Ini Yang Anda Dapat Lakukan Agar Tidak Bosan Di Rumah

Pandemi Corona membuat orang menjadi ketakutan. Virus Corona ini sudah menyebar ke beberapa belahan dunia dan tingkat penularannya sangat pesat. Bahkan pemerintah sendiri menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang wilayahnya sudah terjangkit virus Covid-19 yang lebih dikenal dengan sebutan virus corona untuk tetap di rumah. 


Kerja, sekolah dan rutinitas lainnya harus dikerjakan di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Semua dilakukan #dirumahaaja. Kalau sudah begini apa yang terlintas dipikiran kita? Bosan, Bete, jenuh itu sudah pasti.

Nah, untuk menghilangkan itu semua coba deh hal-hal berikut!

1. Bersih-bersih rumah


Moment #dirumahaja bisa diisi dengan bersih-bersih rumah lho. Mungkin dengan kesibukan yang padat terkadang membersihkan rumah adalah hal yang paling berat karena setelah seharian beraktifitas di luar rumah menjadikan tubuh terasa capek. Nah, mumpung Anda tidak kemana mana, ada baiknya rumah dibersihkan. Misalnya menyapu, lap kaca, merapikan isi lemari. Selain itu, Anda dapat memisahkan barang yang masih layak digunakan dan barang yang sudah jarang lagi digunakan. Barang yang masih bagus tapi tidak digunakan lagi misalnya pakaian anak bisa kita sumbangkan kepada orang yang membutuhkan tapi kita tunggu dulu sampai wabah virus corona ini berakhir.

2. Olahraga

Olahraga adalah bagian dari upaya untuk menjaga kebugaran tubuh. Sekalipun menjalani isolasi mandiri di rumah, olahraga dan kegiatan positif harus tetap dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Olahraga diyakini membuat tubuh merasa lebih baik sehingga Anda akan merasa lebih tenang, nyaman, dan gembira. Hal itu karena dengan berolahraga mampu melepaskan hormon endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin. 

Di dalam rumah, Anda bisa melakukan senam, yoga, atau stretching. Kejar-kejaran hingga gulat yang sering dilakukan ayah dengan anak laki-lakinya bisa membakar kalori juga. Jika memiliki halaman rumah, lakukan badminton atau bermain bola. Sempatkan berjemur selama 5-15 menit antara jam 10 pagi hingga 4 sore. Pada jam ini, sinar matahari sangat bagus untuk meningkatkan imunitas yang dibutuhkan untuk melawan virus.

3. Memasak

Kalau di rumah bawaannya lapar terus. Mau delivery pulsa gak ada. Perasaan was-was juga menghantui. Kita belum tahu apakah makanan tersebut aman dari virus dan bakteri. Daripada bete, bingung, khawatir tidak jelas mending masak sendiri. Disamping murah meriah kita juga bisa tahu bahan dan kandungan makanan yang kita buat dan yang pasti sehat. Coba membuat resep baru bersama mereka. Membuat kue atau kreasi minuman, bahkan membuat mie sendiri dari adonan bisa menjadi pilihan. Tak perlu khawatir rumah kotor, Anda bisa mengajak mereka bebersih bersama. Yang penting, anak belajar banyak hal, Anda pun memiliki waktu berkualitas dengan mereka

4. Kumpul bersama keluarga

Ternyata virus corona bisa membawa hal yang positif termasuk berkumpul bersama keluarga di hari kerja. Banyak keluarga yang sudah jarang berkumpul bersama disebabkan kesibukan mereka masing-masing. Moment ini bisa digunakan untuk berkumpul bersama karena semua kegiatan dilakukan di rumah. Orang tua dan anaknya bisa saling bercengkrama, ngobrol, bercanda dan bercerita tentang semua hal. Mengajak anak ngobrol tentang pelajaran, hingga masalah yang dia hadapi membuat hubungan anak dan orang tua semakin dekat.


5. Membaca Buku

Membaca buku adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan kejenuhan selama di rumah. Membaca buku bisa dilakukan selama di rumah kapan saja dan dalam keadaan bersantai sambil duduk ataupun berbaring. Kini, Anda bisa memiliki waktu untuk membacakan buku. Kemajuan teknologi membuat buku masa kini memiliki banyak fitur tambahan, seperti buku yang bisa diraba, bisa berbunyi, buku berstiker, atau buku yang memiliki banyak jendela. Remaja pun bisa Anda perkenalkan dengan bacaan yang menurut Anda sesuai dengan minatnya. Dengan membaca kita bisa menggali banyak informasi seperti apa yang sering kita dengar “buku adalah jendela dunia”.

6. Menulis

Selama ini mungkin kita disibukkan dengan aktivitas yang membuat terburu-buru. Selama #dirumah aja coba deh tuangkan ide dan pikiranmu di atas kertas atau buku. Menulis jurnal, cerita, puisi atau apapun yang kamu mau adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa bosan selama di rumah.

Pada saat menulis, Anda akan merasakan dan menikmati betapa indahnya menuangkan ide dan pengalamanmu dalam sebuah goresan. Disamping itu, dengan menulis Anda dapat menambah ilmu pengetahuan dan membagikan beberapa informasi kepada orang lain. Ada dapat membuat tulisan berdasarkan ide yang Anda kuasai dan pengalaman yang pernah Anda lakukan.

7. Mendekatkan Diri Dengan Sang Pencipta


Sebagai makhluk yang patuh dan taat terhadap Sang Pencipta. Alangkah baiknya kita lebih mendekatkan diri lagi dengan Sang Pencipta, Ada beberapa hal yang dapat dilakukan selama berada dirumah seperti memperdalam lagi ilmu Agama dengan membaca Buku, Kitab, Al-Qur'an atau yang berhubungan dengan Agama. Selain itu kita berdo'a agar orang-orang yang telah meninggal diberikan tempat yang terbaik disisi-Nya, berdo'a agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, berdo'a agar kita diberi kesehatan dan dilindungi dari wabah virus ini serta berdo'a agar cobaan ini segera berlalu.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan saat di rumah selama wabah virus corona ini berlangsung. Semoga bisa bermanfaat. di rumah saja dulu walaupun ini akan terasa membosankan, Jagalah selalu kebersihan dan ikuti semua arahan dari pemerintah.

0 Response to "Ini Yang Anda Dapat Lakukan Agar Tidak Bosan Di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel