Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Executive (Fresh Graduate)

Setelah menyelesaikan masa studi baik disekolah maupun di perguruan tinggi, maka salah satu kegiatan yang Anda lakukan adalah mencari pekerjaan. Ini adalah hal yang wajib dilakukan karena selain untuk menimba ilmu, tujuan sebagian besar orang mengenyam pendidikan adalah untuk memudahkan mencari pekerjaan. Ilmu yang kita dapatkan di semasa studi harus diterapkan dalam bekerja nantinya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sales Executive (Fresh Graduate)

Sebelum mulai mendapatkan pekerjaan, biasanya kita melamar pekerjaan terlebih dulu di perusahaan yang memang membutuhkan keahlian Anda. Membuat Curriculum Vitae dan surat lamaran kerja sales executive fresh graduate (Bahasa Indonesia) merupakan hal yang penting karena sebagai salah satu syarat dokumen untuk melamar pekerjaan. Dalam artikel ini akan akan dibagikan contoh curriculum vitae sales executive bagi fresh graduate.

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Executive

Sales executive adalah orang yang bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan. Dalam peran ini, mereka juga dituntut dapat mengembangkan strategi dan melibatkan tim lain di luar sales. 

Pada umumnya beberapa tugas dan tanggung jawab untuk Sales Executive antara lain sebagai berikut:

  1. Memberi informasi tentang produk dan layanan
  2. Memenuhi target penjualan bulanan dan tahunan
  3. Menghasilkan prospek penjualan melalui telepon, email atau bertatap muka langsung
  4. Memelihara basis data Consumer Relationship Management (CRM)
  5. Melakukan pertemuan tatap muka atau presentasi online untuk proses penjualan
  6. Menjaga hubungan yang baik dengan klien saat ini dan yang baru
  7. Mempersiapkan dokumen invoice, kontrak hingga proposal
  8. Menghadiri pameran dagang 
  9. Meninjau kinerja penjualan

Pengertian CV dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Pengertian Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae atau CV adalah sebuah dokumen yang mencantumkan informasi riwayat hidup kita yang meliputi riwayat pendidikan, pengalam bekerja, pengalaman pelatihan, kemampuan atau skill, prestasi yang pernah diraih dan keterampilan lain yang kita miliki. Secara singkat CV atau Curriculum Vitae bisa diartikan sebagai media untuk menjual diri kita kepada suatu perusahaan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan CV

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja atau biasanya disebut fresh graduate, Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan atau pengisian curriculum vitae antara lain sebagai berikut.

Data Diri

Informasi data diri wajib Anda masukkan ke dalam CV. Informasi data diri ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, agama, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak seperti email atau nomor handphone karena perusahaan akan mudah untuk menghubungi Anda bila kriteria Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Deskripsi Diri/Tentang Saya/Profil

Sebelum membuat deskripsi diri pastikan Anda memperhatikan beberapa hal ini antara lain Buatlah secara ringkas; Tentukan poin yang ingin ditonjolkan; Identifikasi diri secara profesional; Jelaskan tujuan karir Anda; Gunakan kata kunci yang berhubungan; Gunakan angka.

Riwayat Pendidikan

Kolom ini dibuat untuk menunjukkan jenjang pendidikan yang telah kita tempuh. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan dua pendidikan terakhir. jika Anda sampai S1 berarti yang perlu dituliskan pada kolom pendidikan adalah SMA dan S1-nya saja, jika Anda sampai SMA maka Anda tuliskan SMA dengan SMP-nya saja. Pada kolom pendidikan ini, tuliskan nama sekolah/kampus, jurusan atau bidang pendidikan dan masa sekolah/kuliah, informasi nilai rata-rata UN atau IPK. Dalam pendidikan ini juga, jenjang pendidikan diurutkan yang paling teratas yaitu tahun terbaru Anda dalam menempuh pendidikan. Jika Anda memiliki riwayat pendidikan informal lainnya, bisa Anda cantumkan pula di bagian contoh CV ini.

Pengalaman Kerja

Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.

Apabila fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, pengalaman kerja ini bisa Anda ganti dengan pengalaman dalam berorganisasi, pengalaman magang, pengalaman pelatihan kerja, pengalaman seminar.

  • Untuk pengalaman organisasi jelaskan posisi dan masa jabatan, nama kampus/organisasi, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman organisasi, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman magang tuliskan posisi dan masa magang, nama perusahaan, job desk atau tugas dan tanggung jawab. Apabila Anda punya beberapa pengalaman magang, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman seminar tuliskan nama seminar dan waktu, nama kampus/penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman seminar, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.
  • Untuk pengalaman pelatihan kerja tuliskan nama dan waktu pelatihan, nama penyelenggara, deskripsi singkat tentang materinya. Apabila Anda punya beberapa pengalaman pelatihan kerja, maka urutkan paling atas tahun terbaru dan paling bawah tahun sebelumnya.

Kemampuan, Keterampilan Atau Skill

Selain memasukkan data diri, Anda juga dapat menyebutkan beberapa keahlian yang Anda miliki. Seperti, digital marketing, search engine optimization (SEO), desain grafis, dan lain-lain. Pastikan hal itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang menyediakan pekerjaan. Keterampilan atau skill dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Hard Skill – Keterampilan yang dimiliki karena pendidikan atau melalui kursus seperti bahasa asing, penulisan, analisis data, pengetahuan umum.
  • Soft Skill – Diperoleh karena pengalaman pribadi dan profesional seperti dedikasi, kemampuan kerjasama tim, kesadaran diri, komunikasi.

Contoh Curriculum Vitae (CV)/Daftar Riwayat Hidup Sales Executive Untuk Fresh Graduate

File yang Anda unduh/download melalui google drive yaitu jenis file dalam bentuk (.rar). Silahkan filenya di download kemudian di ekstrak menggunakan winrar untuk mendapatkan file wordnya. Apabila Anda menggunakan smartphone (hp) maka akan tertulis "jenis file tidak didukung". File sebenarnya dapat diunduh menggunakan smartphone (hp) dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih download. Tapi ada kemungkinan file yang Anda download tidak terbuka karena Anda tidak menggunakan aplikasi pembuka file winrar. Solusinya:

1. Apabila menggunakan smartphone/hp, Anda terlebih dahulu menginstall aplikasi winrar yang dapat didownload di playstore. Maka file akan terbuka. 

2. Anda lebih baik menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya karena biasanya di laptop/komputer sudah ada aplikasi winrar pembuka file untuk jenis file rar yang sudah terinstal. Caranya terlebih dahulu download filenya, apabila sudah terdownload, klik kanan lalu pilih extract here (ekstrak disini), maka akan muncul file wordnya yang bisa diedit.

Berikut contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Executive untuk fresh graduate yang ke-1.

contoh 1 daftar riwayat hidup sales executive untuk fresh graduate

download


Baca juga:
Contoh Curriculum Vitae Sales Executive Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Dibawah ini adalah contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Executive untuk yang baru pertama kali melamar pekerjaan yang ke-2.

contoh 2 daftar riwayat hidup sales executive yang baru pertama kali melamar pekerjaan

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Executive Fresh Graduate (Bahasa Inggris)


Berikut merupakan contoh template curriculum vitae (cv)/daftar riwayat hidup Sales Executive tanpa pengalaman kerja yang ke-3.

contoh 3 daftar riwayat hidup sales executive tanpa pengalaman kerja

download


Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Executive Berpengalaman (Bahasa Indonesia)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh curriculum vitae (daftar riwayat hidup) seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan surat lamaran pekerjaan, dapat menghubungi kami melalui:

Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Executive Fresh Graduate yang baik dan benar. CV yang baik, jelas dan informatif bisa membuatmu mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Tentu recruiter akan mempertimbangkan Anda untuk diberikan kesempatan ke tahap berikutnya. Jika Anda sedang mencari template CV online yang profesional dan berkualitas, maka Anda dapat mengunjungi website yang menyediakan berbagai macam template CV yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV yang menarik dan menarik perhatian seperti di website coolfreecv, novoreume dan website lainnya. Template CV kami dirancang oleh para desainer profesional yang memastikan bahwa setiap template memiliki tampilan yang modern, profesional, dan mudah untuk disesuaikan. Anda dapat memilih dari berbagai macam template yang ditawarkan, yang dapat membantu Anda membuat CV yang kuat dan menarik.

0 Response to "Contoh Curriculum Vitae (CV) Sales Executive (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel