Contoh Curriculum Vitae (CV) Salesman (Fresh Graduate)

Pada saat Anda sedang atau akan melamar sebuah pekerjaan, tentunya Anda sudah membuat dan mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti mempersiapkan surat lamaran kerja salesman fresh graduate (bahssa Indonesia), Curriculum Vitae dan dokumen lainnya. Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu dokumen penting yang nantinya akan menjadi penentu lolos tidaknya pada seleksi administratif. Oleh karena itu Anda perlu membuatnya lebih menarik, jelas, informatif dan dapat memberi kesan tersendiri.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Salesman (Fresh Graduate)

Dan kali ini, tanpakoma akan berbagi informasi tentang lebih lanjut mengenai Curriculum Vitae yang wajib Anda ketahui dan akan ada beberapa contoh curriculum vitae salesman untuk fresh graduate. Artikel ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu sumber inspirasi dalam membuat CV.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Salesman

Dalam ilmu marketing, salesman merupakan salah satu pelaku pemasaran. Salesman ini adalah orang yang melakukan pemasaran, penjualan, penawaran, dan distribusi terhadap suatu produk kepada konsumen. Biasanya, salesman ada pada distributor.

Pengertian distributor umum dalam ilmu marketing ini sebuah organisasi dalam mendistribusikan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Tentunya setiap salesman ini sudah terlatih dalam bertransaksi dengan konsumennya. Salesman harus mampu bersikap dan berbahasa dengan baik sehingga konsumen merasa nyaman terhadap pelayanan salesman tersebut.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Salesman antara lain sebagai berikut:

  • Menjual Produk Dari Perusahaan Sesuai Target Atau Melebihi
  • Mempelajari Produk Perusahaan
  • Menjaga Nama Baik Perusahaan
  • Update Dengan Tren Pasar
  • Mengurus Administrasi Klien

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang dipakai untuk menuliskan kronologis dari jalan hidup Anda seperti data diri pribadi yang mencakup identitas, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, prestasi dan keahlian. 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi pertama yang harus Anda cantumkan dan paling penting adalah detail personal serta informasi kontak yang bisa dihubungi. Cantumkan nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta email yang masih aktif. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan akun-akun media sosial yang Anda miliki untuk memudahkan perusahaan mengenal Anda lebih jauh.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Maka dari itu, ia biasanya berisi pengalaman dan keterampilan Anda yang paling berharga. Karena bagian ini adalah ringkasan profil diri, deskripsi diri perlu dirancang supaya bisa menonjolkan fitur-fitur terbaik Anda. Tips Menulis Deskripsi Diri: Fokus pada keterampilan dan prestasi yang dimiliki; Lebih selektif dalam memberikan informasi; Gunakan angka dan simbol; Tekankan pencapaian

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu

Pengalaman Kerja

Bagian ini biasanya merupakan hal yang sering diperhatikan oleh perusahaan yang ingin merekrut karyawan. Pengalaman kerja akan memberikan gambaran apakah Anda cocok untuk mengisi posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Tak hanya deskripsi diri dan pendidikan, perusahaan juga ingin mengetahui pribadi Anda seutuhnya. Sehingga Anda bisa menuliskan atau menjelaskan keahlian pribadi yang kemudian menunjang kemampuan dalam bekerja. Sehingga jangan lupa untuk mencantumkannya di contoh CV.

Skill atau kemampuan adalah hal penting lainnya yang dilirik perusahaan selain pendidikan. Oleh karena itu isi bagian ini sepositif dan semenarik mungkin. Sebab kemampuan bisa menjadi nilai positif dan bahan pertimbangan sebuah perusahaan untuk memperkerjakan Anda. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Salesman Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Salesman untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup salesman untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Salesman Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Salesman untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup salesman yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Salesman Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Salesman tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup salesman tanpa pengalaman kerja

download

Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Salesman Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Salesman Fresh Graduate yang baik dan benar. Dengan adanya Curriculum Vitae sebagai tanda pengenal pertama oleh seorang recruiter. Tentunya sebelum seorang recruiter memanggil Anda untuk interview dalam pekerjaan, recruiter akan memeriksa CV Anda. Jika CV Anda sudah sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan, maka kemungkinan besar Anda akan dihubungi dan berpeluang untuk ke tahap selanjutnya. Jika Anda mencari template CV online yang tepat, Anda dapat mengunjungi berbagai situs web yang menyediakan template CV online seperti di Novoreume, CVMenarik, dan lainnya. Di situs-situs ini, Anda dapat menemukan berbagai template CV gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk menulis CV Anda. Template CV online yang baik akan menampilkan informasi yang relevan dan akan membantu Anda membuat CV yang menarik dan profesional. Anda juga bisa menyesuaikan template CV sesuai kebutuhan Anda.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Salesman (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel