Contoh Curriculum Vitae (CV) Human Resource Development (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dokumen tersebut sangat penting karena menjadi salah satu acuan untuk menilai apakah orang tersebut layak diberikan kesempatan ke tahap seleksi berikutnya. Nantinya CV ini akan menjadi salah satu dokumen lampiran dalam surat lamaran kerja human resource development.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Human Resource Development (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae (CV) atau Resume atau Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran diri Anda atau perjalan hidup Anda yang sesungguhnya. Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam curriculum vitae atau CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Human Resource Development

HRD adalah singkatan dari human resource development. HRD dapat diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia atau karyawan adalah salah satu aset yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, dibutuhkan divisi khusus yang bertugas untuk mengelolanya, yaitu HRD. HRD merupakan komponen yang penting dari bisnis apa pun, terlepas dari besarnya perusahaan.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Human Resource Development antara lain sebagai berikut:

  • Mengatur dan mengkoordinasikan kegiatan bagian HRD meliputi rekrutmen dan payroll
  • Mengatur dan mengawasi kegiatan administrasi kepegawaian perusahaan meliputi rekrutmen/seleksi, penempatan/penugasan, dan payroll
  • Mengatur dan mengawasi proses penilaian kinerja karyawan dan penyelenggaraan konseling karyawan.
  • Mengatur dan mengawasi kegiatan administrasi pemisahan karyawan (pemberhentian/pemutusan hubungan kerja), sesuai aturan pokok kepegawaian yang berlaku dan ketentuan perundang-undangan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV dan Contoh CV Human Resource Development

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Selain surat lamaran kerja Human Resource Development, salah satu dokumen yang perlu Anda buat adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pembuatan CV tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Sebagaimana CV dibikin untuk mengenalkan diri Anda, maka pertama yang mesti Anda isi dulu dalam CV itu adalah data pribadi, meliputi (1) nama lengkap, (2) tempat dan tanggal lahir, (3) alamat, (4) nomor telepon, dan (5) alamat email. Selain itu, bisa juga tambahkan identitas lainnya.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • No. HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Bagian ini berisi hal menarik pada diri anda, saatnya untuk mempromosikan diri kepada rekruter perusahaan yang membuka lowongan. Cobalah tarik minat rekruter perusahaan tersebut dengan menerangkan keunggulan yang dimiliki secara ringkas dan menarik. Dengan begitu rekruter mampu menggambarkan diri Anda dengan tepat, karena lebih tahu tentang diri pencari kerja. Tulislah seAndar tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian rekruter yang melakukan recruitment untuk memperbesar kemungkinan Anda diterima.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Human Resource Development Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Saya seorang fresh graduate lulusan S1 Psikologi dari Universitas Bima Sakti. Saya merupakan pribadi yang suka terhadap pengaturan, pengelolaan dan manjemen suatu hal/kegiatan dan tertarik untuk berkarir di bidang pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan.  Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan, saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah Anda tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan.

Contoh Riwayat Pendidikan Human Resource Development Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

S1 Psikologi [2017-2020]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Berhasil lulus tepat waktu dengan mendapatkan IPK akhir 3,45 dan berhasil mendapatkan prestasi yaitu ...


IPS [2015-2017]

SMAN 7 TANOS

Meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95 dan berhasil mendapatkan prestasi yaitu ...

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Anggota HMJ Psikologi [2018-2019]

UNIVERSITAS BIMA SAKTI

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan


Anggota OSIS  [2015-2016]

SMAN 7 TANOS

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

-----

Contoh Pengalaman Seminar Lulusan Sarjana atau Diploma (Fresh Graduate)

Peserta [JAN 2021]

SEMINAR NASIONAL INDONESIA

Mengikuti kegiatan Seminar Nasional Indonesia secara online yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Mars dengan tema "Psikoedukasi Dalam Peningkatan Kesadaran Kesehatan Mental"

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Dalam CV Anda, ada kalanya Anda perlu menjelaskan keterampilan apa saja yang Anda miliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Human Resource Development (Fresh Graduate)

  • Pengetahuan Psikologi
  • Manajemen SDM, Waktu & Dokumen
  • Pengoperasi Komputer & Internet
  • Bahasa Inggris
  • Komunikasi
  • Multitasking
  • Bekerja Tim/Individu
  • Organisasi

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Human Resource Development Untuk Fresh Graduate

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Human Resource Development (HRD)/Personalia untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup human resource development untuk fresh graduate


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Human Resource Development (HRD)/Peronalia untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup human resource development yang baru pertama kali melamar pekerjaan


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Human Resource Development (HRD) tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup human resource development tanpa pengalaman kerja


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Human Resource Development Fresh Graduate yang baik dan benar. Beberapa skill atau kemampuan untuk posisi ini seperti Kecakapan organisasi; Multitasking; Mengetahui dan mengikuti etika bisnis; Mampu mengambil keputusan; Dapat membangun komunikasi yang baik; Berdedikasi dan bersedia untuk mengembangkan diri; Dapat menciptakan strategi efektif dan efisien; Berorientasi pada tim.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Human Resource Development (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel