Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)

Pada artikel ini merupakan contoh curriculum vitae (cv) untuk Sales Promotion Girl (SPG) dan Sales Promotion Boy (SPB) yang dapat digunakan pada saat melamar kerja di sebuah perusahaan atau instansi. Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup pada umumnya merupakan salah satu dokumen yang biasanya dipersyaratkan dalam melamar sebuah pekerjaan atau mendaftar sebuah beasiswa. CV ini sebagai lampiran yang tercantum dalam surat lamaran kerja untuk SPG/SPB.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)
Curriculum vitae (cv) adalah dokumen yang memberikan deskripsi tentang pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Pada umumnya di dalam daftar riwayat hidup terdapat biodata atau data diri, informasi kontak, deskripsi diri, pengalaman kerja/organisasi, riwayat pendidikan, keterampilan atau skill, prestasi, hobi dan minat serta referensi kontak.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Dalam membuat atau menulis sebuah CV ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisannya agar HRD tertarik untuk membaca dan ingin tahu lebih dalam mengenai Anda. Untuk itu dibawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan curriculum vitae baik untuk fresh graduate yaitu yang baru pertama kali melamar kerja (belum punya pengalaman kerja) maupun experience yaitu yang sudah punya pengalaman kerja.

Tentang Saya Atau Profil

Pada umumnya profil singkat atau tentang saya berisi tentang background pendidikan atau riwayat pendidikan terakhir, aktivitas terakhir atau pengalaman kerja, minat karir dan alasan ingin bergabung atau bekerja. Buatlah secara singkat dan padat.

Biodata & Informasi Kontak

Pada kolom Biodata atau data diri silahkan masukkan data seperti tempat tanggal lahir, jenis kelamin, status, alamat, agama dan alamat. Pada informasi kontak tuliskan nomor HP atau WA yang aktif dan dapat dihubungi oleh HRD. selain itu masukkan juga alamat email dan sertakan juga akun sosial media teman-teman seperti instagram atau facebook.

Pendidikan

Anda dapat mencantumkan pendidikan formal dan non formal. Untuk Pendidikan non-formal seperti pelatihan atau kursus. Pada pendidikan formal masukkan Jurusan, IPK atau Nilai rata-rata. Tuliskan hanya dua pendidikan terakhir saja. Misalkan lulusan Sarjana hanya menuliskan sarjana dan SMA saja. Untuk teman-teman yang lulus SMA tuliskan SMA dan SMP saja. Di kolom pendidikan ini juga tuliskan kegiatan apa saja yang dilakukan selama menempuh jalur pendidikan.

Pengalaman

Beberapa pengalaman yang dapat dimasukkan dalam CV seperti pengalaman kerja, pengalaman magang, pengalaman praktek, pengalaman organisasi, pengalaman seminar dan pengalaman volunteer atau komunitas. Pada kolom pengalaman tuliskan hal-hal apa saja yang Anda lakukan dalam menjalani kegiatan tersebut.

Untuk Anda yang fresh graduate atau belum punya pengalaman kerja, teman-teman dapat memasukkan pengalaman organisasi, magang, praktek kerja lapangan, seminar atau komunitas. Jangan lupa tuliskan kegiatan atau hal apa saja yang dilakukan selama bergabung dalam organisasi atau pengalaman-pengalaman tersebut. Sedangkan untuk experience (sudah punya pengalaman kerja) silahkan masukkan nama perusahaan, posisi dan tahunnya dan sertakan juga job desk atau tugas dan tanggung jawab apa saja yang dilakukan.

Skill atau Keterampilan

Pada kolom ini, masukkan skill atau keterampilan yang dimiliki yang tentunya sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Tulislah keterampilan secara spesifik. Tapi ingat jangan menyertakan atau menuliskan skill yang sebenarnya tidak Anda miliki. Anda dapat menambahkan kemampuan berbahasa asing sebagai salah satu keterampilan dalam berbahasa.

Prestasi

Untuk Anda yang fresh graduate Anda dapat menuliskan prestasi apa saja yang pernah diraih baik pada saat mengikuti jenjang pendidikan maupun kegiatan lain. Sedangkan untuk experience bisa memasukkan prestasi yang diraih selama bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Kolom ini tidak mesti ada dalam CV.

Hobi & Minat

Kolom ini tidak mesti ada dalam penulisan CV, tapi Anda dapat memasukkannya sebagai tambahan informasi. Tulislah hobi dan minat yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Deskripsi Pekerjaan, Tugas & Tanggung Jawab Sales

Sales merupakan aktivitas penjualan barang dan jasa. Sebenarnya ada berbagai jenis pekerjaan dibidang sales seperti sales executive, sales motoris, sales promotion (sales promotion boy dan sales promotion girl), sales area manager, team leader sales, telesales. Untuk artikel kali ini hanya ditampilkan contoh cv untuk SPG dan SPB. Pada umumnya beberapa job desk, tugas dan tanggung jawab untuk sales SPB dan SPG antara lain sebagai berikut:
  • Mencari dan mengunjungi calon customer untuk menawarkan produk serta perkembangan terbaru
  • Mempromosikan keunggulan produk yang akan dijual.
  • Mampu memahami product knowledge dengan cepat.
  • Melakukan penawaran ke calon customer dan memfollow-up penawaran tersebut hingga customer memberikan keputusan.
  • Menjadi penghubung dengan customer dan membantu menyelesaikan masalah yang terkait customer.
  • Melakukan penjualan sesuai dengan target yang diberikan perusahaan
  • Menjual Produk sesuai kebutuhan Customer dan dapat mencapai target penjualan pribadi
  • Berkoordinasi dengan Departemen Account Receivable dalam menentukan kredit limit dan pembayaran customer, serta memonitor dan menangani piutang customer.
  • Melakukan maintaining kepada customer ataupun pengembangan customer agar dapat memberikan Repeat Order.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik sesuai kebutuhan Customer.

Contoh Curriculum Vitae Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)

Disini terdapat masing-masing dua contoh daftar riwayat hidup baik untuk fresh graduate maupun experience. File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu dalam bentuk file (.rar). Silahkan filenya di extract menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya.

Fresh Graduate

Curriculum vitae SPB dan SPG untuk fresh graduate yaitu pelamar yang belum punya pengalaman kerja. Biasanya siswa atau mahasiswa yang baru menyelesaikan masa studinya dan langsung ingin terjun di dunia kerja. Berikut contohnya.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)



Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Promotion Boy Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Anda juga dapat menggunakan design template ini.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)

Experience

Daftar riwayat hidup untuk Experience yaitu pelamar yang sudah punya pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya. Biasanya ingin mencari pekerjaan baru atau sebelumnya pernah di PHK jadi mencari pekerjaan baru. Berikut contohnya.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)


Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Boy (Berpengalaman)

Design template berikut dapat juga Anda gunakan untuk Anda yang experience.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)

Baca Juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Promotion Girl (Berpengalaman)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh curriculum vitae (cv) untuk sales promotion girl (SPG) dan sales promotion boy (SPB). Pastikan mengisi cv sesuai dengan data yang sebenarnya. Lengkapi juga beberapa dokumen yang dipersyaratkan oleh pihak pembuka lowongan pekerjaan. Pelajari juga 5 cara mendapatkan informasi lowongan pekerjaan agar teman-teman semakin luas dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan. Khusus untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja atau tidak pernah ikut pengalaman organisasi, sebaiknya mulai sekarang ikutilah pelatihan, seminar, magang atau kursus yang dapat menambah wawasan pengetahuan Anda sekaligus dengan mengikuti kegiatan tersebut nantinya akan menambah kolom pengalaman pada saat menulis cv sehingga daftar riwayat hidup yang dibuat tidak kelihatan terlalu kosong. Semoga bermanfaat!

2 Responses to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel