Contoh Curriculum Vitae (CV) Digital Marketing (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen penting pada saat melamar pekerjaan. Dalam CV akan terdapat rangkuman mengenai informasi penting yang dibutuhkan sebagai data pelamar kerja. Sehingga, dengan membaca CV tersebut perusahaan dapat mengetahui kandidat yang melamar pekerjaan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Digital Marketing (Fresh Graduate)

Oleh karena itu, CV harus dibuat dengan baik, informatif dan selengkap mungkin. Sehingga, CV harus bisa dimanfaatkan oleh pelamar pekerjaan untuk menunjukkan diri mereka yang sebenarnya. Maka dengan begitu, perusahaan akan terkesan dan peluang untuk ke tahap selanjutnya dan kesempatan bekerja semakin besar.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing

Digital marketing adalah sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media digital, baik melalui media sosial atau iklan digital. Meningkatnya penggunaan internet dan media sosial telah mengubah strategi pemasaran dalam mempromosikan brand, produk, atau jasa kepada konsumen. Pada dasarnya, tujuan utama digital marketing adalah menjangkau konsumen seluas-luasnya. Jika, melalui cara konvensional hal tersebut terbilang sulit dan membutuhkan biaya besar, strategi digital marketing memberikan solusi untuk membuatnya lebih efektif.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Digital Marketing antara lain sebagai berikut:

  • Bertugas menciptakan konten yang berkualitas untuk memudahkan pengguna ataupun audiens mendapat informasi produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Bertugas menjangkau target pasar melalui platform sosial media. 
  • Bertugas melakukan pemasaran melalui mesin pencari (seperti google, yahoo, safari, dll) untuk memasarkan produk/jasa menggunakan situs web bisnis.
  • Merencanakan dan menjalankan semua pemasaran digital di media sosial
  • Affiliate Marketing yaitu metode pemasaran dimana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan atau menjual produk. Strategi dari affiliate marketing ini bertanggung jawab pada pemasaran produk.

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

CV merupakan singkatan dari curriculum vitae, yang artinya adalah daftar riwayat hidup. Pada umumnya, CV akan berisi tentang perjalanan hidup seseorang, mulai dari riwayat sekolah hingga pekerjaan. CV penting untuk dibuat semenarik mungkin, singkat, dan jelas. CV menawarkan diri kepada perusahaan, bukan sekedar rangkaian data.

CV atau daftar riwayat hidup harus berisi keunggulan-keunggulan yang Anda tawarkan kepada perusahaan berdasarkan fakta. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja digital marketing fresh graduate (bahasa Indonesia).

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Hal pertama yang dicantumkan dalam daftar riwayat hidup yaitu data diri. Data diri ini berisi: Nama lengkap dan gelar (jika ada); Alamat tempat tinggal; Nomor telepon genggam; Surat elektronik atau email. Tulis informasi data diri secara jelas dan lengkap agar perusahaan bisa dengan mudah mengenal dan menghubungi Anda.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Deskripsi tentang diri Anda adalah kesempatan yang bagus untuk mempromosikan diri. Tulislah sebanyak tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian perekrut dan menginginkan mereka mengetahui lebih banyak tentang Anda.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Digital Marketing Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Teknik Informatika dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka terhadap teknologi, informasi dan komunikasi serta tertarik untuk berkarir di bidang pemanfaatan teknologi digital dalam dunia pemasaran.  Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan, saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah Anda tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Digital Marketing Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Teknik Informatika [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45 dan berhasil mendapatkan prestasi yaitu ...


IPS [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Berhasil lulus tepat waktu dengan meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95 dan berhasil mendapatkan prestasi yaitu ...

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Teknik Informatika [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan.


Anggota OSIS  [2015-2016]

SMAN 7 TANOS

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

Contoh Pengalaman Seminar Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Peserta [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Mengikuti kegiatan Seminar Nasional Indonesia secara online yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Mars dengan tema "Peran Teknologi Informasi dalam Kehidupan Global"

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok: Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum. Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Digital Marketing (Fresh Graduate)

  • Pemahaman SEO/SEM
  • Software Corel Draw, Adobe Ilustrator, Premiere dan Photoshop
  • Desain
  • Pemecah Masalah
  • Berpikir kreatif
  • Komunikasi
  • Bekerja Tim/Individu
  • Organisasi
  • Detail

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Digital Marketing Untuk Fresh Graduate

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Digital Marketing untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup digital marketing untuk fresh graduate


Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) Digital Marketing (Berpengalaman)

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Digital Marketing untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup digital marketing yang baru pertama kali melamar pekerjaan


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Digital Marketing tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup digital marketing tanpa pengalaman kerja


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Digital Marketing Fresh Graduate yang baik dan benar. Salah satu dokumen yang wajib disiapkan dalam proses melamar kerja adalah Curriculum Vitae atau CV. Memiliki CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar. Anda dapat mengunjungi stus penyedia template CV online seperti di cvmenarik yang menawarkan berbagai template yang dapat Anda gunakan.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Digital Marketing (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel