Contoh Curriculum Vitae (CV) Helper Gudang (Fresh Graduate)

Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu dokumen penting yang tidak boleh terlewatkan oleh seorang pelamar saat mengikuti seleksi penerimaan karyawan, baik untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman maupun yang telah mempunyai pengalaman. Daftar riwayat hidup akan dikirimkan ke perusahaan yang dituju bersama dengan surat lamaran kerja helper gudang fresh graduate (bahasa Indonesia). Dokumen tersebut beserta dokumen lainnya akan menjadi tolak ukur bagi recruiter akan melanjutkan proses rekrutmen ke tahap berikutnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Helper Gudang (Fresh Graduate)

Pada artikel kali ini, tanpakoma akan berbagi contoh curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup untuk Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau yang belum punya pengalaman kerja sebelumnya (fresh graduate) yang nantinya dapat Anda gunakan dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi dalam menulis CV untuk helper gudang.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang

Dalam bahasa Inggris, “helper” memiliki arti “pembantu” atau “orang yang membantu menjalankan aktivitas” (dalam hal ini, aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas perusahaan). Jika berada di dalam perusahaan tambang, helper dapat berarti seseorang yang membantu mengoperasikan alat berat. Dengan demikian, definisi helper di setiap perusahaan bisa saja berbeda.

Helper gudang adalah seorang staf yang membantu mengelola sistem penataan pergudangan suatu perusahaan. Biasanya, helper gudang akan membantu menyiapkan berbagai kebutuhan gudang. Dalam perusahaan yang memiliki sistem pergudangan, helper gudang akan memastikan pengelolaan gudang dilakukan dengan baik. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam perhitungan ketersediaan barang, kinerja perusahaan tentu akan terganggu. Dengan demikian, helper gudang memiliki peran penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Helper Gudang antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan loading barang sesuai dengan permintaan
  • Packing dan bongkar muat barang
  • Membantu menyusun dan mengatur letak barang di Gudang
  • Menghitung dan mencatat persediaan barang gudang
  • Memastikan penyimpanan barang gudang dengan kondisi baik dan rapi
  • Membantu kiriman barang sesuai invoice
  • Menjaga kebersihan gudang

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan. CV yang baik adalah dimana pembaca CV tersebut dapat membayangkan dengan baik sang pembuat CV sebelum bertemu langsung secara fisik.

Manfaat curriculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profil Anda yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Helper Gudang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang freshgraduate lulusan S1 Manajemen Logistik dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang tertarik pada perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan monitoring terhadap aliran barang atau bahan. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

--------------------------------------------------

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Helper Gudang Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Saya seorang lulusan baru merupakan pribadi yang tertarik pada perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan monitoring terhadap aliran barang atau bahan. Saya mempunyai ketertarikan untuk bekerja di bidang manufaktur dan gudang. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan di bidang ini, saya siap dan bersedia untuk menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki

Riwayat Pendidikan

Daftar pendidikan Anda dalam urutan kronologis terbalik. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Helper Gudang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Manajemen Logistik [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA[2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

--------------------------------------------------

Contoh Riwayat Pendidikan Helper Gudang Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Jurusan Manajemen Logistik [2017-2019]

SMKN 7 TANOS

Mendapatkan nilai akhir rata-rata UN 8,95


Kelas VII, VIII & IX [2015-2017]

SMPN 5 TANOS

Mendapatkan nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Bagian pengalaman kerja bisa membantu perusahaan melihat perjalanan karier Anda ke belakangnya. Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Manajemen Logistik [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Registrasi peserta, Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk, Mengontrol jalannya rundown acara, Menyiapkan sertifikat peserta.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Anggota OSIS [2017-2018]  

SMAN 7 TANOS

  • Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi
  • Membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Magang Mandiri [JANUARI – MARET 2020]  

PT. SENTOSA JAYA, Tbk

  • Melakukan kegiatan magang dengan aktivitas/kegiatan antara lain:
  • Membantu persiapan barang atau perlengkapan kerja
  • Membantu memastikan semua orang dan alat aman dari potensi kecelakaan
  • Membantu distribusi barang atau perlengkapan kerja
  • Merapikan barang atau perlengkapan kerja
  • Bertanggung jawab kebersihan area kerja

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Peserta PRAKERIN [MARET – MEI 2019]

PT SUKSES MAKMUR BERSAMA

Aktivitas yang dilakukan selama pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) diantaranya:

  • Membantu persiapan barang atau perlengkapan kerja
  • Membantu memastikan semua orang dan alat aman dari potensi kecelakaan
  • Membantu distribusi barang atau perlengkapan kerja
  • Merapikan barang atau perlengkapan kerja
  • Bertanggung jawab kebersihan area kerja

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Helper Gudang (Fresh Graduate)

  • Mengoperasikan Komputer dan Software
  • Cermat dan Teliti
  • Kerapian
  • Kemampuan Adaptasi
  • Pekerja Keras
  • Komunikasi yang Baik
  • Dapat Bekerja Tim

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Helper Gudang Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Helper Gudang untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup helper gudang untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Helper Gudang untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup helper gudang yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Helper Gudang Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Helper Gudang tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup helper gudang tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Helper Gudang Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Helper Gudang lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate yang ke-1.

daftar riwayat hidup Helper Gudang lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate

download

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Helper Gudang lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

daftar riwayat hidup Helper Gudang lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Helper Gudang Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Helper Gudang lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

daftar riwayat hidup Helper Gudang lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja

download


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Helper Gudang Fresh Graduate yang baik dan benar. Tahukah Anda jika recruiter akan menyeleksi ratusan bahkan jutaan pelamar yang masuk, karena itu tidak mungkin recruiter membaca semua hal yang ada di CV Anda. Mereka hanya melakukan skimming (membaca sekilas) saja. Mencari hal-hal penting seperti pengalaman pekerjaan, pendidikan dan data diri. Untuk itu buatlah CV yang betul-betul singkat, jelas dan informatif. Jika Anda mencari template CV yang unik dan profesional, lihatlah website penyedia template CV Online seperti di COOLFREECV. Website ini menyediakan berbagai macam template CV yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV yang menarik dan berkualitas. Template yang disediakan di website ini modern, responsif, dan mudah digunakan. Anda bisa memilih template sesuai dengan industri dan posisi yang Anda lamar. Dengan template yang tepat, Anda bisa menonjolkan kelebihan Anda dan membuat CV yang menarik perhatian perekrut. Jangan ragu untuk mengunjungi website penyedia template CV Online dan temukan template yang sempurna untuk Anda.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Helper Gudang (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel