Contoh CV Office Boy Lulusan SMA/SMK (Fresh Graduate)

Penjelasan tentang curriculum vitae yang biasa dijadikan sebagai bahan referensi ketika Anda melamar atau mencari pekerjaan, dapat ditemukan dalam dokumen yang dikenal sebagai curriculum vitae. Biasanya, curriculum vitae memberikan informasi tentang kandidat, termasuk informasi pribadi, riwayat pendidikan, bakat, pengalaman kerja, dan informasi lain yang bersifat pribadi.

Contoh daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat (fresh graduate)

Daftar riwayat hidup Anda adalah dokumen singkat yang memberikan ringkasan yang jelas, ringkas, dan jelas tentang siapa Anda. Untuk dipilih sebagai kandidat ideal untuk posisi pekerjaan terbuka, Anda harus terampil dalam menyusun dokumen. Akan lebih mudah bagi pemberi kerja untuk mengevaluasi Anda jika Anda memasukkan fakta yang akurat dan dapat diandalkan.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Office Boy

Istilah “office boy” berasal dari bahasa Inggris. Berasal dari kata “Office” yang berarti kantor, sementara kata “Boy” itu sendiri diartikan laki-laki. Menurut arti harfiahnya, office boy adalah seorang laki-laki yang memenuhi segala kebutuhan kantor. Biasanya sering disebut dengan istilah OB. Secara garis besar OB adalah  karyawan kantor yang memiliki banyak tugas rutin dalam membantu memenuhi kebutuhan pegawai dan kantor. 

Seperti diketahui, kebutuhan kantor dan pegawai lainnya banyak sekali. Entah membersihkan sampah-sampah, melayani permintaan fotocopy, merapikan meja kursi, menyapu lantai, menyajikan makanan dan minuman. Terkadang job desk pekerjaan ini adalah bersifat kondisional. OB juga sering diminta membantu pekerjaan yang bersifat non administratif.

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Office Boy antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan tugas dan tanggung jawab OB (Office Boy)
  • Melakukan bantuan ke bagian back office dan front office staff
  • Membantu bagian admin untuk memeriksa ketersediaan alat tulis kantor
  • Melakukan pembelian alat penunjang operasional di luar kantor
  • Membantu bagian pantry dalam penyediaan lunch / makan siang
  • Membersihkan ruang kantor terutama bagian direksi

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan CV dan Contoh CV Office Boy

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Selain surat lamaran kerja Office Boy untuk fresh graduate (bahasa Indonesia), salah satu dokumen yang perlu Anda buat adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pembuatan CV tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri dan Informasi Kontak

Mencantumkan identitas lengkap yang sebenarnya seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor kontak yang dapat dihubungi, email jika ada, dan lain-lainnya. Gunakan alamat email yang profesional dan sebaiknya menggunakan nama asli saja sehingga mudah dikenal.

Contoh Data Diri dan Informasi Kontak (Fresh Graduate)

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Status
  • Kewarganegaraan
  • Alamat
  • HP/WA
  • Email

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Sebuah CV yang baik seyogyanya diawali dengan deskripsi singkat mengenai dirimu. Hal ini dapat berisi penjelasan sepanjang satu paragraf atau maksimal dua paragraf penjelas tentang siapa dan bagaimana kesan pertama yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain. Deskripsi singkat dalam CV dapat berupa perkenalan dan minat.

Contoh Deksripsi Diri/Tentang Saya/Profil Office Boy Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Saya seorang lulusan baru merupakan pribadi yang menyukai perihal atau kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan, kebersihan dan kerapian suatu tempat. Saya mempunyai ketertarikan untuk bekerja di bidang pelayanan dan kebersihan gedung perkantoran. Berbekal latar belakang pendidikan dan kemampuan yang saya miliki, Saya siap menyumbangkan waktu dan kompetensi yang saya miliki.

Riwayat Pendidikan

Setelah memasukkan deskripsi diri maka selanjutnya hal yang perlu dimasukkan ke dalam CV adalah memasukkan jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan merupakan salah hal penting yang perlu dicantumkan di dalam CV karena hal ini bisa menjadi penilaian REKRUTER perusahaan. Penilaian yang dimaksud adalah apakah pendidikan yang Anda miliki sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja yang Anda lamar atau tidak. Oleh karena itu, jangan lupa mencantumkan jenjang pendidikan di dalam CV.

Contoh Riwayat Pendidikan Office Boy Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Jurusan IPS [2017-2019]  

SMAN 7 TANOS

Berhasil lulus tepat waktu dengan meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95 dan berhasil mendapatkan prestasi ...


Kelas VII, VIII & IX [2015-2017] 

SMPN 5 TANOS

Berhasil lulus tepat waktu dengan meraih nilai akhir rata-rata UN 8,95 dan berhasil mendapatkan prestasi ...

Pengalaman Kerja

Bagian ini juga harus disusun secara kronologis. Rincikan nama perusahaan, jabatan, periode waktu bekerja di sana, hingga tugas-tugas dan tanggung jawab apa saja yang Anda emban selama itu. Hal ini akan membantu perusahaan untuk memetakan keahlian dan kemampuan kerja Anda. Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

Contoh Pengalaman Organisasi Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Anggota OSIS [2017-2018]  

SMAN 7 TANOS

Memberikan ide dan saran untuk program kerja organisasi serta membantu setiap program kerja yang dilaksanakan

Contoh Pengalaman Pelatihan Lulusan SMA/SMK/STM/MA/Sederajat (Fresh Graduate)

Peserta Pelatihan Office Boy [JUNI 2020]  

DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN TANOS

Mengikuti pelatihan kerja dengan materi:

  • Standar Penampilan OB
  • 5S, Etika dan Pelayanan Prima OB
  • Teknik Mempersiapkan dan Menyajikan Makanan Minuman
  • Membersihkan Area Pelayanan
  • Membersihkan Dapur dan Perabot
  • Menyiapkan Ruang Meeting

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Bagian yang tidak kalah pentingnya dalam sebuah CV adalah bagian skill. Skill merupakan salah satu kunci terpenting yang akan dijadikan pertimbangan oleh perusahaan. Skill yang dicantumkan dapat Anda sesuaikan dengan posisi yang dilamar, tetapi tulis sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu hard skill dan soft skill. Hard Skill seperti keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum. Soft Skill diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Skill dan Keterampilan Office Boy (Fresh Graduate)

  • Kebersihan, Kerapian dan Pelayanan
  • Penggunaan Alat Cleaning Service
  • Manajemen Waktu
  • Komunikasi
  • Disiplin dan Bekerja Tim/Individu

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Office Boy Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Untuk Fresh Graduate

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk fresh graduate


Baca Juga:
Contoh Curriculum Vitae Office Boy Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang baru pertama kali melamar pekerjaan


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Office Boy Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa pengalaman kerja


Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Office Boy Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh curriculum vitae (CV) Office Boy lulusan SMA/SMK/MA/sederajat fresh graduate yang baik dan benar. Tujuan dari curriculum vitae adalah untuk memberikan ringkasan tertulis tentang informasi pribadi Anda, latar belakang pendidikan, dan informasi lain yang relevan kepada agensi target. Faktor terpenting dalam menentukan diterima atau tidaknya suatu instansi atau organisasi adalah sejarah itu sendiri. Akibatnya, Anda harus membuat riwayat hidup Anda seefektif dan semenarik mungkin. Jika Anda mencari cara mudah untuk membuat CV Anda terlihat menarik dan profesional, cobalah untuk mengunjungi salah satu dari berbagai situs web yang menyediakan template CV online seperti di COOLFREECV. Anda akan menemukan banyak template dari berbagai macam desain yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV Anda terlihat lebih menarik.

0 Response to "Contoh CV Office Boy Lulusan SMA/SMK (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel