Tips Memperbaiki Kesalahan dalam Penulisan Daftar Riwayat Hidup atau CV

Daftar Riwayat Hidup atau yang sering kita kenal dengan Curriculum Vitae (CV) atau Resume merupakan dokumen yang mendeskripsikan data pribadi yang Anda miliki. CV digunakan sebagai salah satu kelengkapan dokumen yang biasanya digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan di perusahaan/instansi yang mempunyai kontrak kerja atau tempat kerja yang tidak mempunyai kontrak kerja. Ketika Anda melamar pekerjaan, CV merupakan bagian penting karena didalamnya berisi data tentang data diri, pengalaman, pendidikan dan kemampuan yang akan dibutuhkan.


Dalam menulis daftar riwayat hidup, sering ditemui beberapa kesalahan dalam penulisannya sehingga perusahaan atau pihak yang membuka lowongan pekerjaan tidak memperoleh data yang lengkap dan terperinci misalnya identitas diri yang tidak lengkap dan kemampuan yang dimiliki. Berikut beberapa tips dalam memperbaiki kesalahan dalam penulisan Daftar Riwayat Hidup.

1. Identitas (Data Pribadi)

Tulis identitas Anda dengan lengkap dan jelas, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, Agama, status perkawinan, tinggi dan berat badan, kewarganegaraan, alamat lengkap, pekerjaan yang dilamar, telepon dan nomor hp, tambahkan alamat email bila Anda punya akun Email. Apabila Anda belum mempunyai akun email, maka sebaiknya Anda membuat akun Email di Yahoo atau  Gmail.

2. Pendidikan

Masukkan pendidikan formal yang pernah Anda lalui. Lengkapi dengan memasukkan tahun awal masuk dengan tahun akhir kelulusan, jenjang studi, jurusan dan nama lembaganya. Apabila Anda mempunyai pendidikan normal seperti ikut dalam pelatihan atau kursus, maka masukkan juga dalam bagian ini. Untuk urutan dimulai dari pendidikan formal kemudian pendidikan non-formal.

3. Kemampuan

Jelaskan secara singkat kemampuan yang Anda miliki sesuai dengan bidang yang Anda lamar. Misalkan:
  • Marketing: saya menyukai tantangan, saya mempunyai komunikasi dengan sangat baik, mampu mencapai target yang ditentukan
  • Customer service: Mampu menggunakan Microsoft  Office, mampu berkomunikasi dengan baik, pasif dalam berbahasa inggris
  • Keuangan : Mampu melakukan kegiatan Administrasi dan Keuangan, Perpajakan,
  • IT Support : Saya dapat melakukan tugas bagian IT Support, maintenance dan service hardware software laptop/PC, maintenance dan service jaringan internet/ LAN, mengatasi perbaikan jaringan. 

4. Pengalaman Kerja (Jika Ada)

Untuk yang sudah punya pengalaman kerja di tempat kerja sebelumnya, silahkan masukkan jenis pekerjaan, jabatan, pangkat, tanggung jawab, wewenang pekerjaan dan prestasi apabila ada. Masukkan juga periode kerja yaitu bulan dan tahun awal dan akhir posisi yang pernah ditempati. Apabila belum pernah bekerja, silahkan kosongkan untuk bagian.

5. Pengalaman Organisasi (Jika Ada)

Untuk Anda yang punya pengalaman organisasi agar dimasukkan karena ini juga merupakan salah satu pertimbangan dalam pemilihan karyawan nantinya. Masukkan pengalaman organisasi yang sesuai dengan posisi yang anda pilih. jangan memasukkan pengalaman organisasi yang tidak sesuai dengan apa yang Anda lamar, itu dapat mengurangi penilaian Anda. Bagi yang tidak punya pengalaman organisasi, silahkan lewati ini.

6. Referensi Kerja (Jika Ada)

Bagi Anda yang sudah punya pengalaman kerja silahkan masukkan orang yang dapat dihubungi oleh pihak pembuka lowongan pekerjaan. Biasanya nama atasan yang pernah anda tempati bekerja sebelumnya yang akan dimasukkan di referensi kerja. Atasan anda sebelumnya akan dihubungi oleh pihak pemberi kerja untuk menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan Anda. Usahakan referensi kerja yang Anda masukkan, betul-betul mengerti dengan sifat, job deskripsi dan kemampuan Anda. Apabila Anda merasa kurang yakin atau ragu dalam hal ini, maka Anda bisa melewatinya atau tidak mencantumkannya. 

Demikianlah beberapa tips perbaikan dalam kesalahan penulisan CV Anda. Lengkapi dan Tulislah CV Anda dengan sebaik baiknya agar dapat diterima menjadi bagian dari tempat kerja dimana Anda melamar!

0 Response to "Tips Memperbaiki Kesalahan dalam Penulisan Daftar Riwayat Hidup atau CV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel