Contoh Curriculum Vitae (CV) Chef (Koki) Untuk Fresh Graduate

Saat melamar sebuah pekerjaan, biasanya pihak perusahaan akan meminta kandidat menyertakan curriculum vitae (CV). Berkas ini bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk mempromosikan diri kepada perusahaan. Pihak perusahaan akan menggunakan CV sebagai salah satu pertimbangan untuk menyeleksi kandidat di awal proses rekrutmen.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Chef (Koki) Untuk Fresh Graduate

CV adalah dokumen yang berisi perjalanan hidup atau daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan dalam melamar sebuah pekerjaan. Dalam CV yang dibuat biasanya terdapat informasi misalnya data diri, pendidikan, keterampilan, dan riwayat pekerjaan serta informasi lainnya. CV merupakan salah satu bagian penting pada saat melamar pekerjaan.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Chef (Koki)

Istilah dari kata chef merupakan seseorang yang mempunyai keterampilan memasak di salah satu tempat serta dipercaya mampu untuk memimpin dapur lengkap dengan membuat racikan menu masakan di dalamnya. Chef juga termasuk seseorang yang paling suka memberikan pelatihan dan teknik atau tata cara memasak.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk chef antara lain sebagai berikut:

  • Menjaga secara keseluruhan dari kualitas bahan baku dan juga menu – menu yang dijual ke restoran. Bertanggung jawab penuh secara operasional bagian atau divisi produk.
  • Menciptakan menu–menu terbaru atau bisa dengan mengembangkan menu yang sudah ada. 
  • Membuat stAndar resep menu
  • Mengajukan pengurangan maupun penambahan dari jumlah karyawan yang ada di dapur kepada perusahaan

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan CV dan Contoh CV Chef (Koki)

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Selain surat lamaran kerja chef (bahasa Indonesia), salah satu dokumen yang perlu Anda buat adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam dalam penulisan atau pembuatan CV tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri Anda. Deskripsi diri atau about me dalam CV merupakan ringkasan profil Anda yang menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. Tips menulis deskripsi diri antara lain: Tulis secara singkat, Tonjolkan poin yang relevan, Masukkan kata kunci yang relevan dengan kualifikasi.

Riwayat Pendidikan

Seperti yang telah dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan curriculum vitae di atas, maka CV harus menjelaskan tentang perjalanan hidup Anda. Salah satu isinya adalah riwayat pendidikan. Kenapa riwayat pendidikan ini penting, karena rekruter akan menilai kompetensi Anda dari pendidikan yang ditempuh yang akan dicocokkan dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar. Jika terdapat kecocokan antara deskripsi pekerjaan dan pendidikan yang diambil ini akan menjadi sinyal yang baik bahwa pelamar kerja akan mampu mengambil tanggung jawab kerja.

Pengalaman Kerja

Penulisan pengalaman berorganisasi bertujuan untuk memberi tahu tentang keaktifan Anda dalam kehidupan bersosialisasi dengan orang seAndar. Sehingga rekruter mengetahui Anda dapat bekerjasama dengan team atau rekan kerja dalam bekerja saat Anda direkrut.

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Chef (Koki) Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu dalam bentuk file (.rar). Silahkan filenya di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup chef (koki) untuk fresh graduate yang ke-1.

fresh graduate

download


Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) Chef (Berpengalaman)

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup chef (koki) untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup chef (koki) yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Koki Fresh Graduate (Bahasa Inggris)
Contoh Surat Lamaran Kerja Koki Berpengalaman (Bahasa Indonesia)
Contoh Curriculum Vitae Koki Fresh Graduate (Bahasa Indonesia)
Contoh Curriculum Vitae Koki Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup chef (koki) tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup chef (koki) tanpa pengalaman kerja

download


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Chef Fresh Graduate (Bahasa Inggris)
Contoh Surat Lamaran Kerja Chef Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Chef (koki) Fresh Graduate yang baik dan benar. Oleh karena itu, membuat CV tidak boleh sembarangan. Apalagi yang akan pertama kali rekruter lihat dari para pelamar adalah CV-nya. Maka dari itu, bentuk dan isi CV akan dapat menentukan apakah nantinya lamaran Anda akan diterima atau malah ditolak. Template CV Online merupakan pilihan yang tepat untuk menunjang pekerjaan Anda. Anda dapat mengunjungi website penyedia template CV Online untuk mendapatkan banyak template yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV Anda sendiri seperti di canva atau cvmaker. Template CV Online yang tersedia di website tersebut dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memodifikasinya sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, jika Anda ingin menemukan template CV yang terbaik untuk Anda, Anda dapat mengunjungi website penyedia template CV Online.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Chef (Koki) Untuk Fresh Graduate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel