, saat perayaan hari raya idul fitri juga bisa digunakan sebagai ajang reuni dengan teman. kita bisa saling mengunjungi rumah teman untuk silahturahmi dan melepas nostalgia bersama. Moment hari raya juga tidak terlepas dengan yang namanya reuni teman, yah biasanya anak-anak yang pulang dari rantau akan saling kontak-kontakan satu sama lain, ngatur jadwal, dan akhirnya berkumpul, hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena hari raya merupakan libur hari besar yang memungkinkan anak rantau pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga tak luput juga berkumpul dengan teman berbagi cerita satu sama lain untuk melepas kerinduan setelah sekian berapa lama waktu tidak bertemu.

6. THR lebaran
Nah, hal yang satu ini sudah pasti sangat tidak asing lagi bagi kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun kenapa tidak? Karena dengan moment lebaran ini orang tua,kakak,abang, atau buasanya saudara-saudara lain akan berbagi-bagi rezeki bagi sanak saudaranya atau biasanya lebih dikenal dengan istulah THR (Tunjangan Hari Raya). Jadi untuk kamu yang sebentar lagi lebaran pastikan yah umur kamu lebih kecil dari saudara kamu, Kenapa? Karna biasanya orang yang umurnya lebih kecil bakalan dapat THR lebih besar dan banyak... hehehehe

7. Ditanya kapan nikah
Nah buat kamu nih yah yang umurnya bisa dibilang udah pas buat nikah tapi belum ada gandengan yah harus bersabar di hari raya nanti, udah pasti kamu gak akan bisa lari dari pertanyaan kapan nikah dari orang tua maupun kerabat kamu... hhihihi serem yah diteror, terus ditanya kapan nikah, ini akan menjadi momok menakutkan dalam setiap pertemuan atau Silaturahmi baik itu keluarga, sahabat, atau orang yang lama kita temui. Kalau boleh admin kasih saran yah cukup disenyumin aja, gak boleh marah apalagi kesel loh kalau hari raya nanti dapat pertanyaan gitu intinya sabar, dan terus berjuang buat dapetin gandengannya, dan yang paling penting ibadah jangan lupaaaaa. Nah, Untuk yang sering ditanya kapan nikah, berikut tips jawaban kapan nikah? dijamin dapat membantu Anda menjawab pertanyaan menohok ini...

Belum ada Komentar untuk "Momen Yang Di Rindukan Pada Saat Lebaran, Nomor 7 Bikin Gemes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel