Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Web Developer (Fresh Graduate)

Bagi kalian yang baru menyelesaikan masa studinya (fresh graduate) dan langsung melamar pekerjaan, disini tanpakoma akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk web developer (fresh graduate) yang dapat kalian pakai ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau tempat kerja yang membutuhkan tenaga kerja bagian web developer.

Contoh Application Letter Untuk Web Developer (Fresh Graduate)

Meniti karir sebagai web development kemungkinan besar karirnya akan bagus karena dilihat dari banyaknya industri di bidang teknologi dan digital membuat seorang web developer akan semakin banyak dicari. Web developer adalah satu bidang dalam dunia IT yang bertujuan membuat sebuah aplikasi berbasis web yang mana nantinya aplikasi yang dibuat ini mampu diakses oleh semua orang. Beberapa contoh dari hasil karya dari web developer seperti website e-commerce, website pendidikan, website e-learning, dan website lainnya.

Pada umumnya skill dan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang web developer seperti pengetahuan dan kemampuan luas tentang komputer dan sistem informasi; Mempunyai pengetahuan dasar di PHP, CI, Laravel, HTML5, CSS, SQL, MySQL, dan JavaScript; Memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi; Mampu memecahkan masalah misalnya terjadi kesalahan atau terjadi bug; Bertanggung jawab dan mampu mencapai tujuan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan; Dapat bekerja secara mandiri maupun sebagai tim, dan lainnya. Lulusan ilmu komputer setidaknya sudah punya pengetahuan tentang posisi ini.

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab untuk web developer seperti Merancang, mendesain, mengembangkan, memodifikasi, memelihara situs web; Menganalisa kebutuhan pengguna untuk penerapan konten, grafis, fitur kerja, dan kapasitas pada sebuah situs Web internet/intranet/extranet; Memberikan dukungan teknis ke client dan mengetes serta mereview kualitas dari web atau aplikasi web yang telah dibuat; dll.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Web Developer (Fresh Graduate)

Dibawah ini beberapa contoh surat lamaran kerja untuk web developer (fresh graduate). Format surat ini dibuat berdasarkan pada informasi yang diperoleh seperti melalui media cetak, media sosial, website, dan sumber informasi lainnya. Selain itu ada juga format surat lamaran yang dibuat berdasarkan atas kemauan sendiri. Format surat inisiatif sendiri mirip dengan dengan format yang dibuat dan ditentukan oleh pihak pembuka lowongan pekerjaan dimana pihak pembuat loker akan membuat format surat kemudian membagikan format surat tersebut kepada para pelamar. Selain itu, format surat ini juga hampir sama dengan format surat yang tanpa mencantumkan sumber informasi.


Media Cetak

Berikut contoh surat lamaran kerja untuk web developer (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh dari media cetak misalnya koran, kertas pengumuman, brosur, pamflet, dll.

Contoh Application Letter Untuk Web Developer (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Media Cetak

Singkawang, 14 Mei 2021
Yth. Kepada Yth.
HRD Ozeva Technology
Jl. Maya Sopa No. 70
Singkawang


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan  yang saya dapatkan di surat kabar kabar harian Kompas tanggal 12 Mei 2021. Maka dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Web Developer di Ozeva Technology.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Email         : .....
Nomor HP         : .....

Saya adalah seorang fresh graduate lulusan ...., Saya mempunyai kemampuan dasar dalam hal HTML, CSS, PHP dan JavaScript. Saya bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah terakhir
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  6. Foto ukuran 4x6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Besar harapan saya untuk lolos pada tahap selanjutnya untuk melakukan tes dan wawancara. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Dari Seseorang

Informasi dari seseorang juga dapat dijadikan sebagai sumber dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan surat lamaran kerja. Informasi dari seseorang dapat dari keluarga, teman, kenalan, dll.


Gayo Lues, 15 Februari 2021
Perihal      : Lamaran pekerjaan
Lampiran  : 6 (enam) berkas

Kepada Yth.
Direktur PT Perintis Teknologi Nusantara
Jl. Kuta Lintang No. 57
Gayo Lues


Dengan hormat,
Saya mendapatkan informasi terkait adanya penerimaan karyawan baru dengan posisi Web Developer dari seorang teman saya yang bekerja di PT Perintis Teknologi Nusantara Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Maka bersamaan dengan surat ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di Perusahaan Bapak/Ibu sebagai Web Developer.

Berikut data singkat saya sebagai berikut:

Nama         : .....
Tempat dan Tanggal Lahir : .....
Usia                 : .....
Agama         : .....
Status         : .....
Alamat         : .....
No. HP/WA         : .....
Email         : .....

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen berikut ini:
  1. Curriculum Vitae (CV) sebanyak 1 lembar;
  2. Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar;
  3. Fotokopi ijazah dilegalisir sebanyak 1 lembar;
  4. Fotokopi transkrip nilai dilegalisir sebanyak 1 lembar;
  5. Fotokopi SKCK yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar; dan
  6. Pasfoto 4X6 sebanyak 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini yang saya buat, besar harapannya saya untuk kemudian dipanggil untuk melakukan test maupun wawancara. Atas perhatian serta pertimbangan Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Website

Website merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Website atau situs yang dikunjungi baik dari situs resmi perusahaan maupun situs kumpulan lowongan pekerjaan seperti https://www.karir.com, https://www.jobs.id, https://id.linkedin.com, https://www.jobstreet.co.id, dll.


Klungkung, 18 Maret 2021
Hal  : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Abyakta Sentosa Teknologi
Jl. Semarapura Kauh No. 84
Klungkung


Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di PT Abyakta Sentosa Teknologi yang terpasang pada website lowongan kerja www.karir.com, tanggal 16 Januari 2021, maka dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Web Developer di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.

Berikut biodata singkat saya:

Nama         : .....
Tempat, Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Alamat         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Nomor Handphone : .....
Email         : .....

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan: 
  1. Daftar Riwayat Hidup/CV
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Pasfoto terbaru ukuran 4×6 (3 lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Job Fair (Bursa Kerja)

Dibawah ini contoh application  letter untuk web developer (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan atas informasi yang didapat melalui job fair atau bursa kerja. Kegiatan job fair biasanya diadakan oleh pihak swasta maupun pemerintah yang bertujuan sebagai wadah pertemuan antara para pencari kerja dengan pihak yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Contoh Application Letter Untuk Web Developer (Fresh Graduate) Berdasarkan Informasi Dari Job Fair

Halmahera Tengah, 22 Juni 2021
Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan Rupi Digital Indonesia
Jl. Gemaf No. 90
Halmahera Tengah


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan di Career Expo Halmahera Tengah pada tanggal 20 hingga 22 Juni 2021, terdapat perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Surat lamaran ini dibuat dikarenakan saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi Web Developer yang dibutuhkan saat ini.

Berikut data singkat saya:

Nama : .....
Tempat / Tanggal lahir : .....
Jenis Kelamin : .....
Pendidikkan : .....
Alamat : .....
Telepon : .....
E-Mail : .....

Untuk melengkapi persyaratan administrasi dan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama dengan ini saya lampirkan kelengkapan dokumen sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Sertifikat
  7. Pasfoto ukuran 3x4 (2 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Media Sosial

Bagi kalian yang sering bermain media sosial seperti facebook, instagram, pinterest dan media sosial lainnya, kalian dapat menggunakan medsos sebagai tempat untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Ada banyak perusahaan atau badan usaha yang menggunakan sosmed sebagai penyebaran informasi lowongan pekerjaan.


Sidoarjo, 26 Juli 2021
Kepada Yth.
HRD Manager PT Citrabuana Sukses
Jl. Bakungtemenggungan No. 49
Sidoarjo


Dengan hormat,
Sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan di PT Citrabuana Sukses yang saya temukan di media sosial instagram dengan akun @lokersidoarjo pada tanggal 25 Juli 2021. Saya tertarik dan mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi sebagai Web Developer. Saya memiliki kualifikasi seperti persyaratan yang telah tercantum pada iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut ini data singkat saya:

Nama             : .....
Tempat & Tanggal Lahir     : .....
Alamat             : .....
Pendidikan Terakhir     : .....
Status             : .....
No. Telepon (HP)             : .....
E-mail             : .....
Instagram             : .....

Berikut ini saya lampirkan beberapa berkas pelengkap, antara lain sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Kartu Identitas (KTP)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  7. Fotokopi Sertifikat
  8. Pasfoto ukuran 4x6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas perhatian serta waktu yang Bapak/Ibu luangkan, saya ucapkan banyak terima kasih.  

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Inisiatif Sendiri/Format Surat Yang Telah Ditentukan/Tanpa Mencantumkan Sumber Informasi

Berikut contoh application letter untuk web developer (fresh graduate) yang dibuat berdasarkan inisiatif sendiri atau kemauan sendiri atau format surat yang telah ditentukan oleh pihak pembuka loker dan atau format surat yang dibuat dengan tidak mencantumkan sumber atau media informasinya.


Tomohon, 27 April 2021
Perihal      : Lamaran pekerjaan
Lampiran  : 7 (tujuh) berkas

Kepada Yth.
Manajer HRD PT Sun Resourceindo Profesional
Jl. Taratara No. 94
Tomohon


Dengan hormat,
Dengan ini saya yang mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi seorang Web Developer di PT Sun Resourceindo Profesional. Perkenankanlah, data diri singkat saya :

Nama         : .....
Tempat dan Tanggal Lahir : .....
Jenis Kelamin         : .....
Pendidikan Terakhir : .....
Alamat         : .....
Email         : .....
No HP         : .....

Untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama dengan ini saya lampirkan:
  1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi sertifikat kursus
  7. Pasfoto ukuran 4x6 terbaru

Demikianlah surat ini saya buat, Atas kesempatan dan perhatian yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,        

tanda tangan        

(Nama Pelamar Pekerjaan)


Bagi Anda yang ingin dibuatkan contoh surat lamaran pekerjaan seperti format diatas dan juga ingin dibuatkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), dapat menghubungi kami melalui:
Facebook    : Tanpakoma
Instagram    : @tanpakomaofficial
Email          : mr300592@gmail.com
Pembayaran dapat dilakukan pada saat ANDA DITERIMA KERJA dan dapat dibayar dengan SEIKHLASNYA. 😊😊😊


Akhir Kata

Demikianlah contoh surat lamaran kerja untuk web developer (fresh graduate) yang baik dan benar. Surat lamaran kerja untuk web developer (fresh graduate) termasuk dalam kategori contoh surat lamaran kerja untuk kategori Komputer & IT. Perbaharuilah skill dan kemampuan kalian dengan beberapa cara seperti mengikuti seminar, workshop, pelatihan, bergabung dalam group web developer, dan beberapa kegiatan lainnya agar skill dan kemampuan kalian lebih bertambah.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Web Developer (Fresh Graduate)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel