Indahnya Berpakaian Syar'i

Terlahir sebagai wanita adalah anugerah dan harus disyukuri bagi insani muslimah, namun bukan berarti terlahir sebagai pria adalah hal yang buruk. Setiap manusia dengan gender apapun, laki-laki dan wanita mempunyai porsinya masing-masing. Bukankah, Allah menciptakan dua pasang manusia berawal dari Adam dan Hawa, dua manusia yang berjenis kelamin berbeda, batasan aurat yang berbeda, juga dengan cara berpakaian yang berbeda.

Laki-laki dengan batasan aurat mulai dari bagian pusar hingga lutut, sedangkan wanita seluruh tubuhnya kecuali dua bagian yakni telapak tangan dan wajah. Lalu! Bagaimana berpakaian yang dianjurkan dalam Islam bagi wanita Muslimah, tentu pakaian yang menutup aurat pakaian yang syar’i. Pakaian syar'i adalah pakaian yang menutup dari ujung rambut hingga ujung kaki, kecuali wajah dan telapak tangan. Tidak terlihat ketat juga tidak teransparan, tentunya yang sesuai dengan syariat Islam.

Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Ahzab Ayat 59 yang artinya:
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Islam mewajibkan seorang wanita untuk dijaga dan dipelihara dengan sesuatu yang tidak sama dengan kaum laki-laki, wanita dikhususkan dengan perintah untuk berhijab, menutup diri dari laki-laki yang bukan mahromnya serta berpakain yang menutup aurat dan sering dikenal dengan pakaian syar’i, selain itu dengan berpakain syar’i akan menambah energi positif dari berbagai sisi, menimbulkan rasa bahagia tersendiri bagi yang mengenakanya. Beberapa energi positif dari berpakain syar'i diantaranya sebagai berikut:

1. Berpakaian Syar’i Dapat Menahan Diri Dari Perbuatan Tercela
Menahan diri dari perbuatan yang dilarang agama tidaklah mudah, karna fitrahnya manusia tidak bisa jauh dari salah dan khilaf baik secara sadar maupun tidak. Menahan diri bukan berarti tertahan untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktifitas. Terkadang banyak wanita muslim yang enggan mengenakan pakain syar’i dengan dalih tidak bebas melakukan aktifitas ini dan itu (aktifitas positif) bahkan ada yang beralasan berpakain syar’i itu ribet.

Pemikiran yang demikian harus diluruskan, sebenarnya dengan berbusana syar’i kita masih bisa melakukan berbagai aktifitas diluar seperti, olah raga , kerja diluar lapangan, angkat galon, naik turun kendaran, dan masih banyak lagi. Ditambah saat ini begitu banyak shop online atau offline yang menjual berbagai macam pakain syar’i dengan berbagai keriteria dan pilihan model sesuai dengan yang diinginkan, namun perlu diingat harus tetap menjaga kaidahnya jangan berlebihan karna sesuatu yang berlebih-lebihan itu dilarang dalam Islam.

Saat tampil dengan balutan pakaian syar’i dapat menahan diri ketika ingin melakuakn perbuatan tercela. Manusia tidak luput dari khilaf dan butuh untuk selalu diingatkan. Terkadang seringkali kita membicarakan aib orang lain, marah terhadap seseorang, perasaan iri, dengki hingga menimbulkan niat jahat, bahkan ada juga wanita islam berdua-duan dengan laki-laki yang bukan mahromnya, dan masih banyak contoh perbuatan buruk lainya. Nah, saat melihat diri tertutup dengan pakain syar’i apakah pantas rasanya melakukan hal yang demikian, dalam diri akan timbul rasa tidak pantas jika perbuatan buruk ini terus berlanjut. Maka segeralah berehenti dan menjauh dari perbuatan tercela tersebut dan mintalah ampunan dari Allah SWT.

2. Dijauhkan Dari Gangguan/ Godaan Laki-Laki Hidung Belang
Wanita muslimah sebaiknya menghindari bertemu dengan laki-laki yang bukan mahrom, apabila tidak ada kepentingan atau hal yang mendatangkan manfaat. Namun jika ada keharusan dan ingin bertemu tetaplah berpegang pada unsur yang syar’i, dengan tidak bertemu berdua saja antar laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom apa lagi ditempat yang sepi, karena bisa jadi menimbulkan fitnah dan yang ditakutkan tidak bisa menahan diri.

Sayangnya godaan dari laki-laki masih sering kali terjadi dengan alasan hoby atau hanya sekedar suka-suka dan iseng. Bukan tidak mungkin godaan itu bisa saja menimpa wanita muslimah. Namun bisa dihindari dengan tetap Istiqomah berpakaian syar'i, karna sedikit banyaknya hal itu dapat mencegah godaan dari laki-laki hidung belang. Melihat wanita yang menjaga kehormatan laki-laki akan merasa sungkan bila mengangunya, hal ini akan mengurangi kemungkinan wanita yang berpakaian syar'i untuk diganggu.

3. Merasa Aman dan Terlindungi
Tampil dengan pakaian yang tertutup dapat menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, jilbab yang dikenakan dapat melindung rambut dari paparan sinar matahari langsung. Baju yang syar'i  dapat melindungi tubuh dari cuaca panas, dingin, dan masih banyak lagi, sedikit banyaknya pakain syar'i dapat melindungi si pemakai dari hal-hal yang membahayakan, yang terkadang sering dialami oleh wanita  berpakain terbuka. Wanita yang tidak memakai jilbab, rambut mudah kusam karena polusi dan paparan sinar matahari langsung.

Baju yang tidak menutup tubuh dengan sempurna atau sering dikenal dengan pakaian seksi tentu mempunyai dampak buruk tersendiri bagi orang yang memakai. Misalnya, terasa panas karna paparan sinar matahari langsung, dingin saat cuaca hujan, kulit mudah terlukai dari benda tajam disekitar atau gigitan serangga. Selain itu bukan tidak mungkin disekitar kita banyak hal yang tidak diinginkan terjadi. Tetapi bila kita memakai pakaian yang di syariatkan dalam Islam InsyaAllah dapat meminimalisir hal itu terjadi. Selain itu, dengan pakaian syar'i menutup aurat dapat menjaga diri dari pandangan  laki-laki yang bukan mahromnya.

4. Indah Dipandang
Sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita soleha yakni wanita yang mentaati perintah Allah, mampu menundukan pandangan penuh dengan kelembuatan namun tetap tegas, wanita yang mampu menjaga kehoramatnya mulai dari sikap, cara bergaul, juga tentang bagaiman iya berpakain  dalam kehidupan sehari-hari. Wanita yang mampu menutup aurat sesuai dengan yang disyariatkan dalam Islam. Islam itu indah salah satunya wanita yang mampu menutup aurat dengan berpakain syar'i pakaian yang indah dipakai untuk menjaga kehormatan dan menyejukan hati bagi yang melihatnya.

Namun perlu di ingat jangan berlebihan, hanya ingin tampil indah di mata manusia, sampai rela mengorbankan harta untuk membeli pakaian yang mewah dan mahal hanya untuk penilaian lebih dimata manusia. Itu adalah presepsi yang salah. Bukan kah yang lebih utama itu penialaian  Allah, dimata Allah kita semua sama, yang membedakan adalah bagaimana Ibadah dan ketaatan kita kepada-Nya.

5. Mentaati Perintah Agama Islam
Dalam Islam wanita mempunyai kedudukan yang mulia, dihormati, dan  dilindungi. Begitu Islam menjaga wanita, dan tujuan hidup kita adalah mencari Ridhonya Allah bukan! Bisa diraih dengan mentaati apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang. Salah satunya perintah untuk menutup aurat dari laki-laki yang bukan mahrom bagi wanita.

Allah SWT berfirman dalam surah An-Nur ayat 31 yang artinya:

"Katakanlah kepada orang wanita yang beriman, "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluanya, dan jangan mereka menampakan perhiasan, kecuali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasanya, kecuali kepada suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan(terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa Allah memerintahkan wanita Islam untuk menutup aurat dari yang bukan mahrom. Yaitu pakaian syar'i sesuai dengan yang disyariatkan.

Kita Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sedemikian sempurna. Harta, kedudukan, keluarga , paras yang cantik  hanyalah pemberian Allah yang bersifat sementara dan akan kembali kepadanya. Wanita yang diamanahkan itu semua akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang sudah diperbuat selama hidup di dunia. Bagaiman seorang wanita menjaga kehormatan, cara berpakaian. Apakah sudah sesuai dengan yang disyariatkan dalam Islam.

Maka mulailah dan cobalah untuk berpakai Syar'i. Karna bisa jadi berawal dari perubahan cara berpakaian yang baik, juga bukan tidak mungkin kebaikan yang lain akan menyusul. Sederhananya untuk diri pribadi kita sendiri dan akan lebih mulia bila hal baik itu sampai pada orang lain. Mungkin awalnya akan ada nyanyian kecil orang disekitar yang bertujuan melemahkan niat yang sudah ditekatkan, namun percayalah sesuatu yang diniatkan karna Allah, InsyAllah akan berakhir dengan baik. Bukankah tujuan hidup kita Surganya Allah maka, taatilah apa yang diperintahkan karna mentaati perintahnya itu Indah.

Belum ada Komentar untuk "Indahnya Berpakaian Syar'i "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel