Tips Mengajarkan Iqro pada Anak Usia Dini

Membaca Kitab Suci Al-Qur'an adalah ibadah tambahan yang mulia dan mempelajari hukum bacaannya adalah wajib, agar ketika kita membaca Al-Qur'an tidak menyalahi maknanya. Selain itu tidak terasa utuh Islam seseorang apa bila tidak bisa membaca Al-qur'an. Mengapa! karna bacaan solat dan do'a dari huruf Al-qur'an walupun sekarang ini banyak tuntunan solat, buku2 do' a yang disertai dengan latin Indonesia.

Tidak mengapa! tentu semua itu mempunyai tujuan untuk mempermudah bagi kita  mempelajarinya. Akan tetapi dengan tersedianya kemudahan itu bukan berarti kita tidak mempelajari bagaimana membaca Al-Qur'an. Karna Membaca Al-Qur'an  membuat hati merasa tenang dan damai tentunya harus dengan bacaan yang baik dan benar supaya tidak berdosa. Betapa bahagianya orang tua apa bila anaknya bisa membaca Al-Qur'an atau istilah yang sering kita dngar Mengaji. Bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar tidak instan begitu saja. Tentunya kita harus belajar terlebih dahulu.

Mempelajari cara membaca Al-Qur'an alangkah baiknya dilakukan sejak usia dini, mengajarkan membaca Al-Quran pada anak usia dini tidaklah semudah membalikan telapak tangan, namun jangan cepat menyerah karna kalo bukan kita orang dewasa atau orang tuanya siapa lagi yang mau mengajarkan. Sesuatu yang baik InsyaAllah akan berakhir baik. Apalagi sekarang banyak anak-anak kecil sudah jadi Hafiz/Hafizah MasyaAllah 🤗. Kita semua tentu ingin punya anak yang Hafiz/Hafizah.

Untuk bisa membaca Al-qur'an diawali dengan buku iqro,buku yang biasanya digunakan untuk tahap awal belajar membaca Al-qur'an. Iqro adalah buku cara cepat belajar membaca Al-Quran. Nah, kali ini saya akan berbagi Tips Mengajarkan Iqro pada Anak Usia Dini:

1. Siapkan Kesabaran yang Ekstra
Pertama, Siapkan kesabaran yang besar sebelum mengajar Iqro kepada anak , karna emosional dan mood anak yang naik turun akan menjadi masalah besar bila kita tidak bisa sabar menghadapinya bisa-bisa si anak menajdi enggan untuk mau belajar lagi dan merasa takut untuk duduk bersama kita di depan Iqro.

2. Hindari Pemaksaan Terhadap Anak
Kedua, jangan lakukan pemaemaksa atau menekan anak dalam belajar Iqra, misalnya harus bisa dan tau huruf ini dalam sekali waktu pembelajaran, lakukan pengenalan huruf dengan perlahan penuh kelembutan naumun tetap pada kaidah-kaidah ketegasan dan disiplin. Misalnya, hari ini adek harus bisa benar membaca dua baris ini ya 😊. Namun jangan terlalu keras. Karna anak sudah mau duduk untuk belajar membaca Iqro sudah awal yang baik cara yang keras dan memaksa bisa  membuat anak trauma untuk belajar lagi.

3. Belajar Sambil Bermain Kaitkan Huruf dengan Benda atau Nama Hewan Sekitar
Ketiga, Belajar Sambil Bermain, Kaitkan Huruf dengan Benda atau Nama Hewan Sekitar, sudah lumrahnya sifat anak-anak yang gampang bosan dan udahan ketika baru sebentar belajar Iqro, Nah kita harus persiapakn cara agar anak tidak cepat bosan. Misalnya, ajak bermain sebentar namun harus disiplin waktu bermainya 3 menit saja ya habis ini kita lanjut belajar Iqro lagi bisa main tebak-tebakan, Orang-orangan, atau mainan yang iya miliki.

Kemudian dalam pengenalan huruf agar anak mudah dalam mengingat dan tidak gampang bosan kaitkan penyebutan huruf dengan nama benda sekitar atau nama hewan atau yang lainya. Misal huruf Alif= a , Ayam. Shod= Sozis , 'Ain= Aini, Dhlo= Zombi dan masi banyak lagi.

4. Berikan Pujian atau Hadiah

Keempat, Berikan Pujian atau Hadiah, jika anak benar dalam menyebutkan huruf jangan sungkan untuk cepat memuji. Misalnya, eh Pintarnya, Hebat, wah sudah ganteng/cantik pintar lagi, Mantap jagoan Ibuk. 😊

Beri semangat dengan iming-iming hadiah, Misalnya nanti kalo adek tuntas Iqro 1 Ibuk beri hadiah, tidak perlu hadiah besar yang sederhana saja anak sudah senang. InsyaAllah dengan begitu anak akan semangat untuk belajar terus.

5. Bantu Melalui Do'a
Kelima, Bantu Mealaui D'oa, setelah cara diatas sudah kita lakuakn mintalah keberkahan kepada Allah agar anak yang kita ajari membaca Iqro tadi diberi kemudahan dan kelancaran dalam belajar Iqro.

Demikian Tips yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman ☺. Namun tetap kita semua berhak punya cara yang berbeda karna setiap anak juga berbeda karakternya kebetulan siswa saya daramatis sekali dalam belajar Iqro, berawal dari kemauan orang tuanya untuk belajar iqro perlahan berikan pengertian yang sederhana kenapa kita harus belajar iqro. Di tambah lagi dengan mood yang terkadang naik turun dan gampang bosen tidak jarang berakhir dengan air mata wkwkw (*serius gak pakek garang 😁) dan Alhamdulilah lama kelamaan angka dramatisnya turun.  Lakukan metode pembelajarn Iqro yang sesuai dengan kondisi dan situasi anak. Karna tujuanya adalah semata-mata anak bisa dan mengerti juga keberkahan dari Allah.
Semoga Bermanfaat!


0 Response to "Tips Mengajarkan Iqro pada Anak Usia Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel