Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl Kosmetik (Fresh Graduate)

Pada saat melamar sebuah pekerjaan misalnya melamar sebagai sales promotion girl kosmetik, ada beberapa dokumen data diri yang wajib dilampirkan secara lengkap oleh calon karyawan, seperti Curriculum Vitae (CV), Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Girl Kosmetik Fresh Graduate (Bahasa Indonesia) dan dokumen lainnya. Nantinya dokumen ini akan dikirim ke perusahaan atau tempat yang Anda lamar.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sales Promotion Girl Kosmetik (Fresh Graduate)

Untuk Anda yang baru menyelesaikan masa studinya dan langsung melamar pekerjaan atau yang baru pertama melamar keli melamar pekerjaan dan belum punya pengalaman kerja (fresh graduate), disini tanpakoma akan berbagi informasi tentang hal-hal yang perlu diketahui dalam pembuatan CV dan beberapa contoh CV untuk Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotion Girl Kosmetik

SPG merupakan singkatan dari Sales Promotion Girl. SPG adalah suatu profesi untuk  wanita  yang aktif memasarkan atau mempromosikan produk dari suatu perusahaan kepada konsumen. Menjadi SPG bukan tugas yang mudah namun harus mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Sales Promotion Girl Kosmetik antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan direct selling
  • Mengkoordinasi dan mengelola produk
  • Menjaga kebersihan area penjualan
  • Memenuhi target penjualan
  • Promosi produk
  • Melakukan catatan penjualan
  • Membantu konsumen
  • Memberikan pelayanan prima pada konsumen
  • Memberikan informasi secara jelas
  • Melayani komplain pelanggan

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Secara sederhana, daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen yang menginformasikan mengenai kualifikasi dan informasi pribadi seorang pencari kerja. Informasi yang dimasukkan dalam riwayat hidup meliputi data diri, riwayat pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Dokumen ini digunakan untuk mengenalkan diri terhadap pihak pemberi kerja atau perusahaan. Namun, terkadang daftar riwayat hidup juga diperlukan saat ingin melamar beasiswa. Maka dari itu, daftar riwayat hidup harus dibuat semenarik mungkin dan ditulis secara detail mengenai kualifikasi Anda.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Bagian-Bagian CV pertama yang harus dicantumkan yaitu informasi pribadi. Dengan memberikan informasi pribadi secara lengkap, maka recruiter tidak kesulitan dalam mencari kontak untuk menghubungi Anda. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat riwayat hidup yaitu menulis data diri. Cara Membuat Cv yang harus ditulis dalam data diri yaitu nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, status pernikahan, agama, nomor telepon, dan alamat email. Anda bisa menambahkan informasi lain sesuai dengan keinginan. Seperti informasi yang perlu pembaca ketahui, misalnya tinggi badan, berat badan atau alamat domisili.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Bagian ini berisi hal menarik pada diri pencari kerja, saatnya untuk mempromosikan diri kepada recruiter perusahaan yang membuka lowongan. Cobalah tarik minat recruiter perusahaan tersebut dengan menerangkan keunggulan yang dimiliki secara ringkas dan menarik. Dengan begitu recruiter mampu menggambarkan diri pelamar kerja dengan tepat, karena lebih tahu tentang diri pencari kerja. Tulislah sekitar tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian recruiter yang melakukan recruitment. Jika melakukan itu maka kesempatan diterima dalam proses recruitment tersebut lebih besar.

Riwayat Pendidikan

Selanjutnya, Anda juga perlu menuliskan riwayat pendidikan. Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh.Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Cukup menuliskan dari pendidikan Sekolah Menengah Atas atau setara, hingga Universitas saja sudah cukup untuk menjelaskan riwayat pendidikan ini. Cantumkan pula durasi menempuh pendidikan di masing-masing jenjang.

Pengalaman Kerja/Pengalaman Organisasi/Dll

Apabila Anda pernah memiliki pengalaman kerja di kantor atau perusahaan lain sebelumnya termasuk didalamnya program magang, maka pengalaman tersebut wajib Anda masukkan dalam CV. Tidak usah terlalu panjang, cukup masukkan secara singkat, padat, dan jelas. 

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Soft skill dan hard skill bisa ditambahkan untuk menunjukkan kemampuan apa saja yang Anda punya. Hard skill dan technical skill yang Anda dapatkan dari mengikuti kursus, pelatihan, atau seminar akan sangat membantumu dalam melamar posisi yang Anda lamar.

Contoh soft skill:

  • Public Speaking: Beberapa pekerjaan tertentu memerlukan orang-orang dengan public speaking yang bagus. Anda yang terbiasa berbicara di depan umum dapat memasukkan kemampuan ini.
  • Leadership: Salah satu pekerjaan yang membutuhkan kemampuan leadership adalah Management Trainee (MT). Namun, tentunya kemampuan ini berguna untuk semua jenis pekerjaan.

Akan lebih menaikkan nilai diri ketika hard skill digunakan saat bekerja. Soft skill lebih berfokus pada komunikasi dengan orang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh soft skill dan hard skill yang dapat Anda cantumkan dalam CV:

Contoh hard skill:

  • Video Editing: Anda bisa mengedit video menggunakan aplikasi adobe premiere pro, after effect, dan sebagainya. Selain itu, jenis videonya seperti untuk iklan, promosi produk, atau storytelling.
  • Microsoft Office: Skill dapat mengoperasikan semua fitur microsoft office seperti word, excel, dan  power point. Karena sekarang ini perusahaan membutuhkan orang yang sudah mahir menggunakan komputer.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Sales Promotion Girl Kosmetik Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup sales promotion girl kosmetik untuk fresh graduate

download


Baca Juga: 
Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor Berpengalaman (Bahasa Indonesia)

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup sales promotion girl kosmetik yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup sales promotion girl kosmetik tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Girl Kosmetik/Beauty Advisor Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl Kosmetik Fresh Graduate yang baik dan benar. Dalam hal tersebut seorang recruiter diibaratkan menjadi scanner dalam mengoreksi CV dengan melihat kepribadian dari deskripsi yang Anda tuliskan pada CV. Tentunya CV akan memberikan kesan pertama pada recruiter. Untuk itu buatlah CV yang menarik, rapi, informatif dan jelas agar peluang Anda diterima di perusahaan atau tempat Anda melamar pekerjaan lebih besar dibandingkan dengan pelamar yang lain. Jika Anda ingin membuat CV dengan cepat dan mudah, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai macam website penyedia template CV Online seperti di VisualCV. Dengan website ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam template CV profesional yang akan membantu Anda untuk membuat CV yang menarik dan berkesan. Anda juga bisa menyesuaikan template CV dengan skill dan pengalaman kerja Anda. Jadi, kunjungi salah satu website penyedia template CV Online untuk mendapatkan template CV yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl Kosmetik (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel