Contoh Curriculum Vitae (CV) Juru Masak (Cook) Untuk Fresh Graduate

Tidak salah mengartikan bahwa nasib ditentukan oleh curriculum vitae, dalam artian bahwa ditolak atau diterimanya lamaran pekerjaan seseorang tergantung pada deskripsi curriculum vitae yang diajukan dan dipelajari secara seksama oleh rekruter sebagai pihak yang menyeleksi lalu kemudian diambil keputusan apakah layak diberikan kesempatan untuk ke tahap selanjutnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Juru Masak (Cook) Untuk Fresh Graduate

Curriculum Vitae diambil dari bahasa latin yaitu Curricula Vitae dan Curricula Vitarum yang berarti Perjalanan Hidup. Makanya dalam bahasa Indonesia CV bisa diartikan sebagai Daftar Riwayat Hidup. Lebih lengkapnya pengertian CV adalah dokumen yang berisi data diri seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan lain-lain yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Juru Masak merupakan sebuah profesi yang sangat melekat di dunia food and beverage juga merupakan salah satu posisi yang sangat menentukan terhadap kualitas makanan yang disajikan. Bahkan, dengan semakin maraknya UMKM yang membangun usaha di bidang food and beverage, maka kebutuhan akan Juru Masak profesional pun semakin meningkat. Bukan hanya asal memasak, tetapi yang bisa menerapkan metode memasak yang baik, sehat dan aman tentunya untuk menghasilkan makanan yang bisa dikonsumsi. Sehingga pengetahuan mengenai hal-hal tersebut perlu dipahami oleh seorang Juru Masak.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan CV dan Contoh CV Juru Masak (Cook)

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Selain surat lamaran kerja juru masak (cook) fresh graduate (bahasa Indonesia), salah satu dokumen yang perlu Anda buat adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam dalam penulisan atau pembuatan CV tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Unsur pokok yang pertama di dalam daftar riwayat hidup atau CV adalah data diri. Data diri ini mencakup informasi mengenai identitas pribadi, mulai dari nama, tempat, tanggal lahir, nomor handphone, dan lain sebagainya. Informasi personal ini penting untuk membantu rekruter mengenal Anda secara personal juga.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak Juru Masak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Tidak lupa juga tulis deskripsi singkat yang menggambarkan diri Anda. Tulis deskripsi diri sebanyak tiga atau empat kalimat singkat, padat dan jelas untuk menarik perhatian REKRUTER. Anda bisa menceritakan siapa diri Anda, pendidikan terakhir, keahlian dan tujuan dalam berkarir.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Juru Masak Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Tata Boga dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang menyukai bagian pelayanan dan penyajian serta tertarik pada kegiatan yang berhubungan dengan bidang pembuatan makanan/minuman.  Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan, saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

--------------------------------------------------

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Juru Masak Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Saya seorang lulusan baru merupakan pribadi yang tertarik pada kegiatan pelayanan dan penyajian. Saya mempunyai ketertarikan untuk bekerja di bidang pembuatan makanan/minuman. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan di bidang ini, saya siap untuk menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki

Riwayat Pendidikan

Pelamar kerja sering mencantumkan pendidikan dari SD bahkan TK. Sebenarnya, informasi ini tidak dibutuhkan. Perekrut hanya akan memperhatikan riwayat pendidikan dalam 4-5 tahun terakhir. Jadi, sebaiknya memasukkan riwayat pendidikan dari SMA/SMK sampai universitas saja. Atau kalau Anda memiliki titel S2, maka masukkan universitas S1 dan S2 saja.

Contoh Riwayat Pendidikan Juru Masak Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Tata Boga [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45


Jurusan Tata Boga [2015-2017]

SMKN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95

--------------------------------------------------

Contoh Riwayat Pendidikan Juru Masak Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Jurusan IPA [2017-2019]

SMAN 7 TANOS

Mendapatkan nilai akhir rata-rata UN 8,95 dan berhasil mendapatkan prestasi …


Kelas VII, VIII & IX [2015-2017]

SMPN 4 TANOS

Mendapatkan nilai akhir rata-rata UN 8,95

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Tata Boga [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Seminar Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Peserta [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Mengikuti kegiatan Seminar Nasional Indonesia secara online yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Tata Boga Universitas Mars dengan tema " Pengembangan Ekosistem Industri Kreatif Sub-Sektor Fashion, Kuliner dan Kecantikan"

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Pelatihan/Training Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Peserta (Januari 2021)

PINTAR

PINTAR adalah portal pendidikan online untuk meningkatkan kesempatan kerja semua orang dalam usia produktif. Pengetahuan yang didapatkan setelah mengikuti pelatihan ini antara lain:

  • Belajar Teknik Dasar Memasak untuk Menjadi Juru Masak
  • Pengetahuan Dasar Juru Masak (Teori Juru Masak, Pengetahuan Bahan Sayur, Pengetahuan Daging, Pengetahuan Ayam, Pengetahuan Ikan, Pengetahuan Telur, Pengetahuan Ketersediaan Bahan, Pengetahuan Penyimpanan bahan)
  • Pengenalan Alat Memasak untuk Juru Masak (Penjelasan equipment, penjelasan utensil, Jenis- jenis pisau)
  • Teknik-teknik dasar menjadi juru masak(Teknik dasar Memasak, Teknik memegang pisau, Teknik potongan sayuran, jenis potongan daging, Jenis tingkat kematangan daging)
  • Teliti dalam memilih bahan masak (Menggunakan setiap alat- alat dan mengoperasikan kehati-hatian)

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Peserta [JANUARI – MARET 2021]

SUMBER GROUP

  • Melakukan magang mandiri di SUMBER GROUP dengan beberapa aktivitas antara lain:
  • Membantu menyiapkan makanan sesuai pesanan customer
  • Menjaga dan merawat kebersihan alat alat dapur dan alat masak
  • Menjaga dan merawat kebersihan kitchen
  • Membantu melakukan stok opname bahan makanan dan persiapan order jika stok mulai menipis
  • Membantu Staff Cafe jika sedang tidak ada pesanan makanan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Pelatihan/Training Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Peserta [JANUARI 2020]  

ABDI BANGSA INSTITUTE

Mengikuti pelatihan atau training di ABDI BANGSA INSTITUTE untuk bagian “Memasak Set Menu Indonesian food untuk juru masak pemula (Webinar)”. Dengan mengikuti pelatihan atau training ini, peserta diharapkan mampu :

  • Aspek Kompetensi Pengetahuan: Meningkatkan pengetahuan peserta dibidang kuliner, Peserta dapat dengan teliti/sabar/mandiri membuat masakan set menu indonesian food
  • Aspek Kompetensi Keterampilan: Peserta dapat dengan teliti/ cermat menggunakan peralatan yang tepat, peserta memilih dan menentukan bahan bahan yang tepat dalam pembuatan aneka set menu, dll
  • Aspek Kompetensi Sikap: Melaksanakan Prinsip higenis dan sanitasi dalam pelaksanaan pengolahan makanan, Melaksanakan dan menerapkan prinsip sikap Personal Hygiene dan Grooming, dll

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Magang Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Peserta [JANUARI – MARET 2021]

SUMBER GROUP

Melakukan magang mandiri di SUMBER GROUP dengan beberapa aktivitas antara lain:

  • Membantu menyiapkan makanan sesuai pesanan customer
  • Menjaga/ merawat kebersihan alat dapur dan alat masak
  • Menjaga dan merawat kebersihan kitchen
  • Membantu melakukan stok opname bahan makanan dan persiapan order jika stok mulai menipis
  • Membantu Staff Cafe jika sedang tidak ada pesanan makanan

--------------------------------------------------

Contoh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Peserta PRAKERIN [MARET – MEI 2019]

PT KENCANA BAKTI

Aktivitas yang dilakukan selama pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) diantaranya:

  • Membantu menyiapkan peralatan memasak yang akan dipergunakan
  • Membantu menyiapkan bahan mentah yang akan diolah
  • Membersihkan dan menyimpan peralatan yang telah digunakan
  • Membantu chef dalam mengolah makanan

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Juru Masak (Fresh Graduate)

  • Berpikir Kreatif
  • Komunikasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Pengetahuan Gizi
  • Inovasi
  • Teliti dan Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Juru Masak (Cook) Untuk Fresh Graduate

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup juru masak (cook) untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup juru masak (cook) untuk fresh graduate


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup juru masak (cook) untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup juru masak (cook) yang baru pertama kali melamar pekerjaan


Baca Juga:
Contoh Curriculum Vitae Juru Masak Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup juru masak (cook) tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup juru masak (cook) tanpa pengalaman kerja


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Juru Masak Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup juru masak (cook) lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate yang ke-1.

daftar riwayat hidup juru masak (cook) lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Juru Masak Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup juru masak (cook) lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

daftar riwayat hidup juru masak (cook) lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang baru pertama kali melamar pekerjaan


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup juru masak (cook) lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

daftar riwayat hidup juru masak (cook) lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Juru Masak (Cook) Fresh Graduate yang baik dan benar. Mengapa CV menarik, informatif dan rapi menjadi penting? Tentu saja karena Anda tidak sendirian dalam melamar pekerjaan. Ada ratusan hingga ribuan lain yang siap berkompetisi dengan Anda. CV yang menarik, jelas dan informatif membuat peluang diterima kerja akan semakin besar. Jika Anda sedang mencari tempat untuk membuat CV online, ada banyak situs web yang menyediakan berbagai template CV online yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV Anda sendiri seperti di novoresumevisualcv, dan lainnya. Anda hanya perlu memasukkan rincian diri Anda dan menyesuaikan template sesuai kebutuhan Anda. Dengan berbagai macam template yang tersedia, Anda pasti akan menemukan sebuah desain dan tema yang tepat untuk membuat CV Anda terlihat lebih profesional dan menarik.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Juru Masak (Cook) Untuk Fresh Graduate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel