Cara Menggunakan Fitur Aplikasi Zoom Untuk Peserta Meeting Room Di HP Android

Menggunakan aplikasi video conference untuk sebuah meeting atau mengajar secara online merupakan salah satu solusi lain yang dapat digunakan karena keterbatasan jarak. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan video conference. Zoom cloud meeting adalah salah satu alternatif aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan video conference. Selain di laptop atau PC, aplikasi ini juga dapat di install di HP Android.

Cara Menggunakan Fitur Aplikasi Zoom Untuk Peserta Meeting Room Di HP Android

Cara menginstall aplikasi ini pun sangat mudah. Tetapi dalam penggunaan fiturnya, masih ada yang masih merasa bingung dalam menggunakan fitur aplikasi zoom ketika berada dalam sebuah meeting room. Ada yang bingung tentang cara chat secara pribadi dan juga ada yang masih kurang paham dengan cara menampilkan file presentasi di HP. Perlu diketahui dalam sebuah meeting room terdapat host dan participants. Host adalah pembuat meeting room dan Participants adalah peserta dalam meeting room. Nah, untuk artikel kali ini, saya akan memberikan informasi tentang cara menggunakan fitur aplikasi zoom untuk peserta meeting room di HP Android. Berikut cara menggunakannya.


Cara Buka Zoom dan Join Meeting Room 

1. Buka aplikasi zoom cloud meeting di HP Android

aplikasi zoom di HP Android

maka akan tampil menu utama aplikasi zoom. Ada dua cara untuk masuk di meeting room sebagai peserta meeting. Cara pertama yaitu apabila tidak mempunyai akun zoom  atau akun gmail, SSO dan facebook maka langsung masuk di meeting room dengan memilih join a meeting di halaman utama aplikasi zoom cloud meeting. Cara kedua yaitu apabila telah mempunyai akun zoom cloud meeting, atau akun gmail, SSO dan Facebook maka pilih Sign In dengan menggunakan akun tersebut kemudian setelah dipilih sign in silahkan pilih akun yang diinginkan untuk masuk di profil. setelah sign menggunakan akun maka akan muncul tampilan beranda sesuai dengan profil Anda, selanjutnya pilih join untuk bergabung di meeting room. 

Untuk artikel kali ini saya akan masuk di meeting room dengan cara pertama yaitu join a meeting di menu utama aplikasi zoom.

Menu utama zoom

2. Setelah Anda memilih join a meeting maka akan muncul tampilan permintaan ID meeting atau personal link name. ID meeting ini diberikan oleh pembuat meeting room (host), Anda tinggal meminta ID meetingnya. Setelah itu masukkan ID meeting dan nama. Selanjutnya pilih Join meeting. Keterangan: Don't connect to audio (jangan hubungkan dengan audio/suara). Turn off my video (matikan/non aktifkan video saya).

Permintaan ID Meeting

3. Setelah memasukkan ID meeting dan nama, pilih join tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan meeting room. Apabila ada pemberitahuan seperti gambar berikut

Ruang tunggu untuk menerima persetujuan dari host

itu artinya pembuat room (host) melakukan enabled meeting room yaitu semua yang meminta bergabung di meeting room harus menunggu persetujuan host untuk masuk di meeting room. Jadi tunggu sampai host menerima (meng admit) Anda untuk masuk di meeting room.

5. Setelah di admit oleh host, maka akan muncul tampilan meeting room itu artinya Anda telah berada di dalam meeting room yang bertindak sebagai peserta meeting.

Tampilan meeting room

Untuk bergabung dengan audio artinya mendengarkan dan ikut aktif dalam berbicara di meeting room pilih join audio kemudian akan tampil informasi dan pilih call via device Audio.


maka tampilan join audio menjadi tulisan mute dan Anda sudah terhubung dengan audio dalam meeting room. untuk menonaktifkan suara/audio (suara Anda tidak terdengar di meeting room) pilih gambar suara di pojok kiri atas atau pilih ikon mute.

Nonaktifkan (matikan) suara

Untuk mengaktifkan video, pilih start video dan untuk mematikan pilih stop video

Video Aktif

Beberapa fitur yang dalam meeting room serta cara menggunakannya.

A. Participants


Fitur participants

Participants digunakan untuk melihat siapa saja peserta lain yang ada dalam peserta meeting room. Untuk membuka participants pilih ikon participants maka akan muncul tampilan participants. Apabila ingin menghilangkan tampilan participants, silahkan pilih close maka layar akan kembali seperti semula.

B. Chat

zoom group chat

Fitur chat digunakan untuk berinteraksi dengan para peserta dan host melalui pesan atau chat yang ada dalam zoom group chat meeting room. Untuk membuka fitur chat pilih ikon chat maka akan muncul tampilan chat. Apabila ingin menghilangkan tampilan chat, pilih close di pojok kiri atas maka layar akan kembali seperti semula. untuk menulis chat di dalam zoom group chat silahkan pilih everyone dan isi di kolom type message here kemudian tekan enter maka chat Anda akan terbaca di dalam zoom group chat.

Selain mengirim pesan kepada semua peserta dan host yang ada dalam meeting room, Anda juga dapat mengirim pesan chat secara pribadi tanpa diketahui peserta lain dengan cara pilih everyone kemudian ganti dengan memilih orang yang ingin di chat pribadi kemudian tulis pesan di kolom  type message here kemudian tekan enter maka chat yang dikirim hanya akan dibaca oleh peserta yang telah dipilih tadi.
chat secara pribadi

C. Share Screen


Fitur Share screen

Share screen digunakan untuk menampilkan file yang akan dipresentasikan di dalam meeting room. File bisa dalam bentuk foto, ppt, pdf, video dan file lainya. Selain itu ada juga whiteboard share screen yang bisa digunakan untuk menulis. Untuk membuka fitur share screen silahkan pilih ikon share maka akan muncul tampilan share screen. Apabila ingin menghilangkan tampilan share screen, silahkan pilih close maka layar akan kembali seperti semula.

Untuk menampilkan file dalam bentuk foto atau gambar, buka share screen kemudian pilih photo

Share foto atau gambar

setelah itu muncul tampilan penyimpanan gambar pilih salah satunya. Misalkan fotonya ada di galeri maka pilih galeri
Lokasi penyimpanan foto atau gambar

selanjutnya cari file gambar atau foto yang ingin ditampilkan setelah itu pilih share maka akan tampil foto yang telah dipilih tadi di share screen meeting room.

Untuk menampilkan file yang akan dipresentasikan misalnya file pdf, pilih ikon share kemudian pilih document setelah itu akan muncul tampilan device storage kemudian pilih device storage tersebut

Device Storage

selanjutnya cari lokasi penyimpanan file tersebut. Misalnya file berada di folder Bluetooth maka buka pilih folder Bluetooth  

folder penyimpanan file

kemudian pilih file yang akan ditampilkan kemudian pilih share maka akan muncul file di share screen meeting room. untuk berhenti pilih stop share.

File yang ditampilkan dalam share screen

Untuk menampilkan whiteboard share screen, pilih dan buka share screen kemudian pilih share whiteboard 
Share whiteboard

setelah itu akan muncul tampilan share whiteboard. Untuk menggunakan fitur dalam whiteboard misalnya penghapus, text dan fitur lainnya pilih gambar pensil yang ada di pojok kiri bawah.

Tampilan awal share whiteboard

selanjutnya akan muncul tampilan share whiteboard yang berisi beberapa fitur dalam menulis.

Penggunaan fitur whiteboard

Apabila ingin berhenti pilih tanda silang (close) di pojok kiri atas maka Anda akan kembali ke meeting room.

Untuk keluar dari meeting room, silahkan pilih leave meeting maka muncul pertanyaan "do you want to leave this meeting" kemudian pilih leave meeting maka Anda telah keluar dari sebuah meeting room dan kembali kehalaman utama meeting room.

Akhir Kata

Demikianlah Cara Menggunakan Fitur Aplikasi Zoom Untuk Peserta Meeting Room Di HP Android. Semoga bermanfaat.

5 Responses to "Cara Menggunakan Fitur Aplikasi Zoom Untuk Peserta Meeting Room Di HP Android"

  1. Bermanfaat sekali saya jadi mengerti setelah baca karna saya belajar online makanya artikel kek gini pnbting banget

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat. Terima kasih...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak sangat bermanfaat, terutama bagi anak saya yg SD

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel