Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Komunikasi (Fresh Graduate)

Buatlah kalian yang telah memilih jurusan komunikasi dan telah menyelesaikan masa studinya, tentulah kalian akan mencari pekerjaan baik itu di perusahaan, lembaga, organisasi, instansi dan tempat kerja lainnya yang sesuai dengan jurusan, minat, bakat dan keinginan kalian. Selain itu kalian akan mencari pekerjaan yang nantinya dapat mengembangkan karir, mempunyai prospek kerja yang jelas dan gaji yang yang lumayan besar. Kalian akan mencari profesi pekerjaan baik itu yang yang lowongan pekerjaannya sedang terbuka atau berusaha dengan inisiatif sendiri mencari pekerjaan. Namun kemungkinan ada juga yang memilih untuk pekerjaan lain misalnya berwirausaha.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Komunikasi (Fresh Graduate)

Pada umumnya beberapa profesi pekerjaan untuk lulusan jurusan komunikasi atau jurusan tamatan komunikasi seperti Public Relation; Helpdesk Staff; Reporter; Account Executive; Marketing Komunikasi; Wartawan; Business Analyst; Desainer Grafis; EO (Event Organizer); MC (Master of Ceremonies); Fotografer; Editor; Marketing; Periklanan; Travel Blogger; Presenter; Sales Agent; Sales Representative; Youtuber; Redaktur; Kameramen; Sutradara; Creative Director; Penyiar Radio; Produser; Pengusaha; Desainer Grafis; Web Desainer; Layanan Konsumen; Program Director; Copywriter; Juru Bicara; Dosen dan profesi lainnya.

Nah pada artikel kali ini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk lulusan komunikasi bagi kalian yang masih fresh graduate atau yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Contoh surat lamaran kerja ini dapat kalian jadikan sebagai bahan referensi ketika kalian membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar pekerjaan) untuk dikirimkan kepada lembaga, instansi atau badan usaha agar mendapat pekerjaan atau jabatan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Komunikasi (Fresh Graduate)

Surat lamaran kerja biasanya ditulis berdasarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang disampaikan oleh sebuah instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi tertentu melalui pengumuman atau pemberitahuan. Pengumuman atau pemberitahuan lowongan pekerjaan biasanya dibagikan melalui media cetak, media sosial, job fair atau dari seseorang. Ada juga surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan atas kemauan atau inisiatif sendiri.

Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format dibawah ini dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊

Media Sosial

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk lulusan komunikasi (fresh graduate) posisi Public Relation yang pembuatan suratnya disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui media sosial.

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Komunikasi (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial

Pekalongan, 12 Mei 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
HRD PT Solusi Karir Tama
Jl. Kajen No. 84
Pekalongan


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media sosial instagram akun @lokerbatangpekalongan.top (Loker Batang Pekalongan) pada tanggal 11 Mei 2021, bahwa PT Solusi Karir Tama sedang membuka lowongan pekerjaan. Sehubungan dengan hal tersebut maka, saya bermaksud untuk mendaftarkan diri (melamar kerja) pada bagian Public Relation. Berikut ini data diri saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Status         : .....
Alamat         : .....
No. Telepon (HP)     : .....

Saya merupakan fresh graduate dari Universitas .... pada jurusan ... dengan nilai IPK ..... Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Saya termasuk orang yang dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik. Disamping itu, saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dengan tim. Latar pendidikan saya cukup memuaskan dan saya yakin akan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan dimasa yang akan datang.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan :
  1. Curriculum vitae (CV)
  2. Fotokopi ijazah S1
  3. Fotokopi transkrip nilai S1
  4. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP)
  5. Fotokopi kartu keluarga (KK)
  6. Fotokopi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  7. Pasfoto 4×6 yang terbaru sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT Solusi Karir Tama. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Cetak

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk lulusan komunikasi (fresh graduate) posisi Helpdesk Staff yang pembuatan suratnya disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui melalui media cetak.


Kapuas, 15 Juni 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager HRD PT Metalogix Infolink Persada
Jl. Terusan Karya No. 82
Kapuas


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan di PT Metalogix Infolink Persada yang saya peroleh melalui surat kabar harian Tribun tertanggal 14 Juni 2021. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam Apotek yang Bapak/Ibu kelola. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Helpdesk Staff.

Berikut ini adalah data singkat saya :

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan ini saya lampirkan:
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah terakhir
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokopi sertifikat
  6. Fotokopi surat keterangan berbadan sehat
  7. Pasfoto ukuran 4x6 (2 lembar)

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Manager HRD sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Dibawah ini contoh application letter untuk lulusan komunikasi (fresh graduate) posisi Reporter yang pembuatan suratnya disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui website.


Lembata, 18 September 2021
Kepada Yth.
Personalia Mata Berita
Jl. Rumang No. 82
Lembata


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari website https://www.jobstreet.co.id tanggal 17 September 2021 tentang dibukanya lowongan pekerjaan untuk posisi Reporter di Mata Berita, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut. Selanjutnya besar harapan saya agar permohonan ini dapat dikabulkan.

Untuk melengkapi persyaratan administrasi dan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan beberapa dokumen diantaranya:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  8. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar 

Demikianlah surat permohonan lamaran pekerjaan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk lulusan komunikasi (fresh graduate) posisi Account Executive yang pembuatan suratnya disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang didapatkan dari seseorang. 

Contoh Application Letter Untuk Lulusan Komunikasi (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Seseorang

Pematangsiantar, 21 Februari 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth. 
Pimpinan Hakuhodo Digital
Jl. Baringin Pancur Nauli No. 83
Pematangsiantar


Dengan hormat,
Bapak Jayadi, seorang manager marketing department di Hakuhodo Digital Pematangsiantar, menginformasikan kepada saya bahwa perusahaan tersebut membutuhkan tambahan tenaga untuk posisi Account Executive. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan supaya bisa bergabung di perusahaan yang dipimpin oleh Bapak/Ibu untuk mengisi posisi tersebut.

Untuk itu, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Berikut biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis Kelamin         : .....
Status         : .....
Alamat         : .....
Telepon         : .....

Berikut saya juga melampirkan berkas untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. Fotokopi KTP Elektronik
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Fotokopi Sertifikat
  9. Pasfoto Ukuran 3x4 Terbaru

Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu pimpin dan bersedia dengan sepenuh hati mengikuti segala tahapan proses tes yang dilakukan oleh Hakuhodo Digital.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair

Dibawah ini contoh surat lamaran kerja untuk lulusan komunikasi (fresh graduate) posisi Marketing Komunikasi yang pembuatan suratnya disusun berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh melalui kegiatan job fair atau bursa kerjas


Buru, 26 Agustus 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Manager Personalia PT Oskindo Sejahtera Kencana
Jl. Waekasar No. 228
Buru


Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di PT Oskindo Sejahtera Kencana yang saya peroleh dalam acara Job Fair di Buru Convention Hall pada tanggal 24-26 Agustus 2021, saya bermaksud ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Marketing Komunikasi, dimana data-data diri saya adalah sebagai berikut ini:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Jenis kelamin         : .....
Agama         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
No. HP         : .....
Email         : .....

Berkaitan dengan hal tersebut, bersama surat ini saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Kartu Identitas (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  7. Fotokopi Sertifikat dan Piagam
  8. Pasfoto Berwarna Ukuran 3x4 Sebanyak 3 Lembar.

Demikian permohonan ini saya buat, selanjutnya besar harapan saya untuk dapat diangkat menjadi Tenaga Marketing Komunikasi di PT Oskindo Sejahtera Kencana. Bila dibutuhkan informasi lebih lanjut, saya bersedia dipanggil untuk wawancara maupun melakukan tes. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Tanpa Mencantumkan Sumber atau Media Informasi

Berikut contoh application letter untuk lulusan komunikasi (fresh graduate) posisi Business Analyst yang pembuatan suratnya disusun berdasarkan atas inisiatif sendiri atau kemauan sendiri. Format contoh surat ini hampir sama dengan contoh surat lamaran kerja yang disusun tanpa mencantumkan sumber atau media dalam surat tersebut. 


Gorontalo, 28 Oktober 2021
Perihal     : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 9 (sembilan) berkas

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
u.p. Kepala Personalia PT. Barrans Global Mandiri
Jl. Dulalowo No. 854
Gorontalo


Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai Business Analyst di PT. Barrans Global Mandiri perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun data pribadi saya:

Nama         : .....
Tempat/Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Status         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor HP         : .....
Alamat         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen antara lain sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae: 1 lembar
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir: 1 lembar
  3. Fotokopi Transkrip Nilai: 1 lembar
  4. Fotokopi KTP Elektronik: 1 lembar
  5. Fotokopi KK: 1 lembar
  6. Fotokopi SKCK: 1 lembar
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas: 1 lembar
  8. Fotokopi Sertifikat: 2 lembar
  9. Pasfoto ukuran 4x6: 3 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat yang sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk bisa diterima di PT. Barrans Global Mandiri. Atas kebijaksanaan dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk Lulusan Komunikasi (fresh graduate) yang baik dan benar. Pada saat melamar pekerjaan, perhatikan baik-baik kriteria atau kualifikasi yang diminta misalnya jenis kelamin, batas usia, dokumen yang diwajibkan dilampirkan. Hanya yang memenuhi kriteria atau kualifikasi yang telah ditentukan oleh pihak pembuka lowongan pekerjaan yang akan mereka proses.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan Komunikasi (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel