Tips Jitu Dan Ampuh Dalam Menghemat Kuota Internet

Tak bisa dipungkiri internet adalah sudah menjadi kebutuhan pokok kita. Hampir setiap hari dan setiap saat kita selalu terhubung dengan internet. Pada saat bangun pagi biasanya buka HP cek WhatsApp atau Facebook. Kemudian di Siang hari atau di waktu luang kita biasanya lebih lama dalam bermain HP banyak yang di buka misalnya instagram, youtube, google, berita online, pesan makanan secara online, main game dan aktivitas lainnya. Begitupun di malam hari dikamar kita biasanya video call, nonton film secara online, dengarkan musik secara online, sampai-sampai ketiduran dan lupa mematikan internetnya.

Tips Jitu Dan Ampuh Dalam Menghemat Kuota Internet

Selain itu banyak sekali aplikasi yang di Install di HP untuk menemani kita. Boleh dibilang HP itu sudah seperti borgol di tangan yang sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Baik disadari maupun tidak di sadari semua aktivitas yang berhubungan dengan internet akan sangat membuat kuota atau data paket ini internet kita terkuras dan akan cepat habis. Itu akan menguras isi dompet kita karena selalu membeli kuota internet. Oleh karena itu, kita perlu beberapa tips jitu dan ampuh dalam menghemat kuota sehingga kita dapat menggunakan kuota internet dengan tepat. Nah berikut beberapa tipsnya.

1. Mengecek aplikasi yang dapat menguras kuota

Pengecekan aplikasi perlu dilakukan karena tanpa disadari banyak aplikasi yang dapat menguras kuota internet. Beberapa orang biasanya mendownload aplikasi kemudian menginstalnya untuk kebutuhan dan ada juga yang hanya ingin mencoba aplikasi tersebut. Tanpa disadari itu menghabiskan banyak kuota internet. Untuk mengecek aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak kuota caranya berbeda untuk masing-masing HP. Untuk HP merek samsung caranya yaitu masuk ke menu setting lalu pilih koneksi kemudian pilih data usage/pengguna data. Setelah itu, scroll ke bawah dan disini akan terlihat aplikasi mana saja yang paling banyak menghabiskan kuota. Uninstall saja aplikasi yang tidak dibutuhkan atau yang jarang dipakai.

2. Gunakan aplikasi yang lebih efisien


Ada banyak aplikasi yang sangat membutuhkan banyak kuota internet seperti youtube dan aplikasi sosial media seperti facebook. Anda dapat mengganti dengan aplikasi lain dengan fungsi yang sama dan menggantinya dengan aplikasi yang lebih hemat kouta internet seperti Twitter Lite, Facebook Lite, Instagram Lite atau YouTube Go. Selain itu aplikasi mesin pencari HP seperti google chrome juga menghabiskan banyak kuota internet.nah untuk  mengefisienkan aplikasi ini kita dapat mengaktifkan mode penghematan data Caranya yaitu masuk di google chrome kemudian pilih bagian titik tiga pada kanan atas browser lalu pilih Setelan. Setelah itu pilih menu Penghemat Kuota Internet dan selanjutnya pilih aktifkan dengan begitu kuota internet akan sedikit lebih hemat. Selain aplikasi bawaan google seperti google chrome, Anda juga dapat menginstal aplikasi browser yang lebih hemat kuota seperti Opera Mini.

3. Update Aplikasi jika terhubung dengan Wifi

Salah satu hal yang membuat kuota cepat habis yaitu sering meng-update aplikasi yang terinstall di HP menggunakan kuota internet seluler. Aplikasi di HP memang sering meminta untuk meng-update masing-masing aplikasi karena aplikasi tersebut menyempurnakan dan menambahkan beberapa fitur dalam aplikasi tersebut. Apabila puluhan Aplikasi di HP di update tentu akan sangat menguras paket kuota. Bahkan aplikasi di HP sering ter-update otomatis tanpa kita perintahkan dan mengambil kuota internet seluler. Untuk mengatasi hal tersebut, usahakan update aplikasi di tempat yang terhubung dengan Wifi gratis. Untuk menonaktifkan aplikasi agar tidak terupdate otomatis dengan menggunakan kuota data seluler maka silahkan masuk di Play Store kemudian pilih menu setelan/setting, setelah itu pilih update aplikasi secara otomatis dan kemudian akan tampil tiga pilihan:

  • Melalui jaringan apa pun
  • Melalui Wi-Fi Saja
  • Jangan Update aplikasi secara otomatis

Saran saya agar memilih pilihan ketiga, karena dapat bebas meng-update aplikasi sesuai dengan keinginan baik itu melalui kuota data seluler atau melalui Wi-Fi. Dengan begini dapat menghemat kuota. Untuk pengguna iOS, masuk ke settings kemudian iTunes & App Stores lalu nonaktifkan pilihan Use Cellular Data.

4. Nonaktifkan Koneksi Internet Kuota Data Seluler Saat Tidak Terpakai Atau Tidak Dibutuhkan


Tips lain untuk menghemat kuota data internet adalah mematikan koneksi internet data seluler saat tidak terpakai atau dibutuhkan. Anda bisa mematikan koneksi internet pada saat Anda sedang tidak benar-benar dan tidak perlu dengan internet. Misalnya saat sedang tidur Anda dapat mematikan koneksi internet, bisa juga pada saja waktu jalan-jalan, berada diatas kendaraan atau sedang mengendarai kendaraan, sedang berkumpul bersama keluarga, atau berada di tempat yang tidak ada sinyal. Anda juga mematikan koneksi data seluler pada saat mendapat jaringan WiFi. Tetapi apabila jaringan Wi-Fi lemah atau sudah tidak terjangkau lagi, maka silahkan mengaktifkan kembali koneksi internetnya dengan menggunakan kuota data seluler.

5. Mengatur Notifikasi Penggunaan Data


Kita sering menggunakan internet secara terus menerus tanpa memperhatikan kuota. Kita baru sadar ketika ada peringatan dan pemberitahuan dari operator mengenai data kuota internet yang akan habis atau telah habis. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kita perlu mengaktifkan peringatan di HP. Dengan mengaktifkan peringatan ini, kita akan mendapatkan peringatan pada saat penggunaan kuota melampaui batas. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini berbeda beda untuk masing-masing merk HP. Untuk HP samsung silahkan masuk ke Settings lalu pilih koneksi kemudian pilih penggunaan data lalu pilih data seluler setelah itu pilih atur batas data seluler dan tap untuk mengaktifkannya.

0 Response to "Tips Jitu Dan Ampuh Dalam Menghemat Kuota Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel