Cara Menggunakan Audio & Video Meeting Room di Zoom Cloud Meeting Untuk Laptop atau PC

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara install dan buat akun zoom cloud meeting di laptop dan zoom cloud meeting di HP. Sekarang kita akan membahas cara menggunakan audio dan video di aplikasi zoom cloud meeting khususnya di dalam meeting room. Hal ini penting karena ada beberapa orang yang menginstall aplikasi ini tetapi kurang paham dengan penggunaan audio dan video meeting room.

Cara Menggunakan Audio & Video Meeting Room di Zoom Cloud Meeting Untuk Laptop atau PC

Perlu diketahui apabila memakai aplikasi zoom cloud meeting versi gratis, maka setiap 40 menit meeting room akan berhenti atau Sign out secara otomatis.

Meeting Room

Untuk melihat fitur yang ada di meeting room, silahkan buka dulu new meeting di aplikasi zoom cloud meeting


kemudian klik maximize untuk memperbesar layar. Setelah itu, akan tampil ukuran maximize meeting room dan fitur meeting room.


untuk mendapatkan informasi tentang room meeting yaitu meeting ID, Host, Password, Numeric password (Telephone/Room Systems), Invitation URL, Participant ID silahkan klik ikon (i) di pojok kiri atas zoom meeting



maka akan tampil informasi meeting room


Anda juga dapat membuat meeting room menjadi full screen dengan mengarahkan kursor pojok kanan atas


kemudian klik enter full screen maka tampilan meeting room menjadi full screen


untuk kembali ke tampilan semula, Anda tinggal mengklik exit full screen di pojok kanan atas maka tampilan akan kembali seperti semula.

Penjelasan Tentang Fitur Meeting Room

1. Audio (suara)

Tampilan Audio terletak di pojok kiri bawah di dalam meeting room.


Apabila ingin membisukan (tanpa suara) audio di laptop artinya orang lain tidak dapat mendengar suara Anda tetapi Anda masih dapat mendengar suara/pembicaraan anggota atau peserta lain di dalam meeting room. Caranya, silahkan arahkan kursor ke ikon audio kemudian klik ikon audio tersebut maka akan muncul tanda merah di audio. Itu artinya audio berada dalam kondisi bisu (unmute) dan peserta lain tidak dapat mendengar suara Anda.


Anda juga dapat memilih tombol Alt+A di keyboard laptop untuk membisukan audio. Akan muncul juga tanda merah di audio yang menandakan bahwa audio unmute. Untuk mengaktifkan kembali audio silahkan klik ikon audio maka tanda merah akan hilang artinya audio kembali aktif dan peserta lain dapat mendengar Anda berbicara. Anda juga dapat memilih tombol Alt+A di keyboard agar audio kembali aktif.

Untuk beberapa informasi dan pengaturan audio, silahkan arahkan kursor ke samping kanan ikon audio (∧)


lalu klik arah panah tersebut maka akan muncul informasi berikut


> Select a Microphone pilih saja Microphone

> Select a Speaker pilih saja Speaker
> Test Speaker & Microphone untuk mengecek speaker dan microphone apakah berfungsi atau tidak
> Switch to Phone Audio untuk mengetahui Meeting ID,Participant ID dan Password
> Leave Computer Audio untuk meninggalkan audio komputer artinya Anda tidak bergabung dengan audio komputer tetapi hanya tergabung dalam video meeting.


untuk bergabung kembali silahkan klik join audio maka akan muncul tampilan join audio


kemudian ceklist (centang) Automatically join audio by computer when joining a meeting agar Audio secara otomatis terhubung ketika bergabung dalam sebuah meeting, setelah itu pilih dan klik join with computer audio maka Anda akan kembali terhubung dengan audio meeting room.


> untuk audio setting silahkan di klik dan ikuti pengaturan gambar berikut


Setelah itu klik close untuk keluar dari tampilan audio setting


2. Video

Tampilan Video terletak di pojok kiri bawah di dalam meeting room (sebelah kanan ikon audio)

Apabila ingin menonaktifkan (mematikan) video di laptop artinya orang lain tidak dapat melihat video/wajah Anda tetapi Anda masih dapat melihat video/wajah anggota atau peserta lain di dalam meeting room. Caranya, silahkan arahkan kursor ke ikon video kemudian klik ikon video tersebut maka akan muncul tanda merah di video. Itu artinya video berada dalam kondisi non aktif (dimatikan) dan peserta lain tidak dapat melihat video/wajah Anda.



Anda juga dapat memilih tombol Alt+V di keyboard laptop untuk mematikan video. Akan muncul juga tanda merah di video yang menandakan bahwa video non aktif. Untuk mengaktifkan kembali video silahkan klik ikon video maka tanda merah akan hilang artinya video kembali aktif dan peserta lain dapat melihat video/wajah Anda. Anda juga dapat memilih tombol Alt+V di keyboard agar video kembali aktif.

Untuk beberapa informasi dan pengaturan video, silahkan arahkan kursor ke samping kanan ikon video (∧)


lalu klik arah panah tersebut maka akan muncul informasi berikut


> Select a Camera untuk memilih kamera laptop

> Video Settings, untuk video setting silahkan di klik dan ikuti pengaturan gambar berikut


Setelah itu klik close untuk keluar dari tampilan video settings

> Choose Virtual Background digunakan untuk mengganti latar belakang video.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang penggunaan audio dan video meeting room di aplikasi zoom cloud meeting. untuk fitur meeting room seperti Manage participant, chat, share screen, dan beberapa fitur lainnya akan dibahas di artikel lain di website ini. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Menggunakan Audio & Video Meeting Room di Zoom Cloud Meeting Untuk Laptop atau PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel