Contoh Curriculum Vitae Admin Project (Fresh Graduate)

 Apa perasaan kalian ketika telah dinyatakan lulus dalam menempuh pendidikan? Hal yang sangat penting dipertimbangkan adalah mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill dan kemampuan kalian. Selain surat lamaran pekerjaan, salah satu dokumen yang mesti kalian buat adalah curriculum vitae. Nah pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat curriculum vitae (cv) atau daftar riwayat hidup untuk admin project bagi yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau fresh graduate.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Admin Project (Fresh Graduate)

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah gambaran diri Anda. Keberadaan CV sangatlah krusial karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita. Ibaratnya apa yang kita tulis di CV adalah usaha kita dalam menjual dan memasarkan keahlian diri yang kita miliki. Anda harus memastikan bahwa Curriculum Vitae yang anda buat sudah menjelaskan rincian pendidikan, organisasi, hingga pengalaman kerja yang dapat menjadi bahan pertimbangan. Dokumen ini nantinya akan menjadi lampiran surat lamaran kerja admin project fresh graduate beserta dokumen lainnya.

Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab Admin Project

Admin Project adalah bagian yang bertanggung jawab atas keperluan administratif dalam suatu proyek. Mulai dari urusan dokumentasi, penanganan anggaran, laporan keuangan, hingga agenda rapat. Dengan adanya pembukuan dan pencatatan, proyek diharapkan tetap terorganisir dan berjalan dengan baik. Tentunya pekerjaan ini tidak jauh dari skill manajemen.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Admin Project antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan Tugas bagian Admin Proyek
  2. Mempersiapkan seluruh berkas Administrasi proyek sesuai dengan SOP Perusahaan.
  3. Membantu semua bagian yang terlibat dalam proyek mempersiapkan dokumen dan berkas proyek.
  4. Membantu Project Supervisor dalam hal Administrasi Project.
  5. Memastikan semua Administrasi Project tertata Rapi dan terjaga kerahasiaannya.
  6. Koordinasi dengan pihak internal terkait masalah Project.
  7. Melaksanakan tugas lain yang diinstruksikan pimpinan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri & Informasi Kontak

Informasi data diri wajib kalian masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Ada kalanya, seorang HRD tidak membaca secara detail CV Curriculum Vitae yang ditulis oleh pelamar, apalagi berkas pelamar yang menumpuk dikarenakan banyaknya pelamar. Oleh karena itu, membuat profil pribadi yang menarik tentang latar belakang dan kemampuan pelamar akan membuat pihak HRD tertarik apakah calon pelamar tersebut sesuai dengan kriteria calon karyawan yang diinginkan oleh perusahaan. Dalam penulisan Profil singkat atau Tentang saya, pelamar kerja harus pandai mendeskripsikan diri mereka sesingkat mungkin, namun dapat menggambarkan diri mereka dengan kepribadian yang paling dekat atau sesuai dengan pekerjaan yang sedang perusahaan butuhkan.

Riwayat Pendidikan

Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika kalian sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika kalian sampai SMA maka kalian tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru kalian dalam menempuh pendidikan.

Pengalaman Kerja

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa kalian ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi tuliskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila kalian punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila kalian punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila kalian punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila kalian punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Walaupun ada banyak kemampuan yang kamu miliki, bukan berarti semuanya harus dicantumkan dalam CV. Pilih saja skill yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Skill/Keterampilan utama dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Admin Project Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Admin Project untuk fresh graduate yang ke-1.

download


Baca juga: 

Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Admin Project untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup admin project yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca Juga:

Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Admin Project tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

download


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Admin Project Fresh Graduate yang baik dan benar. Setelah kamu melengkapi contoh CV dengan lengkap, pastikan bahwa kamu bisa menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan dengan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien. Kemudian tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut. Termasuk di jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau skill yang kalian miliki. Kunjugi lowongan pekerjaan di situs terpecaya seperti LinkedIn dan situs lowongan kerja lainnya agar Anda dapat memperoleh lowongan pekerjaan melalui internet.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae Admin Project (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel