Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Boy (Fresh Graduate)

Salah satu dokumen yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan curriculum vitae atau CV untuk melamar sebuah pekerjaan. CV sendiri berfungsi untuk mengenalkan diri sendiri ke perusahaan. CV membuat recruiter mengetahui diri Anda tanpa harus bertatap muka secara langsung. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja sales promotion boy (Bahasa Indonesia).

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sales Promotion Boy (Fresh Graduate)

CV lamaran kerja merupakan satu dokumen penting yang kita butuhkan untuk melamar pekerjaan baik untuk fresh graduate ataupun profesional. Sehingga kita tidak boleh membuat CV secara sembarangan. Di dalam artikel ini berisi beberapa poin singkat tentang CV dan contoh curriculum vitae sales promotion boy untuk fresh graduate.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotion Boy

Sales Promotion Boy adalah profesi yang bertujuan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa, seorang SPB bertanggung jawab penuh untuk menciptakan closing sesuai dengan yang ditargetkan oleh perusahaan. Untuk menjadi seorang SPB, diperlukan tanggung jawab yang besar dan juga kemampuan memikat pelanggan yang baik. Khususnya komunikasi. Seorang SPB harus mampu men-deliver produk kepada pelanggan dengan komunikasi yang baik, singkat, padat, dan jelas.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Sales Promotion Boy antara lain sebagai berikut:

  1. Menawarkan barang produksi/jasa perusahaan kepada konsumen;
  2. Menjelaskan spesifikasi produk yang dijual kepada konsumen;
  3. Memberikan simulasi hitungan biaya yang harus dikeluarkan dan menjelaskan manfaat yang akan diperoleh;
  4. Melakukan komunikasi dengan pelanggan;
  5. Memberi konsultasi barang yang akan dijual kepada calon pembeli

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum vitae atau susunan riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menyerahkan penjelasan secara ringkas tentang siapa diri Anda, riwayat pekerjaan dan pendidikan, serta hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk memenuhi posisi suatu pekerjaan bila dibandingkan dengan kandidat yang lain. Sederhananya CV atau resume adalah sebuah cerminan ringkas mengenai diri kita ke dalam suatu tulisan. Curriculum vitae yang baik akan menciptakan orang yang menyimak CV tersebut dapat membayangkan dengan baik orang yang terdapat di dalam CV itu sebelum bertemu secara fisik.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Sangatlah penting bagi Anda untuk selalu mencantumkan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara perusahaan yang merekrut bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak Sales Promotion Boy Fresh Graduate

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profilmu yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Contoh Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil Sales Promotion Boy Fresh Graduate

Saya seorang freshgraduate lulusan S1 Ilmu Komunikasi dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka berkomunikasi dan tertarik pada bidang penjualan, pemasaran dan retail. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Sama seperti ringkasan pengalaman kerja sebelumnya, mulailah dari pendidikan terakhir atau tingkat pendidikan tertinggi Anda. Sebutkan juga nama sekolah, institusi, atau universitas tempat Anda menempuh pendidikan, tanggal atau tahun mulai, dan tanggal atau tahun kelulusan. Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir.

Contoh Riwayat Pendidikan Sales Promotion Boy Fresh Graduate

S1 Ilmu Komunikasi [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


IPA[2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja/Organisasi/Dll

Unsur penting lainnya adalah pengalaman pekerjaan, hal ini perlu dicantumkan oleh siapa saja yang hendak membuat daftar riwayat hidup. Pengalaman pekerjaan menjadi bagian penting juga, karena bisa menjadi bahan pertimbangan HRD saat menemukan calon karyawan dengan pengalaman kerja yang linier. 

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar. Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya. Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya. Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya. Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Sales Promotion Boy Fresh Graduate

Anggota HMJ Ilmu Komunikasi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

  • Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi 
  • Membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar Sales Promotion Boy Fresh Graduate

Panitia Acara [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

  • Registrasi peserta
  • Melakukan pengecekan seluruh data peserta yang masuk
  • Mengontrol jalannya rundown acara
  • Menyiapkan sertifikat peserta

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Tulis kemampuan yang dimiliki, yang relevan dengan posisi yang dituju. Keahlian ini tergantung pada kemampuan yang dimiliki dan yang dibutuhin sama posisi tersebut. Misalnya, languages, computer, programs. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok: Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum. Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Sales Promotion Boy Fresh Graduate

  • Office (Word, Excel, PPT)
  • Komunikasi
  • Manajemen Waktu
  • Organisasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Teliti
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Sales Promotion Boy Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Boy untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup sales promotion boy untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Sales Promotion Boy Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Boy untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup sales promotion boy yang baru pertama kali melamar pekerjaa

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Boy Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Promotion Boy tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup sales promotion boy tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Boy Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Boy Fresh Graduate yang baik dan benar. Pada dasarnya tujuan mendapatkan profil atau figur pekerja yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, buatlah CV yang menarik, baik, jelas dan informatif. Jika Anda ingin mencari template CV yang baik dan profesional, Anda bisa mengunjungi website penyedia template CV Online seperti di Canva, Venngage. Website ini menyediakan berbagai jenis template CV yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Template CV yang tersedia di website ini juga dapat disesuaikan dengan mudah dan Anda dapat menyesuaikan informasi pribadi Anda di dalamnya. Selain itu, website ini juga menyediakan banyak fitur berguna untuk membantu Anda membuat CV yang menarik dan menarik perhatian. Jadi, jika Anda ingin mencari template CV yang baik dan profesional, cobalah mengunjungi website penyedia template CV Online.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Boy (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel