Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Staf Marketing

Pada artikel ini saya akan berbagi informasi tentang contoh curriculum vitae untuk staf marketing. Pada umumnya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang biasanya diwakili oleh seorang HRD rata-rata melakukan review atau pengecekan CV dengan waktu yang yang sangat singkat.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing
Nah dari sini teman-teman harus membuat CV yang memberikan kesan informatif secara singkat dan jelas agar pihak HRD mempertimbangkan curriculum vitae yang kita buat. Oleh karena itu buatlah CV yang menarik, baik dan benar agar teman-teman dapat diberikan kesempatan untuk maju pada tahapan selanjutnya.

Apa Itu CV dan Marketing?

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan suatu dokumen yang berisi informasi gambaran tentang pengalaman dan kualifikasi lainnya. CV biasanya digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan atau mendaftar beasiswa. Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup pada umumnya berisi biodata, riwayat pendidikan, deskripsi diri, informasi kontak, kemampuan/keterampilan/skill, pengalaman kerja, prestasi atau penghargaan dan minat atau hobi.

Marketing adalah serangkaian usaha yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam marketing seperti membuat produk, promosi, distribusi, penjualan sampai pada strategi dalam pemasaran dan pengembangan produk.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Penulisan CV

Dalam menulis atau membuat sebuah daftar riwayat hidup atau cv, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.

Deskripsi Diri/Ringkasan Profil

Untuk fresh graduate atau belum punya pengalaman kerja, buatlah ringkasan atau deskripsi diri yang berisi tiga sampai empat baris saja yang memuat bidang pendidikan, kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, alasan atau motivasi dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
Untuk Anda yang sudah punya pengalaman kerja (experience) isi kolom ini dengan bidang pendidikan, keterampilan atau kemampuan yang telah dimiliki selama bekerja di tempat kerja sebelumnya dan alasan mengapa melamar kerja diperusahaan itu.

Biodata Dan Informasi Kontak

Masukkan tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama dan alamat. Masukkan juga email yang formal yang berhubungan dengan nama Anda. Untuk nomor HP atau WA, masukkan nomor aktif yang dapat dihubungi agar memudahkan dalam pemberian informasi selanjutnya. Selain itu Anda juga dapat memasukkan akun sosial media seperti instagram, facebook atau twitter. Bila punya akun LinkedIn silahkan masukkan juga.

Pengalaman Kerja

Untuk Anda yang sudah punya pengalaman kerja (experience), pada penulisan pengalaman kerja cantumkan nama perusahaan, jabatan atau posisi dan periode kerja. Selain itu Deskripsikan secara detail apa yang dikerjakan serta tugas dan tanggung jawab Anda selama berada di perusahaan tersebut. Untuk Anda yang fresh graduate atau belum punya pengalaman kerja Anda dapat mencantumkan pengalaman organisasi, magang, PKL atau volunteer.

Keterampilan, Skill atau Kemampuan

Untuk fresh graduate, cantumkan secara spesifik keahlian atau keterampilan yang dimiliki. tapi ingat jangan menyertakan keterampilan yang tidak kamu punya dan usahakan keahlian tersebut relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
Untuk Experience, tuliskan keterampilan atau kemampuan apa saja yang telah dimiliki selama bekerja disebuah perusahaan dan tulis secara spesifik keahlian tersebut.

Riwayat Pendidikan

Untuk kolom pendidikan masukkan nama kampus atau sekolah, jurusan IPK atau nilai rata-rata dan tahun. Saran saya pada kolom ini masukkan hanya dua riwayat pendidikan terakhir saja. Misalnya yang lulusan sarjana, silahkan memasukan pendidikan SMA dan sarjana saja. Untuk yang SMA silahkan memasukkan pendidikan SMA dan SMP saja. Untuk pendidikan tingkat TK dan SD, saran saya tidak usah dimasukkan karena di tahap tersebut belum bisa digali potensi yang dimiliki. Pada kolom ini juga masukkan kegiatan atau prestasi apa saja yang pernah diraih misal ikut lomba, ikut baksos, jadi mc atau presenter, juara tingkat nasional dan kegiatan atau prestasi lainnya. Selain pendidikan non-formal, teman-teman juga dapat memasukkan riwayat pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Hobi & Minat

Pada kolom ini sebenarnya hanya pilihan (opsional). Kolom ini hanya berupa tambahan informasi. Anda dapat mencantumkan atau tidak mencantumkan kolom ini. Apabila Anda memasukkan kolom ini, tuliskanlah minat dan hobi yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Job Description atau Tugas & Tanggung Jawab Untuk Sales Marketing

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab atau pekerjaan yang dilakukan oleh sales marketing antara lain sebagai berikut
  • Melakukan pekerjaan bagian marketing yang stay di kantor
  • Merancang, menentukan, mendesain dalam menawarkan jasa dan fasilitas.
  • Membuat strategi promosi dan media promosi (Iklan radio, koran, brosur, televisi).
  • SMS Marketing atau SMS Promosi
  • Rutin melakukan sales call (menghubungi calon klien potensial).
  • Membuat database pelanggan
  • Menghandling reservasi dari mulai hingga selesai ke PIC Klien.
  • Membuat Laporan untuk evaluasi berkala guna mengukur pencapaian

Contoh CV Untuk Staf Marketing

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu dalam bentuk file (.rar). Silahkan filenya di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Fresh Graduate

Curriculum vitae staf marketing untuk fresh graduate yaitu pelamar yang baru pertama kali melamar kerja atau belum punya pengalaman kerja sebelumnya. berikut contohnya.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing


Anda juga dapat menggunakan design template berikut.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing

Experience

Daftar riwayat hidup staf marketing untuk experience yaitu pelamar yang sudah punya pengalaman kerja atau telah pernah bekerja di sebuah perusahaan, bisa juga experience yaitu sedang bekerja di sebuah perusahaan tetapi ingin pindah di perusahaan lain dengan alasan tertentu. Berikut contohnya

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing


Untuk teman-teman yang ingin menambahkan sedikit warna, Anda dapat menggunakan design template ini.
Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh curriculum vitae untuk staf marketing. Buatlah surat lamaran kerja untuk staf marketing yang baik dan benar. Selain itu persiapkanlah dokumen lain dan dokumen pendukung dalam melamar pekerjaan. Bagi teman-teman yang masih kurang informasi lowongan pekerjaan, pelajari 5 cara mendapatkan informasi lowongan pekerjaan agar lebih memudahkan dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan di buka oleh perusahan atau instansi. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Staf Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel