Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotor (Fresh Graduate)

Tanpa menggunakan Curriculum Vitae dapat dimungkinkan Anda akan kesulitan untuk dikenali oleh recruiter, sehingga CV merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar pekerjaan. Dengan adanya Curriculum Vitae Anda akan dengan mudah dikenali oleh recruiter. Untuk itu buatlah CV yang informatif, baik, jelas dan menarik.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sales Promotor (Fresh Graduate)

Bagi Anda yang masih fresh graduate atau yang belum punya pengalaman dalam melamar pekerjaan dan masih bingung membuat contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup. Nah disini akan dibagikan apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV dan beberapa contoh Curriculum Vitae Sales Promotor Untuk Fresh Graduate yang nanti dapat Anda sebagai salah satu referensi.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotor

Sales promotor adalah seseorang yang akan memberikan informasi terkait brand atau produk kepada target pasar sehingga mereka mengetahui kehadiran brand atau produk tersebut. Sales promotor tentu saja termasuk ke dalam bagian dari tim marketing suatu perusahaan. Nantinya, mereka akan bekerja sama dengan posisi di tim marketing lainnya sehingga dapat mencapai target pasar secara tepat sasaran. 

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Sales Promotor antara lain sebagai berikut:

  • Meningkatkan penjualan sales yang ditargetkan dalam tim 
  • mengelola mekanisme penjualan
  • memberikan informasi terkait kebutuhan   Produk kepada calon pelanggan.
  • memberikan kepercayaan kepada konsumen terhadap kualitas produk yang ditawarkan.

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) dapat diartikan sebagai catatan singkat tentang gambaran diri seseorang dan kualifikasinya. Umumnya, CV disertakan atau dikirimkan sebagai lampiran dalam surat lamaran kerja sales promotor fresh graduate (Bahasa Indonesia). CV lamaran kerja memuat beberapa detail seperti data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman bekerja, keterangan lain, dan referensi pribadi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Pada dasarnya deskripsi diri adalah profil singkat yang memberi gambaran tentang identitas dan karakteristik pribadi Anda. Deskripsi diri akan membantu recruiter mengenali diri Anda, motivasi, kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki. Sebab bagian ini akan menjelaskan mengenai diri Anda, termasuk kualifikasi dan tujuan karir. Deskripsi diri dimanfaatkan sebagai pencipta kesan pertama yang baik. Deskripsi diri adalah kesempatan bagi kandidat untuk ‘menjual’ dirinya kepada perekrut. Namun jangan berlebihan menuliskan deskripsi diri.

Riwayat Pendidikan

Pendidikan sangat penting dicantumkan saat pencari kerja melamar pada lowongan pekerjaan formal yang profesional, hal ini penting dilakukan untuk menunjukkan prestasi pendidikan. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Selain pendidikan formal di atas, juga dipersilakan menuliskan riwayat pendidikan informal yang pernah diikuti. Pendidikan informal terutama yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, sehingga mendukung keputusan HRD menerima pencari kerja.

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, jobdesk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Sales Promotor Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotor untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup sales promotor untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Sales Promotor Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotor untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup sales promotor yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotor Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotor tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup sales promotor tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotor Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotor Fresh Graduate yang baik dan benar. Dalam menganalisis sebuah curriculum vitae yang telah Anda buat, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi seorang pihak rekruter yang akan membaca dan memeriksa CV tersebut. Agar CV dinilai secara objektif, Anda harus mengesampingkan diri Anda sebagai pihak pelamar pekerjaan dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian dari pihak rekruter yang akan melakukan seleksi terhadap pelamar pekerjaan. Setelah itu, Anda dapat memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang Anda ditemukan. Jika Anda sedang mencari template CV online, kunjungilah situs web yang menyediakan berbagai macam template CV online yang berkualitas dan gratis seperti di cvmaker, canva dan situs lainnya. 

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotor (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel